7 Tempat Wisata Paling Populer Yang Ada Di Lampung

Traveling233 views

Siapa bilang jalan-jalan hanya bisa dilakukan di luar negeri? Lampung memiliki segudang destinasi wisata yang tak kalah menarik dari luar negeri, meski hanya berada di ujung selatan Pulau Sumatera.

Dari pantai berpasir putih, pegunungan yang menawan, hingga meriahnya kota, semua bisa ditemukan di Lampung. Ingin tahu lebih jauh tentang tempat-tempat terpopuler di sana?

Baca terus artikel ini untuk mengetahui 7 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Lampung.

Keindahan Alam Lampung yang Begitu Memikat

Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, Indonesia.

Provinsi ini dikelilingi oleh Samudera Hindia di sebelah selatan, Provinsi Bengkulu di sebelah barat, Sumatera Selatan di sebelah utara, serta Provinsi Sumatera Barat dan Jambi di sebelah timur.

Dengan lokasinya yang strategis, Lampung menyimpan keindahan yang tidak bisa dilewatkan oleh para wisatawan.

Salah satu keistimewaan Lampung adalah keindahan alamnya yang memikat.

Alam Lampung begitu mempesona dengan pemandangan pantai, bukit, serta sabana yang luas. Tak heran jika Lampung menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Jumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Lampung begitu banyak. Berikut adalah tujuh destinasi wisata paling populer yang ada di Lampung.

Tujuh Destinasi Wisata Paling Populer di Lampung

1. Air Terjun Way Kambas

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Lampung adalah Air Terjun Way Kambas. Air Terjun Way Kambas terletak di Taman Nasional Way Kambas, yang terkenal sebagai tempat konservasi gajah.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah keasrian alamnya.

Para pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dan aktivitas tracking di kawasan Taman Nasional Way Kambas.

2. Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau alami yang dihasilkan dari aktivitas vulkanik Gunung Ranau, Lampung. Letaknya berjarak sekitar 200 km dari kota Bandar Lampung.

Danau Ranau memiliki pesona alam yang menawan, dengan air laut biru kehijauan dan pemandangan hutan yang mengelilinginya.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Ranau dan menikmati berbagai fasilitas seperti mendayung perahu dan berkemah di sekitar danau.

3. Puncak Mas

Sudah menjadi kebiasaan jika seseorang datang ke daerah pegunungan untuk mencari destinasi wisata puncak yang mempunyai pemandangan yang luar biasa.

Puncak Mas merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Lampung. Puncak Mas bisa diakses melalui Kalianda, dan tersedia berbagai resort dan villa yang bisa dijadikan tempat menginap serta menyaksikan pemandangan sukses frustasi.

4. Pantai Tanjung Setia

Bagi pecinta olahraga air seperti surfing, Pantai Tanjung Setia adalah surga baru yang harus dicoba. Pantai Tanjung Setia berada di desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat.

Pantai ini memiliki panjang sekitar 2 km dengan ombak yang sangat bagus untuk surfing. Selain itu, panorama alam yang dikelilingi pegunungan menjadikan wisatawan betah berlama-lama di Pantai Tanjung Setia.

5. Tugu Adipura

Tugu Adipura atau yang juga dikenal sebagai “Monumen Putih” adalah simbol Provinsi Lampung.

Tugu ini dibangun sebagai wujud penghargaan kepada masyarakat Lampung atas usahanya dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Tugu Adipura terletak di jantung Kota Bandar Lampung dan menjadi latar belakang foto yang cantik bagi para wisatawan.

6. Museum Purbakala Lampung

Museum Purbakala Lampung terletak di Jalan Zaenal Arifin Nomor 5, Kota Bandar Lampung. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda purbakala dari Lampung, seperti arca, prasasti, dan artefak lain yang bikin pengunjung terkagum.

Museum Purbakala Lampung menjadi destinasi edukasi dengan sisi budaya Lampung yang kental dan mempesona, sehingga sangat disarankan untuk dikunjungi.

7. Taman Hutan Raya Bumi Kedaton

Di antara kebisingan kota, kita bisa mencari ketenangan di Taman Hutan Raya Bumi Kedaton. Taman ini memiliki luas seluas 56 hektare dan memiliki berbagai macam hewan, seperti rusa, kancil, monyet, serta burung yang dilindungi.

Wisatawan bisa menjelajahi taman menggunakan sepeda atau berjalan kaki, dengan merasakan udara segar dan keheningan alam.

Perjalanan Seru Menyambangi Keajaiban Alam Lampung

Bagai bunga, Lampung menawarkan keindahannya. Maka, tak ada salahnya jika segera mempersiapkan perjalanan menyambangi Lampung.

Perjalanan akan melewati jalan raya yang bagus karena kawasan Lampung juga menjadi salah satu kawasan penghasil minyak dan gas terbesar di Indonesia.

Selama perjalanan, kita bisa sambil menikmati keindahan alam yang diapit oleh pegunungan dan laut.

Terdapat berbagai macam alternatif transportasi untuk menuju Lampung. Ada kendaraan umum, kereta api, dan pesawat terbang.

Kendaraan umum seperti bus biasanya bisa ditemukan di tiap kota di Sumatera. Sedangkan kereta api bisa ditemukan melalui Jalur Bandung-Lampung dan pesawat terbang dapat didapatkan di setiap bandara besar di Indonesia.

Persiapan penting yang harus dilakukan untuk mengunjungi Lampung adalah melihat jadwal kunjungan. Sebaiknya hindari perjalanan di musim hujan, mengingat bahwa Lampung berada di ujung Selatan Sumatera, cuaca seringkali tidak menentu.

Selama berlibur Lampung, alangkah baiknya untuk menginap di villa atau resort yang dikhususkan untuk tempat menginap.

Selain itu, untuk mengunjungi destinasi wisata di Lampung, pengunjung perlu menyediakan waktu yang cukup agar bisa menikmati keindahan destinasi wisata dengan sepenuh hati.

Pemandangan Menakjubkan dari Puncak Bukit Barisan

Bagi para pengunjung yang suka trekking, Puncak Bukit Barisan bisa jadi sesuai dengan keinginan. Puncak Bukit Barisan adalah puncak gunung tertinggi di wilayah Lampung.

Jika memilih naik ke Puncak Bukit Barisan, maka pengunjung akan berjalan melalui hutan, sungai, dan menelusuri tebing gunung.

Jalur pendakian untuk mencapai Puncak Bukit Barisan memiliki trekking yang cukup sulit. Hal yang harus diperhatikan dari segi fisik adalah kesehatan dan kebugaran dalam perjalanan.

Ada banyak oprsi jalur-jalur pendakian yang bisa dipilih, yakni dari Ranau, Putri Hijau, atau dari Pasar Liwa. Trekking dari Ranau membutuhkan waktu sekitar 7-

Atas nama keindahan alam, budaya, dan sejarah, Lampung adalah surga bagi para pencari petualangan di Indonesia.

Dari pantai pasir putih hingga pegunungan hijau yang menawan, provinsi yang kaya ini tidak pernah kekurangan destinasi wisata yang menakjubkan.

Dari deretan tujuh tempat wisata paling populer yang telah kita jelajahi, kita dapat melihat dengan jelas bahwa Lampung menawarkan begitu banyak potensi untuk wisatawan dari semua lapisan masyarakat.

Penuh keindahan dan pesona yang tak terlupakan, Lampung pasti telah menempatkan dirinya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Semoga kita dapat kembali mengunjungi Lampung dan mengeksplorasi lebih banyak keindahan yang masih tersimpan di sana. Sampai jumpa lagi, Lampung!