Cara Membuat Denah Rumah Minimalis Untuk Orang Awam

News4,005 views

Leantoro.com. Cara Membuat Denah Rumah Minimalis Untuk Orang Awam. Membuat denah rumah saat ini tidak hanya bisa dilakukan oleh para arsitek atau orang-orang yang memiliki kemampuan khusus menggambar denah rumah.

Membuat Denah Rumah Minimalis bisa dilakukan oleh Orang Awam dengan mengetahui tahapan dasar cara membuat denah rumah yang umumnya digunakan para arsitek.

1. Membuat Daftar Aktivitas dan Kebutuhan Ruang

Ini merupakan langkah awal untuk membuat denah rumah, kita harus membuat daftar aktivitas kegiatan dari setiap penghuni rumah tersebut, mulai dari aktivitas pendukung hingga aktivitas utama.

Setelah mengetahui berbagai aktivitas penghuni rumah kemudian menentukan kebutuhan ruang apa saja yang diperlukan untuk bisa mengakomodir berbagai aktivitas tersebut.

Dalam tahapan ini sebagai langkah dasar membuat denah rumah, kita bisa mengeliminasi atau menggabungkan beberapa fungsi dan aktivitas jika diperlukan untuk efisiensi denah.

2. Pelajari Standar Kebutuhan Interior Rumah di setiap Ruang

Mempelajari kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk interior rumah disetiap ruang sangat penting, hal tersebut akan mempengaruhi ukuran ruang akan akan di buat di denah rumah minimalis

Jadi, Cara membuat denah rumah minimalis dengan memperhitungkan kebutuhan interior rumah sangat penting dilakukan agar mendapatkan kepastian penggunaan dan penempatan ruang di denah rumah minimalis tidak mengganggu fungsi lainnya dan sesuai dengan standar tersebut.

3. Buat Hubungan Setiap Ruang

langkah tepat membuat denah rumah minimalis selanjutnya adalah dengan menghubungkan kebutuhan ruang yang satu dengan ruang yang lain.

Misalnya : kamar tidur sangat erat hubungan korelasinya dengan kamar mandi sehingga dalam pembuatan denah rumah harus berdekatan, kemudian ruang makan memiliki keterikatan dengan dapur.

Ruang keluarga hendaknya agak jauh dari dapur, dan kamar mandi umum juga bisa berdekatan dengan dapur

4. Buat Zonasi Setiap Ruang

Cara membuat denah rumah minimalis selanjutnya adalah dengan membuat zonasi pada diagram hubungan antar ruang sesuai dengan langkah ke 3 diatas.

Zonasi meliputi, fungsi ruang sebagai area privat, area publik dan area servis, kita juga harus bisa memastikan setiap zona tidak saling overlap dan mengganggu kenyamanan antar zana.

5. Ubah Zonasi menjadi Denah Rumah Dasar

Hal inilah yang menjadi langkah utama yakni mulai membuat Zonasi menjadi denah rumah dasar, dengan mempertimbangkan berbagai komponen dari denah rumah itu sendiri dan dalam pembuatan denah rumah kita bisa menggunakan garis-garis sederhana untuk menggambarkan seperti apa denah rumah impian nantinya.

6. Buatlah beberapa Denah Rumah Dasar

dari langkah no.5 tersebut diatas, kita bisa membuat berbagai alternatif denah rumah minimalis sebagai bahan acuan denah mana yang paling tepat bisa kita wujudkan dalam pembangunan rumah yang dipandang dari bebagai sudut kebutuhan dan dana yang tersedia, karena perubahan yang terjadi pada setiap denah tentu saja akan mempengaruhi biaya pembangunan.

7. Buat Denah Rumah dengan Notasi, Ukuran, dan Detail Arsitektural

Setelah ditentukan denah rumah terbaik, langkah berikutnya adalah cara membuat denah rumah minimalis dengan memberikan detail-detail pada denah rumah tersebut.

Cara membuat denah rumah ini meliputi notasi ysesuang disesuaikan dengan istilah dan bahasa arsitektur seperti ketebalan dinding, simbol-simbol material, lambang bukaan pintu dan jendela rumah.

perjelas ukuran seperti dimensi ruangan, ketinggian lantai juga bisa kamu lengkapi beserta detail-detail arsitektural lainnya.

Nah, guest sekarang kita sudah memiliki sebuah denah rumah yang komplit dan siap digunakan. Meskipun memiliki proses panjang, cara membuat denah rumah bisa dipelajari dan dilakukan siapa saja dengan software membuat denah rumah tertentu dan dengan aplikasi denah rumah yang ada

Dengan memahami cara membuat denah rumah minimali, kita juga bisa menvisualisasikan ide serta kebutuhan kita, kita tentunya juga bisa memahami cara membuat denah rumah akan mempermuda dalam berkomunikasi dengan para tukang pembuat rumah untuk mewujudkan rumah impianmu.

Selain itu, guest, bisa juga loh membaca Cara Mudah Membuat Denah Rumah dengan Microsoft Excel yang pernah saya tulis sebelumnya, bahwa dengan media yang ada tanpa harus menggunakan software arsitektur kita tetap bisa memvisualisasikan angan-angan rumah kita dengan membuat denah rumah menggunakan Excel.