by

Percayalah Membuat Blog Itu Mudah, Yang Sulit itu Mengelola Blog

Leantoro.com. Percayalah Membuat Blog Itu Mudah, Yang Sulit itu Kelola Blog. Membuat blog itu mudah yang sulit adalah mengelola blog supaya bisa berkembang dan menjadi rujukan visitor sehingga konten atau tulisan atau artikel blog kita bisa di baca dan berguna untuk visitor blog.

Percayalah Membuat Blog Itu Mudah, yang sulit itu Mengelola Blog, apakah pernah mendengar hal tersebut, tentu saja pernah, dan jika belum berarti dengan membaca artikel ini, teman-teman menjadi tahu bahwa benar dalam membuat blog itu sangat gampang, namun mengelola blog menjadi sesuai dengan harapan itu merupakan hal yang sulit.

Membuat blog sangat mudah, bisa langsung dengan platform blogspot atau bisa dengan wordpress, atau self hosting, dengan memilih web hosting terbaik di Indonesia, beli domain murah lalu instal wordpress tambahkan theme wordpress dan plugin-plugin yang diperlukan sudah bisa menjadi sebuah blog.

Demikian juga dengan Saya, meski saya sudah ngeblog sejak 2006, namun tetap mengalami kesulitan sampai sekarang, dan hal ini masih menjadi momok yang akan ditemui oleh semua blogger, baik yang masih belajar maupun yang sudah bisa dibilang “mastah”

Ada 3 hal utama yang sering membuat blogger itu mengalami kesulitan dalam mengelola blog, dan tentu saja 3 hal tersebut menurut saya loh, bisa berbeda dengan blogger lain.

1. Penentuan Tema Blog

Penentuan tema blog karena hal tersebut menyangkut dengan sumber data dan sumber tulisan serta juga bersinggungan langsung dengan keyword artikel yang akan kita tulis menjadi satu artikel.

Penentuan tema blog sendiri bersifat jangka panjang, karena tema itu akan melekat sepanjang blog kita aktif misal kita akan mengulas tema teknologi berarti nanti semua artikel kita ya jelas berkaitan dengan teknologi, gak mungkin tiba-tiba kita menulis tentang politik praktis kecuali ada benang merah dengan teknologi, misal penggunaan aplikasi android survey elektabilitas caleg 2019.

2. Metode Penulisan Blogger

Ada 2 metode penulisan yang dilakukan oleh para blogger, yang pertama adalah menulis mengikuti insting dan yang kedua menulis berdasarkan data dari hasil riset keyword.

Bagi blogger yang menulis menggunakan insting atau bisa dikatakn menulis dengan hati dan pikiran sendiri dengan begitu imajinasi tidak terbatas bisa melenggang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Karena yang terpenting adalah tulisan mereka bisa di terima dan dibaca dan saat ini aliran menulis ini juga lumayan mendapat tempat di Google Search yang sudah menerapkan sistem Algoritma baru dimana AI (Artificial Intelligent) nya sudah semakin mendekati logika manusia, jadi artikel yang enak dibaca akan menjadi tujuan visitor.

Bagi blogger yang menulis menggunakan data hasil riset keyword, biasnya target blogger adalah Keyword HPK yang meliputi nilai CPC, jumlah pencarian sebulan, dan tingkat persaingan akan menulis sesuai dengan batasan dari tools riset keyword yang mereka gunakan, riset keyword hanya untuk menegaskan supaya blogger bisa menentukan apakah tulisan mereka bisa di publish atau diganti dengan keyword lain

3. Sumber Data

Sumber data menjadi hal yang sulit ketika kita tidak menguasai tema yang akan kita ulas, namun hal itu bisa disiasati dengan perbanyak membaca literatur lain atau blog lain dan kita bisa langsung merewrite dengan gaya bahasa kita, ingat bukan meng”copas” tulisan orang lain ya.. lebih bagus lagi sudah di rewrite masih ditulis sumber data sebagai rujukan.

Sumber data lain yang bisa kita kembangkan adalah dari berita, baik dari media online, maupun televisi, sumber data tersebut bisa kita olah menjadi konten atau artikel yang lengkap dan dalam.

Selain itu bisa juga atas pengalaman sendiri, yang kemudian di tuangkan dari bentuk visualisasi panca indra menjadi bentuk tulisan yang mengalir seakan-akan pembaca juga dibawa ke plot artikel.

Jika bukan pengalaman pribadi, bisa juga pengalaman orang lain, jadi sebenarnya sebagai blogger kita dituntut untuk selalu kreatif dan selalu belajar, jangan pernah belajar, dan jangan pernah berpikir bahwa blog itu sederhana, namun pada kenyataanya, kita harus dituntut bisa berimajinasi, berkreasi, berinovasi dan berimprovisasi.

Percayalah Membuat Blog Itu Mudah, Yang Sulit itu Mengelola Blog

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Setuju banget. Menjaga agar blog itu bertahan memang tidak mudah. Apalagi bisa konsisten dengan tema blog. Didalamnya perlu banyak data Mas. Kadang aku punya data. Mau nulisny yang kadang Bad mood. Tapi yakinlah bahwa konsisten dan Tetek Stay on track itu membuahkan hasil nantinya