by

Inilah 20 Kesalahan Blogger Saat Mulai Bikin Blog Hingga Monetise yang Wajib dihindari

-Blogging, Teknologi, Tutorial-Artikel Ini Telah dibaca 44,279 Kali

Leantoro.com. Inilah 10 Kesalahan Blogger Saat Mulai Bikin Blog Hingga Monetise yang Wajib dihindari. “NgeBlog itu seni, jadi gak ada yang salah, suka-suka saya, blog juga blog saya sendiri kenapa kamu yang repot” kalimat itu pernah terlontar dari seorang kawan yang tidak bisa saya sebutkan namanya…

“Iya bener, blog itu milikmu, yah gak papa jika gak mau terima masukan” itu kalimat terakhir yang saya sampaikan beberapa tahun yang silam hingga saat ini saya sendiri gak pernah dengar kabarnya, gak pernah juga mencolal colek di Facebook messenger atau di wa, “Oh wajar ternyata saya di block”

“Itulah yang terjadi jika Anda menjadi sok pintar”… dan itulah sepenggal kisah yang kemudian membuat saya di medio 2008 menarik diri berinteraksi dengan teman-teman blogger karena merasa kehilangan seorang kawan di dunia nyata hanya lantaran dia belajar ngeblog bersama saya yang kemduian saya arahkan tapi nyatanya dia nggak mau diarahkan, lalu apakah ada hubungannya dengan Inilah 10 Kesalahan Blogger Saat Mulai Bikin Blog Hingga Monetise yang Wajib dihindari?

Kali ini, saya akan berbagi tulisan mengenai Kesalahan Blogger Pemula Mulai dari Bangun Blog Hingga Monetise yang sering dilakukan termasuk oleh saya sendiri, tulisan ini sebagai refleksi terhadap diri saya sendiri saat ngeblog yang wajib dihindari, apakah ada point yang Anda banget? moveon lah…

#1. Sering kali gonta-ganti template atau theme
Inilah hal yang paling sering dilakukan blogger kalau baru mulai ngeblog yaitu Rajin banget gonta ganti template atau theme blognya, oprek sana sini hingga habis waktu dan tenaga hanya untuk mengubah tampilan blog menjadi sedemikian rupa

ehhh tapi konten nya gak pernah diupdate, padahal kesalahan fatal ini selain menghabiskan waktu, juga berdampak pada SERP (Search Engine Result Page), ya iyalah bisa lu bayangin khan si Mbah Google baru mau lihat lu punya blog, baru mau mampir eh blog lu udah berubah, robot nya jadi berubah otomatis Mbah Google gak jadi mampir.

#2. Bingung bikin artikel ujung-ujungnya Copas Artikel
Apakah Anda termasuk? jika ya.. berubahlah kawan.. mbok yo gak usah copas, tapi bisa tho rewrite hehee. Copas Artikel itu hal yang paling gampang dilakukan gak perlu capek mikir dan merangkai kata udah punya artikel, bahkan makai tools tertentu seperti “Wp Automatic” dengan input rss feed blog target eh plek plek semua artikel blog target terpublish di blog kita..

Sudahlah banyak cara mendapatkan artikel, jika punya modal bisa beli atau rekrut penulis jika belum punya modal ya bisa dengan merewrite artikel sumber bila perlu tambahkan data pendukung lainnya supaya artikel kita lebih lengkap.

Rasanya tuh sakit nya disini loh kawan (seraya memegang hati padahal yang dipegang dada) karena saya pernah punya blog “Sinopsis India” dicopas sebanyak 420 Sinopsis dan yang bikin nyesek si copasser itu berasal dari kota yang sama dengan saya… huk hukhuk..

#3 Asal bikin artikel dan publish sebanyak-banyaknya tapi tidak berkualitas
Hem.. sudah moveon sekarang dari copas? oke.. mantab itu tapi.. lah dalah, opo iki artikel gak berbobot judul A isinya B, bahkan isinya juga sama sekali gak berkualitas pembahasan hanya di luarnya atau permukaannya padahal data yang penting malah gak di tulis artinya tidak mengusung konsep Yakni 5W + 1H yang sebenarnya merupakan senjata ampuh membuat artikel kita menarik, dalam, dan berkualitas.

Rumus macam apa itu, kawan :
W1 = What = apa yang akan kita tulis
W2 = Who = siapa tokoh yang menjadi tokoh utama di WHAT
W3 = When = waktu kejadian WHAT
W4 = Where = tempat kejadian WHAT
W5 = Why = mengapa terjadi WHAT
H = How = bagaimana WHAT terjadi, bagaimana prosesnya, lika-likunya, dan sejenisnya

#4. Topik Artikel terlalu umum dan banyak saingan
Nah, kalau yang ini saya juga belum bisa moveon tapi sudah mulai bergerak sedikit demi sediki. Yah, artikel yang umum memang dirasa paling banyak dicari namun apakah kita sebagai blogger pemula bisa bersaing dengan blogger kawakan, eh salah.. Blog kita masih unyu-unyu apakah bisa bersaing dengan blog yang emang sudah berkecimpung lama di dunia blogging?

Oleh sebab itu, saya akhirnya memilih fokus monetise dengan blog-bog microniche alias topik tertentu yang gak umum, misal seperti yang saya sebutkan saya memilih topik “Sinopsis Drama India” tapi yang saya titik beratkan saat ini “Sinopsis Chandra Nandini” yang sedang bagus di ANTV rating nya naik terus..

#5. Gak fokus ke satu Tema, bikin blog banyak dengan tema beragam
Nah, ini seh bagus dilakukan asalkan bisa fokus ke semuanya, namun untuk langkah awal sebaiknya fokuskan ke 1 blog dan 1 tema saja hingga sudah siap membuat blog baru lagi dengan tema lainnya. karena jika kebanyakan Tema atau topik niscaya akan mengalami kesulitan berujung pada hambar nya blog yang lain.

#6. Menulis dengan gaya tulisan alay
Apakah ini tidak boleh, Mas? yah silahkan saja tapi yang jadi pertanyaan apakah tulisan alay itu bisa terbaca oleh Robot Search Engine?

contoh ” Hi Bray Loo kemarin kmn aja, sie? ane udah nungguin lama bingit di sini.. ! Gilee.. Cyynn.. Eike kemarin d4p4t duit dr Adsense loohhh..”

#7. Blogger Terlalu Memusingkan SEO
Saya akui SEO memang sangat penting, sebagai pondasi blog terutama SEO on Page, namun sebaiknya kita jangan terlalu fokus di SEO bahkan hingga membuang waktu berkutat dengan SEO yang hasilnya malah over SEO.

Saya tidak terlalu memusingkan urusan SEO ini, saya percayakan urusan SEO on Page dengan Theme yang saya instal untuk blog, demikian juga di SEO on Articles, saya hanya menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) sebagai persebaran keyword yang bisa didapat dengan mudah, dan yang paling penting apakah tulisan yang saya tulis bermanfaat dan dibutuhkan orang, hingga di-share ratusan kali, otomatis nangkring di peringkat pertama pencarian Google.

#8. Terlalu Terobsesi Dengan Google Adsense
Ini, Saya banget loh! Sampai sekarang masih belum bisa moveon.. lah iya bikin blog bertujuan untuk dapat uang, ini benar, hanya saja caranya itu lho yang paling sering dilakukan adalah sering kali melihat hasil atau earning ke akun adsense, begitu melihat angka gak naik-naik jadi males produksi artikel, begitu melihat rasio click besar diatas 5% panik berujung pada reload artikel sendiri eits.. kepleset akhirnya ke klik berulang kali iklannya hasilnya banned.

Itu semua hanya gara-gara terobsesi dengan pendapatan di Google Adsense apalagi setelah melihat screenshot temannya trus ditanya “Berapa earning mu sekarang?”

#9. Sering kali copas dari Ms. Word pastenya di Visual Editor Blog
Nah, ini juga sering terjadi, masih belum bisa moveon dari MS.Word jadi ngetik artikel melalui MS.Word itu gak salah yang salah adalah saat di paste jangan di area Visual post tapi sebaiknya di area Text supaya code-code bawaan MS. Word gak ikut terpublish.

Bahasa planet namex (baca:html) yang akan ikut serta terpublish, ini yang biasa disebut CSS inline, bisa memperburuk optimasi search engine On Page.

Lalu, bagaimana solusinya “Saya kan juga mau nulis saat ga ada koneksi internet, ga bisa langsung nulis di blog, gimana dong?” Gunakan text editor seperti Notepad, atau bisa juga menggunakan Sublime Text atau Brackets.

#10. Seringkali saat menulis itu saat moodnya keluar, saat gak mood malas nulis
Inilah penyakit blogger yang gak mau maju, selalu menyalahkan Mood. Bersikap profesional hatrusnya ditanamkan sejak dini di diri kita masing-masing dalam mengelola blog, karena blog adalah senjata utama Anda branding, untuk menghasilkan uang.

#11. Seringkali Blogger Meremehkan Keberadaan Gambar
Tahukah bahwa rata-rata pengunjung website hanya membaca sekitar 50% dari keseluruhan konten dan sebanyak 10% lebih pembaca yang gemar scrolling website dengan cepat ketika membaca sebuah konten dan berhenti pada poin-poin penting permasalahan.

Disinilah peran sebuah gambar diperlukan. Gambar sendiri dipercaya dapat meningkatkan bounce rate sebuah website yang berdampak baik terhadap kelangsungannya di search engine.

Namun tidak semua gambar boleh dipasang di dalam artikel, ada kriteria gambar yang bisa dipasang di artikel anda :

  • Gambar berkaitan dengan topik yang sedang anda bahas
  • Gambar Tidak melanggar hak cipta.
  • Gambar harus memiliki kualitas yang bagus alias tidak buram.
  • Gambar harus memiliki daya tarik tersendiri.

#12. Blogger Kehabisan Ide
Sering kali anak buah saya dulu nbilang “mas bahan artikel habis, sudah gak ada ide lagi” dan itu terjadi pada masing-masing kita dan ini pernah terjadi juga pada saya, saya yakin orang itu akan dipenuhi dengan banyak sekali ide yang ada dikepalanya.

Namun seiring berjalannya waktu, ide itu mulai menghilang dan akhirnya tidak ada satupun ide yang bisa anda kembangkan. Ketika anda sudah berada di dalam posisi tersebut, bukan tidak mungkin anda akan berhenti ngeblog atau paling sederhananya adalah blog niche anda berubah menjadi blog gado-gado.

Bagaimana cara mengatasi Blogger Kehabisan Ide?
Anda sebenarnya hanya perlu sedikit meluangkan waktu untuk menemukan berbagai ide lainnya, Ada 3 cara yang biasa saya lalukan yaitu :

  • Melakukan Survey kecil-kecilan dengan melempar pertanyaan di group atau fanspage.
  • Melihat blog kompetitor, lihat, amati dan tiru ehhehe
  • Blog Walking juga bisa menjadi sumber ide lainnya
  • Melihat ke Google Trends terbaru siapa tahu cocok dengan topik blog kita.

#13. Sering Menggunakan “Klik Disini” daripada menggunakan link Kata Kunci
Nah, ini sih saya bilang mau cepetnya saja yah, eh tapi kurang bagus secara SEO on Page, wah kok bisa Mas.

Saya akan sedikit menegaskan tentang bagaimana menggunakan anchor link yang baik dan benar. Bukan menjadi rahasia lagi salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pageviews blog adalah dengan menggunakan link artikel lain untuk menarik minat baca pengunjung bahkan link tambahan juga sangat diperlukan untuk pembaca yang ingin mengetahui makna lebih dalam tentang bacaannya.

Namun cara penggunaanya banyak yang kurang tepat dan justru menjatuhkan posisi artikel kita di search engine. Salah satunya adalah dengan menambahkan kata Klik Disini pada artikel yang dituju. Anehnya kesalahan blogging ini tidak hanya dilakukan oleh blogger pemula saja, beberapa blogger berpengalaman pun masih melakukannya, hehehe.. Hayoo ngakuuu…

Contoh penggunaan anchor link yang salah :

  • Untuk informasi selengkapnya silakan baca disini.
  • Untuk teman-teman yang ingin membaca pengalamanku sebelumnya bisa membaca disini.
  • Untuk teman-teman yang ingin mendapatkan informasi tentang harga emas terbaru bisa membaca disini.

Contoh penggunaan anchor link yang benar :

  • Untuk selengkapnya silakan baca Kesalahan Blogger Pemula.
  • Untuk teman-teman yang menginginkan beragam tutorial blogging terupdate bisa membaca Panduan Blogging.

nah, yang di cetak tebal itulah sebagai kata kunci yang bisa di buat linkbuilding ke artikel lain.

#14. Terlalu Yakin Bahwa Tulisan yang Sudah Dibuat Telah Sempurna
Mungkin ini sangat kasar ya, tapi itulah kebenarannya, Ketika seseorang memulai blogging untuk pertama kalinya, mereka akan berfikir bahwa tulisan mereka jauh lebih baik di bandingkan tulisan kompetitor. Bahkan dengan kualitas tulisan yang seadanya (coba cek point ke 3) , mereka terkadang begitu angkuh menekan tombol publish dengan harapan ribuan visitor akan menyambangi tulisan tersebut.

#15. Over share ke Media Sosial Berujung pada Banned Akun Media Sosial
Wah, jadi gak boleh share ke Media Sosial ya Mas, aduhhh baca dulu ya.. jangan motong hehe udah seperti ngasih materi saja di Workshop blogging di kota Metro

Jadi, Saya tidak mengatakan “jangan share ke media sosial, tapi jangan over” kenapa jika over hal tersebut akan merugikan blog sendiri dan juga akun media sosial bisa di banned karena dianggap nyepam, untuk blog sendiri juga bisa dianggap blog spam, hal itu berbeda dengan banyak orang dengan berbagai akun medsos melakukan share artikel kita karena itu sangat natural, tapi jika kita sendiri melakukan share dengan 1 akun misalnya 1 akun FB share ke puluhan Fanspage atau Grup ya jelas itu yang tidak diperbolehkan.

#16. Tidak Pernah Ikuti Perkembangan Algoritma Mesin Pencari terutama Algoritma Google
Nah, ini masih banyak terjadi di antara para blogger, mesin pencari seperti google akan selalu melakukan update dengan pemutahiran sana sini yang bisa berdampak buruk bagi performa blog kita.

Misal jika dulu pengulangan kata kunci (keyword density) sangat manjur untuk berada di Page One sekarang sudah gak berlaku lagi dengan perubahan Algoritma Google.

#17. Sering mengunakan Tools Blackhat ketimbang Natural
Hayoo, ini juga masih dilakukan bahkan dengan sulitnya earning Adsense berlomba-lomba menciptakan tool mulai dari bisa memasukkan banyak keyword, bisa autopost, autopublish, bahkan yang paling dikenal adalah AGC (Auto Generate Content) sdan AGK (Auto Generate Keyword) nah untuk mempelajarinya silahkan browsing sendiri ya.. tapi ini gak disarankan dalam penggunaanya karena termasuk ke dalam tools Blackhat artinya tools yang dirancang untuk mencurangi mesin pencari atau mencurangi adsense.

#18. Beripikir Bahwa Sangat Gampang Nyari Uang dari Blog
Masih ada juga teman-teman saya yang berpikir demikian simple dan mudahnya. “Bikin blog, isi artikel, publish, visitor datang, dapat uang”, tanpa melihat proses dan sulitnya ngeblog.

#19. Tidak Mau Blogwalking pengen DA PA nya tinggi?
hehe, saya terawa dulu boleh khan? nah, DA PA itu perankingan sebagai dasar bagus gak nya blog kita, bisa cek di checkmoz.com tapi untuk mendapatkan nilai tinggi di PA DA ya tentu saja banyak faktor termasuk juga SEO OF Page salah satunya melalui Blog Walking atau saling berkunjung dan memberikan komentar atau review artikel orang lain secara kontinue akan menghasilkan backlink berkualitas yang akan membantu menaikkan ranking PA dan DA nya.

Nah pengen tahu apa itu PA dan DA silahkan baca di artikel Apa Itu PA dan DA Blog : Pengertian dan Cara Meningkatkannya

#20. Malas Meriset keyword tapi pengen di Pageone
Nah, ini menjadi salah satu kesalahan paling fatal, karena malas meriset keyword, meski gak mendalam setidaknya untuk dengan meriset keyword kita bisa mengetahui potensi keyword di pencarian, nilai cpc dan bagaimana tingkat persaingannya,. Untuk lebih jelasnya bisa baca Yuk Belajar Cara Riset Keyword Gratis dan Mudah Tanpa Google Keyword Planner

Nah, Itulah 20 Kesalahan Blogger Saat Mulai Bikin Blog Hingga Monetise yang Wajib dihindari, saya sangat berharap bahwa setelah membaca artikel ini, pembaca dapat merefleksi diri sendiri untuk kemudian bisa menjadi lebih profesional sebagai seorang blogger.

Banyak hal yang terjadi saat kita mulai ngebangun sebuah blog hingga memonetisenya, baik kesalahan kecil maupun kesalahan fatal yang mengakibatkan blog kita menjadi stagnan dan hanya jalan ditempat, blog yang tak kunjung ramai karena artikel tak menarik untuk dibaca hingga tidak peduli dengan perubahan algoritma mesin pencari.

Bagi saya ngeblog itu merupakan karya seni yang bisa saya kembangkan, yang memadukan keindahan sebuah layout di template blog blogspot atau theme blog wordpress dengan tulisan yang mengisi blog itu sendiri, berpadu untuk membuat visitor tertarik datang berkunjung dan membaca semua tulisan si pemilik blog atau blogger.

Meskipun Blog itu menjadi karya seni bukan berarti seenaknya saja untuk mengatur blognya sedemikian rupa, karena ada hal yang sangat penting dan sangat mempengaruhi blog itu yaitu struktur blog yang baik yang kemudian di rekam oleh search engine.

Oleh sebab itu sebagai pemula termasuk saya, harus mempertimbangkan apakah blog kita ini bisa disukai oleh mesin pencari seperti Mbah Google dan juga disukai oleh visitor? jika pengen banyak pengunjung jangan pernah melakukan kesalahan berulang terhadap perlakuan blog kita ya teman…

Jika ada kesalahan lain yang belum tercantum diatas mohon untuk ditambahkan di Komentar ya teman-teman supaya bisa saya update lagi artikel ini. Terimakasih

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 comments

  1. Point pertama..
    sy hbiskan waktu hampir 1 tahun hanya untuk gonta ganti template.. udh nemu yang bagus.. eh.. ada yng lebih bagus lg… ujung2nya terabaikan jadwal posting..

  2. Saya ngeblog sih karena memang nyaman di dunia maya ini. Sering blogwalking jg jadi punya teman2 baru yg seru2. Berkunjung balik ke blog mereka jd tambah pengetahuan. Kalau kontennya masih gado2 banget. Memang sengaja untuk yg blog hoby. Ngisinya jg klo mood emang lg berantakan ga bakal rampung,biasanya aku cari hal yg merefresh otak dulu baru mulai tulis lg. Klo blog khusus optimasi sih serius banget dan niche nya jelas. Tp postingan disini beberapa poinnya bikin saya angguk2 kepala 😀

  3. Poin 1 sering kambuh, sementara poin 8 belum bisa sembuh. Hehe
    1 artikel jadi 7 page, wow kereeeennn. Ini BW perdana saya di leantoro, dan kesan pertama langsung menggoda. Selanjutnya … langsung bookmark.

  4. Mantab mas Lean. Jangan lelah untuk terus berbagai ilmu tentang ngblog. Biar makin banyak pengangguran berpenghasilan di Metro dan Lampung umumnya. Hidup Blogger Lampung.

  5. wkwkw masih banyak kesalah ternyata ane Min, setelah baca artikel jadi nambah sedikit wawasan ade mengenai Blog. maklum min belajar sediri (Otodidak). bisa liat min blog ane #amburadul

News Feed