by

Jangan Asal! Yuk Belajar Rumus Kuda Kuda Baja Ringan Untuk Pemula

-Properti-247 views

Leantoro.com. Jangan Asal! Yuk Belajar Rumus Kuda Kuda Baja Ringan Untuk Pemula. Makin hari, Rangka Atap Baja Ringan semakin banyak digunakan di Indonesia, rangka baja digunakan sebagai bahan struktur rangka atap untuk bangunan rumah tinggal mapun untuk kantor.

Baja Ringan

Jenis baja ringan yang paling sering digunakan adalah kaso, kanal dan reng. Material baja ringan ini dipilih karena memiliki sifat-sifat yang baik yaitu memiliki kekuatan dan ketahanan korosi yang baik dan memiliki bobot yang ringan.

Baja ringan banyak digunakan untuk atap, baik atap limasan yang memiliki bentuk dua bidang miring trapesium juga atap bentuk atap lainnya juga cocok untuk menggunakan rangka atap baja ringan.

Material baja ringan juga dapat digunakan untuk pemasangan kanopi baja ringan. Namun sebelum pemasangan rangka baja ringan, sebaiknya perlu memperhitungkan rumus kuda-kuda baja ringan yang tepat meskipun pemula sekalipun.

Kuda-kuda baja ringan yang digunakan dalam pemasangan rangka baja ringan terdiri dari berbagai macam ukuran, ukuran baja ringan mulai dari 0.75 – 1 mm. Kuda-kuda baja ringan akan dipasangkan di atas tumpuan struktural yang telah dibuat.

Kuda kuda baja ringan yang termasuk dalam struktur framework menjadi elemen penting untuk sebuah konstruksi atap bangunan. Hal ini mengingat perannya sebagai penopang beban atap sekaligus memberi bentuk atap.

Karena fungsinya yang begitu vital, perhitungan dengan menggunakan rumus kuda kuda baja ringan harus dilakukan secara tepat.

Tujuannya bukan sekadar membuat atap kokoh dan tidak mudah ambruk. Tetapi juga agar prediksi kebutuhan baja ringan untuk atap bisa lebih akurat.

Cara menghitung kuda kuda baja ringan membutuhkan perhitungan ilmiah dan harus sesuai dengan rumus kuda kuda baja ringan karena perhitungan tersebut menggunakan konsep dasar rumus trigonometri yaitu cosinus dan tangen. Selain itu, kita juga harus menyiapkan alat ukur/meteran untuk mengetahui lebar dan panjang dari atap.

Ada 3 hal yang harus diperhatikan saat perhitungan rumus kuda kuda baja ringan, yaitu ketinggian atap rumah, kemiringan atap, dan overstek agar bisa menghitung dengan rumus di bawah ini :

1. Ketinggian atap

Untuk menghitung ketinggian atap kita harus menentukan terlebih dahulu jenis penutup atap yang akan digunakan. Dikarenakan setiap jenis penutup atap memiliki batasan sudut minimal yang berbeda-beda.

Contoh :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News