Workshop Teknik Dasar Blog “Create – Write – Monetize” di Kota Metro Minggu 28 Januari 2018

workshop teknik dasar blog di kota metro

Leantoro.com. Workshop Teknik Dasar Blogging “Create – Write – Monetize” di Kota Metro Minggu 28 Januari 2018. Kota Metro tampaknya memang terus menempa diri untuk mewujudkan visi dan misinya menjadi Kota Pendidikan mulai menggeliat, termasuk dalam pendidikan non formal, salah satunya dengan adanya Workshop Teknik Dasar Blogging ternyata mendapat sambutan yang luar biasa.

Waktu dan Tempat Workshop Teknik Dasar Blogging di Kota Metro

Workshop Teknik Dasar Blogging di Kota Metro, akan diselenggarakan pada hari Minggu, 28 Januari 2018 mendatang bertempat di Belvas Kafe yang beralamatkan di Jalan A.H Nasution tepatnya samping Rumah Sakit Islam Metro.

Belvas Kafe menjadi pilihan panitia karena memang sesuai dengan yang diharapkan memiliki sejumlah keunggulan dibanding lokasi lain termasuk tersedianya akses wifi 40 Mbps serta Proyektor, disamping itu menu makan yang juga komplit dan dengan harga yang terjangkau.

Peserta Workshop Teknik Dasar Blogging di Kota Metro

30 Peserta telah memenuhi kuota sejak pendaftaran dibuka sekitar 1 bulan yang lalu melalui media sosial, bahkan sebenarnya masih banyak yang waiting list untuk ikut workshop di lain waktu.

Peserta workshop ternyata tak hanya dari Kota Metro, tapi ada yang dari Bandar Lampung , Way kanan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Kalianda, Pesawaran dan Natar, tentu dengan berbagai latarbelakang yang berbeda-beda, bahkan ada yang sudah menjadi blogger dan sudah menghasilkan tapi Teknik Blog itu terus berkembang jadi gak ada salahnya terus belajar dan menjalin persahabatan.

Materi Workshop Teknik Dasar Blogging di Kota Metro

Materi Workshop Teknik Dasar Blogging tersebut akan disampaikan oleh Kuncoro, Ketua Komunitas Blogger Lampung, yang akan menuturkan tentang wawasan dan mindset menjadi blogger, Mas Kun demikian anggota KBL (Komunitas Blogger Lampung) memanggilnya kini tinggal di Natar, Lampung Selatan, saat ini mengelola blog pendikan dan info lowongan kerja di Lampung

Pemateri lainnya adalah Leantoro atau saya sendiri yang mulai berkenalan dengan Blogger yang sejak 2004 dan sudah menjadi Publisher Google Adsense sejak 2005 dan berkutat dengan blog olahraga dan Entertainment.

Saya akan memberikan materi tentang human friendly articles dan akan mengajak para peserta workshop teknik dasar blog di metro dengan membuka wawasan tentang artikel yang baik dan berlatih membuat artikel yang disukai pembaca dan tentunya disukai Google

Apakah termasuk membahas keyword intent? Yah, akan saya ulas tentang keyword intent yakni 4 keyword berdasarkan intent dari visitor atau keyword berdasarkan tujuan visitor itu mau ngapain

Selain itu ada Keyword LSI (Latent Semantic Indexing) yang merupakan fitur dari Google Search agar mesin pencari google bisa mengerti maksud dan tujuan dari artikel sesuai dengan yang dicari visitor.

LSI ini menjadi salah satu teknik yang saat ini menjadi paling ampuh, di SEO di Artikel karena mampu menyebarkan banyak keyword yang memiliki relevansi dengan artikel yang ditulis seorang blogger?

Sebagai seorang blogger baik pemula maupun yang sudah menghasilkan, teknik Seo Keyword LSI ini saat ini menjadi teknik yang penting disampaikan sejak awal, karena dengan menggunakan teknik LSI blog akan lebih aman dan tidak terjebak dalam pola penyebaran keyword zaman old yang mengulang kata kunci didalam artikel (Keyword Density), dimana hal tersebut sudah gak sesuai dengan algoritma google.

Setiap keyword utama akan didukung oleh sebaran keyword yang memiliki relevansi dengan artikel dan keyword utama, sehingga diperoleh artikel yang unik, meskipun awalnya rewrite dari sumber lain dan akan memperkaya blog dengan munculnya berbagai keyword lain yang relevan.

Pemateri ketiga adalah praktisi Viral Blog, Rahmat Darmawan pada kisaran tahun 2009 bersama dengan saya berjuang dalam krisis blog (saat itu ada badai banned massal) terutama pada konten yang ber-copyright, seperti Live Streaming Bola, Siaran TV, Download Software bajakan dan MP3 Bajakan.

Susah senang untuk tetap bertahan meski dengan earning yang kecil tetap mempertahankan blog yang kalo ada hasilnya dibagi kalo gak hasil ya gak ada yang dibagi, inti nya susah senang ditanggung bersama.

Saat ini, Rahmat Darmawan akan membantu para peserta workshop dalam membuat blogspot viral hingga siap digunakan untuk mempublish artikel Viral, ditambah lagi dengan tips dan trik membuat kontent Viral dan Mendaftar di google Adsense.

Alasan Pembuatan Blog Viral 

Mengapa dalam Worskhop ini mengusung pembuatan blog viral? tentu saja saat ini blog Viral dengan berbagai tekniknya mampu untuk meraup visitor yang sangat banyak, hal tersebut diungkapkan oleh Rahmat Darmawan dimana salah satu blognya sehari dikunjungi oleh ratusan ribu orang. 

Hal tersebut didukung dengan semakin kuatnya peran media sosial dalam memviralkan sebuah artikel, tingal buat artikel viral, kemudian share ke Media Sosial maka gaungnya akan kemana-mana hal tersebut tentu saja menambah pundi-pundi rupiah jejaka yang saat ini tingga di Hadimulyo Metro.

Dewasa ini, blog memang semakin populer meski saat ini pemain blog sangat banyak namun tetap saja menjadi tempat tersendiri, karena ngeblog bukan hanya untuk yang jago IT, saat ini baik karyawan, pelajar, mahasiswa dan umum bisa dan gak salah membangun blog.

Ngeblog Ala Leantoro

Memang teknik blog itu tidak ada standar, mulai dari daftar blog, cara buat blog atau create blog dengan menggunakan berbagai platform seperti blogspot yang gratis dan juga menggunakan wordpress baik yang gratis maupun yang berbayar, adalah menjadi daya tarik tersendiri.

Trial dan Error untuk menghasilkan sebuah pengalaman dan teknik sendiri menjadikan ilmu blog itu dinamik, dan selalu berkembang apalagi jika mengikuti tren dari Algoritma mesin pencari termasuk Google Search.

Blog tidak mengenal usia, tidak mengenal latar belakang pendidikan, banyak blogger sukses dengan pendapatan hingga ratusan juta ternyata hanya mengenyam pendidikan sampai SMP bahkan tidak juga membatasi bagi Difabel, mereka juga bisa “ngeblog” tentu ada perlengkapan tambahan bagi difabel termasuk aplikasi andorid.

Dengan Ngeblog tentu saja selain bisa mendapatkan pengalaman, bisa menyalurkan hobi menulis atau hobi apapun dalam bentuk tulisan ternyata juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Jika blog sudah ramai visitor maka tayangan iklan akan semakin banyak maka pendapatan juga akan meningkat, tentu saja hal tersebut bisa dilakukan apabila Blog nya sudah di monetize.

Monetize blog bisa bermacam-macam bentuknya, ada yang melalui Google Adsense, Affiliate produk, Internet Marketing, Review Produk, Sponsor Pemium, bisa juga berjualan jasa mulai jasa penyedia artikel, jasa translate, jasa membuat website dan masih banyak lagi, termasuk melalui VLOG dam Youtuber.

Untuk dilampung sendiri belum tahu ya, apakah sudah ada komunitas youtuber sendiri atau masih bergabung dengan blogger, tapi karena memang sama-sama menjadi publisher iklan Google Adense jadi masih enjoy aja bahkan kadang seorang blogger juga punya channel youtube demikian sebaliknya karena intinya adalah mana yang bisa menghasilkan.

Meskipun baru-baru ini Youtube mengeluarkan peraturan baru yang sungguh membuat kecewa youtube pemula, pasalnya untuk menayangkan iklan ada syarat yang berat yang harus dipenuhi oleh youtuber yakni memiliki subscriber minimal 1000 orang, dan telah menayangkan video minimal 4000 jam.

Nah, tertarik Ngeblog atau jadi youtuber, sayang untuk Workshop Teknik Dasar Blog di Kota Metro ini quota sudah full, artinya jika anda tertarik bisa langsung menghubungi para pemateri atau bisa menghubungi Komunitas Blogger di Lampung seperti Komunitas Blogger Lampung yang saat ini diketuai oleh Kuncoro dan Tapis Blogger yang diketuai oleh Naqqiyah Syam atau langsung saja menuju ke group facebook komunitas tersebut.

Apakah di Metro sudah ada Komunitas Blogger Metro? Sampai saat ini belum ada kelanjutan dari obrolan yang pernah digagas sebelumnya oleh beberapa blogger Metro, semoga kedepan Komunitas Blogger Metro juga bisa Eksis.

Apakah Tantangan Terbesar menjadi seorang Fulltime Blogger?
Menjadi fulltime blogger tidak mudah dan tidak seperti yang dibayangkan, jangan melihat kesuksesan seorang blogger saat ini, karena tentunya dibarengi dengan kerja keras dan proses yang panjang. Semua blogger pasti merasakan kadang di bawah kadang diatas.

Setidaknya ada 5 Tantangan menjadi Seorang blogger menurut saya lho, entah yang lain

1. Tantangan dari Sumber Daya Manusia itu sendiri

Meliputin etos kerja, kedisiplinan, ketekunan, pengetahuan teknik blog meliputi Seo on blog dan Seo on articles yang masih seadanya atau istilah jawa nya gratul-gratul yang penting ngeblog

Meskipun banyak tutorial betebaran di Internet namun tidak serta merta langsung jadi hebat penguasaan teknik ngeblognya karena harus ditunjang berlatih berlatih trial dan error, evaluasi teknik, cari teknik lainnya dan jika dirasa pas tekniknya harus terus dikembangkan. Jadi jangan pernah berpuas diri dengan teknik blog yang saat ini dimiliki.

2. Tantangan dari keluarga

Siapa bilang ngeblog dirumah banyak enaknya tentu saja banyak enak dan gak enaknya, apalagi dirumah bayangkan saja jika masih ngejer dedline eh harus bantu ngepel lantai rumah… eh anak nangis, eh anak minta diantar ke warung, belum lagi kalo Istri itu lagi… (mmmm ngomong gak ya, ah tahulah ya) sisi sensitifnya keluar waduhhh ngomong dikit salah, begini salah, begitu salah.. ngeblognya … ditinggallah.

3. Tantangan dari Sarana dan Prasarana

Bagi blogger yang masih mau mulai tentu akan sangat berat untuk membeli peralatan ngeblog minimal yah Laptop, kuota internet, modem meski bisa melalui tethring smartphone, kurang stabilnya koneksi internet sampai pada Listrik yang byar pet juga menjadi tantangan untuk blogger agar terus berjuang

4. Tantangan dari performa blog itu sendiri dan persaingan di Page one.

Tantangan inilah yang sering menjadi cambuk seorang blogger untuk menjadi yang teratas di halaman pencarian “Bagaimana caranya supaya blog kita itu bisa dikunjungi oleh banyak visitor”

Tentu saja selain artikel yang bermanfaat banyak faktor yang mempengaruhi performa sebuah blog, mulai dari Seo on Page, Seo of Page, Template atau Themes, kinerja server, belum juga adanya tingkat persaingan yang tinggi, sementara kita tidak tahu apakah artikel kita akan berada di page one atau tidak semua semua itu tidak bisa ditebak, blogger hanya bisa berusaha memberikan performa blog nya dengan baik.

5. Tantangan dari Algoritma Google yang terus berkembang menjadi lebih manusiawi

Nah, ini juga sering gak disadari para blogger, ah yang penting bikin artikel lalu publish tapi ternyata algoritma google sudah berubah dan saat ini menjadi lebih manusiawi, maka blogger yang masih mengedepankan Seo zaman Old yang lebih mementingkan artikel terbaca bagus di mesin pencari, bakal terjun bebas.

Jadilah Blogger yang selalu update perkembangan Algoritma Google. Hal tersebut terjadi kisaran tahun 2008 perubahan algoritma google berhasil menjungkirbalikan blog dan pengaruhnya hingga banned massal untuk Publisher Google Adsense.

Apakah menjadi Full Time Blogger dan bekerja di rumah itu enak?

Menjadi Fulltime Blogger tentu ada enak dan nggaknya, mulai dari bisa sering berkumpul dengan keluarga, tidak terikat dengan waktu alias memiliki waktu yang fleksibel kapan harus ngeblog kapan harus santai di rumah, kapan harus jalan-jalan dengan keluarga

Nah, menurut saya hal yang paling enak ketika Ngeblog adalah

1. Ngeblog itu bisa kapan saja dan dimana saja karena flexibel – terkecuali di waktu-waktu tertentu harus mengejar deadline jika mendapatkan project membuat web perusahaan, sekolah, instansi, perorangan, bahkan untuk Parpol atau paslon baik bupati, gubernur dan walikota
2. Ngeblog itu bisa sambil ngobrol dan mainan dengan anak dan istri
3. Ngeblog itu bebas bisa menggunakan teknik apa aja, bisa menggunakan platform apa saja, gak ada aturan kecuali dari Tos Google Adsense dan aturan main Google Search.
4. Yang pasti enak bisa ngeblog walau cuman make kolor, atau celana pendek, sandal jepit, gak mandi juga gak ada yang marah paling istri yang bawel.

Nah tapi ada yang paling gak enak saat ngeblog adalah Listrik PLN mati atau koneksti internet yang down, gak bisa ngeblog dech, mau make HP gak kuat jarinya ngetik di layar smartphone, dan suasana rumah yang kadang bikin bosen, jadi sangat penting ngeblog dilain tempat untuk menghindari kebosanan.

So, masih pengen jadi Full Time Blogger? hayooo komentar yang pengen…hehee.

14 Comments

  1. Keren..ternyata dunia blogging di Lampung semarak ya.sepertinya saya termasuk blogger jaman mbiyen nih 😁😁 kurang update kalau masalah SEO.btw thanks banget nih krn dengan sering membaca artikel2 di web ini jadi nambah lagi masuka vitamin dunia blogging yg selalu berubah,berkembang terus.

    1. hehehe ada teknik jaman old yang masih bisa di pakai dan efektif yaitu BW alias Blog Walking ehehhe, teknik pengulangan keyword mungkin masih bisa tapi mungkin yang jarang diminati atau dikit persaingan, tapi hal tersebut tetap harus berhati-hati jangan sampai kena libas mbah google

  2. Woww makin gak sabar sy dengan acara hari minggu besok xixixi. Walaupun awalnya masuk waiting list, alhamdulillah ternyata masih rejeki ikut workshop blogging di metro. Sempat diterpa gosip mutasi kerja suami pulak! Hahaha. Semoga besok bisa nimba ilmu banyak2 disana *excited*

  3. Termotivasi dan tercerahkan,, mulai menata tujuan ngeblog kedepannya. selama ini baru mengenal blog, setahun kedepan mulai belajar ngeblog sambil berupaya untuk konsisten. dan tahun berikutnya harus benar benar dioptimalkan ngeblognya.. ini rencana ku di dunia perblogan. terimakasih kang lean.. sharenya sangat mencerahkan bagi saya yang baru ingin terjun ke dunia blog.

Leave a Reply

%d bloggers like this: