Cara Mendaftarkan Domain .com untuk Ekspansi Global Bisnis Online

Tutorial Cara Mendaftarkan Domain .com untuk Ekspansi Global Bisnis Online, Murah, Mudah dan Cepat

LEANTORO.com – Cara Mendaftarkan Domain .com untuk Ekspansi Global Bisnis Online. Hingga saat ini, terdapat banyak website yang umumnya menggunakan domain yang berakhiran dengan .com.

Namun, tahukah Anda apa sebenarnya arti dari .com ini? Temukan jawabannya di sini. Berbagai website dengan domain .com cenderung menjadi favorit dan sering dikunjungi oleh pengguna internet.

Contohnya, ada banyak media sosial dengan ekstensi domain .com untuk memudahkan pengguna dalam mengaksesnya. 

 

Namun, pernahkah Anda berpikir apa fungsi dari ekstensi domain .com yang sebenarnya?

Meskipun sudah menjadi pilihan umum, peluang untuk menggunakan domain .com di website bisnis atau organisasi Anda masih sangat besar.

Keuntungan lainnya, .com dapat meningkatkan kredibilitas website Anda di mata pengunjung.

 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan domain ini?

Apa saja fungsi dan bagaimana cara mendaftarkan domain .com untuk ekspansi global bisnis online Anda?

Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenali lebih dalam tentang apa itu ekstensi domain .com pada alamat website.

 

Mengenal Apa Itu .com dan Kelebihannya

Domain .com adalah ekstensi pada website yang menunjukkan bahwa entitas yang mengelolanya beroperasi dalam ranah komersial.

Terminologi .com merujuk pada kata commercial. Ekstensi .com termasuk dalam kategori Top Level Domain (TLD) dan merupakan ekstensi paling terkenal.

Penciptaan domain .com dilakukan pada tahun 1985, menjadikannya salah satu dari kelompok domain pertama di dunia.

 

Usianya bahkan lebih tua daripada World Wide Web (WWW) yang muncul empat tahun setelahnya. Selain .com, terdapat ekstensi domain lain yang tersedia seperti .net, .org, .edu, .gov, dan lain sebagainya.

Saat ini, website dengan ekstensi .com tidak hanya terbatas pada aktivitas komersial.

Hampir semua jenis website yang tidak terlibat dalam kegiatan perdagangan juga memanfaatkan domain ini, seperti untuk kebutuhan portofolio maupun personal branding.

 

Bukan tanpa alasan domain .com begitu diminati oleh para pengguna internet.

Keunggulan yang dimilikinya menjadikan domain ini lebih superior daripada seluruh jenis domain lain di dunia.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari domain .com yang perlu Anda pertimbangkan:

 

1. Bersifat Global atau Internasional

Ekstensi domain.com tidak hanya dikenal di tingkat nasional seperti .co.id. Kelebihan utamanya terletak pada sifatnya yang lebih global.

Sebagai salah satu golongan domain yang dikelola secara internasional, ekstensi .com banyak menghubungkan pengguna internet dari seluruh dunia secara virtual.

 

2. Ekstensi Domain yang Mudah Diingat

Alamat website yang berakhiran .com lebih mudah diingat oleh pengguna internet awam yang cenderung mengetik URL di address bar dengan domain .com, bahkan walau website yang dituju tidak menggunakan akhiran tersebut.

Kelebihan ini akan menguntungkan Anda sebagai pemilik bisnis membantu pengguna internet mengingat alamat website dengan lebih mudah.

 

3. SEO-Friendly

Peluang untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) lebih besar apabila Anda menggunakan domain seperti ekstensi .com pada website bisnis Anda.

Sifatnya yang mendunia membuka peluang untuk muncul dalam pencarian internasional. 

 

Cara Mendaftarkan Domain .com

Untuk mendapatkan domain .com, Anda dapat membelinya dari penyedia domain, baik lokal maupun internasional.

Setelah itu, pilih nama domain dan sertakan ekstensi domain .com sesuai dengan branding yang sudah ditentukan untuk website Anda. 

Setelah menentukan nama dan ekstensi domain, periksa ketersediaannya. Gunakan layanan seperti cek domain murah di DomaiNesia untuk melihat apakah domain yang diinginkan masih tersedia.

 

Pilih durasi pembayaran dan metode pembayaran yang diinginkan dari berbagai opsi yang disediakan oleh DomaiNesia. 

Setelah berhasil mendapatkan domain, langkah selanjutnya adalah mengintegrasikannya dengan layanan hosting yang telah Anda miliki, sehingga Anda dapat memulai proses pembuatan website dengan mudah.

Anda juga dapat memanfaatkan domain tersebut untuk membuat alamat email bisnis seperti info@rumahbatikhani.com untuk memberikan profesional kepada para pelanggan Anda.

 

Kesimpulan

Dengan menghubungkan domain ke hosting, Anda dapat memulai proses pengembangan website tanpa kesulitan berarti.

Ini melibatkan langkah-langkah sederhana, seperti konfigurasi DNS dan pengaturan hosting, yang biasanya dapat diakses melalui platform penyedia domain atau hosting yang Anda pilih.

Dengan demikian, memanfaatkan domain tidak hanya membuka pintu untuk pembuatan website

 

Tetapi juga memberikan kemungkinan untuk memperkuat identitas bisnis melalui penggunaan email yang terkait secara langsung dengan nama domain perusahaan Anda.

Manfaatkan layanan terpercaya seperti DomaiNesia untuk mendapatkan nama domain dengan ekstensi .com sesuai kebutuhan Anda.