ChatGPT Kini Memiliki Kemampuan Memori, Akan Mengingat Percakapan Anda

Teknologi49 views

Dalam perkembangan terbaru, ChatGPT kini dilengkapi dengan kemampuan memori yang memungkinkannya mengingat percakapan sebelumnya untuk membuat interaksi di masa depan lebih membantu. Fitur ini sedang diuji coba oleh “sebagian kecil” pengguna gratis dan pengguna Plus, dan dijadwalkan akan diluncurkan dalam minggu ini.

Memori pada ChatGPT memungkinkan Anda untuk meminta ChatGPT mengingat sesuatu secara khusus atau membiarkannya mengumpulkan detail dengan sendirinya. Kemampuan memori ini akan semakin baik seiring penggunaan yang lebih intensif, dan perbaikan akan terasa semakin signifikan dari waktu ke waktu.

Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin ChatGPT mengingat detail tentang diri Anda dan orang-orang penting bagi Anda, untuk membuat interaksi di masa depan menjadi lebih mudah dan tidak rumit. Atau, fitur ini dapat mengingat preferensi Anda, misalnya, dalam hal format ketika Anda meminta ChatGPT menulis sesuatu untuk Anda. ChatGPT juga dapat mengingat nada dan gaya Anda, dan secara otomatis menerapkannya pada hal-hal seperti tulisan blog tanpa perlu diulang-ulang.

Dalam konteks pengkodean, Anda dapat memberi tahu ChatGPT mengenai bahasa pemrograman dan kerangka kerja yang Anda gunakan, dan fitur ini akan mengingatnya untuk tugas-tugas berikutnya, mempermudah prosesnya. Sebagai contoh lain, jika Anda membuat rencana pelajaran sebagai seorang guru, ChatGPT dapat mengingat bahwa Anda lebih suka pelajaran berdurasi 50 menit dan menyesuaikan diri dengan preferensi tersebut.

Meskipun fitur baru ChatGPT memungkinkannya mengingat informasi, Anda juga dapat memberitahunya untuk melupakan apa pun yang Anda inginkan. Anda dapat melihat dan menghapus memori tertentu atau menghapus semua memori melalui pengaturan (perlu diingat bahwa menghapus percakapan tidak akan menghapus memori, Anda harus menghapus memori itu sendiri).

Selain itu, Anda memiliki opsi untuk menggunakan percakapan sementara tanpa memori. Percakapan ini tidak akan muncul dalam riwayat, tidak akan menggunakan memori, dan tidak akan digunakan untuk melatih model OpenAI. Atau, Anda dapat mematikan fitur memori kapan saja melalui pengaturan. Ketika dimatikan, Anda tidak akan dapat membuat atau menggunakan memori.

Dengan adanya kemampuan memori ini, ChatGPT menjadi lebih pintar dan dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ini adalah langkah maju yang menarik dalam pengembangan kecerdasan buatan dan membuka potensi baru dalam interaksi dengan ChatGPT.