LIRIK KIDUNG WAHYU KOLOSEBO

Hiburan1,319 views

LAMPUNGWAY.COM. LIRIK KIDUNG WAHYU KOLOSEBO. Ada yang menarik saat ada festival budaya peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 Tahun. Berbagai atraksi budaya dari berbagai nusantara turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Termasuk di daerah penulis di Metro Timur Kota Metro, Lampung yang menampilkan atraksi budaya jaran kepang dengan 10 Barong disertai tabuhan musik dan Lantunan Kidung Wahyu Kolosebo yang sangat apik dan berhasil membuat penulis luluh lantak, merinding dan menjadi seakan tak berarti di hadapan Sang Maha Kuasa.

Kidung Wahyu Kolosebo yang pada awalnya membuat heboh dunia maya, hal tersebut dikarenakan ada yang berpendapat bahwa kidung Wahyu kolosebo hasil ciptaan Sunan Kalijogo namun hal tersebut dibantah oleh Channel Youtube Gerbang Nusantara yang mengupload pertama kali video yang beri judul : KIDUNG Wahyu KoloSebo. Bantahan tersebut juga di tulis di deskripsi Videonya.

Kidung Wahyu Kolosebo Secara Murni Diciptakan Oleh Sri Narendra Kalaseba. Disusun Selama 9 Tahun Lamanya. dipersembahkan Untuk Para Perindu Tuhan-Nya. Jika Ada Yang Menyatakan Bahwa Kidung Wahyu Kolosebo Adalah Ciptaannya Sunan Kalijogo Atau Mengklaim Sebagai Peninggalan Wali Songo, 100% Pernyataan Dan Pendapat Tersebut Hoax (Bohong).

LIRIK KIDUNG WAHYU KOLOSEBO

Rumekso ingsun laku nisto ngoyo woro
Kelawan mekak howo, howo kang dur angkoro
Senadyan setan gentayangan, tansah gawe rubeda
Hinggo pupusing jaman

Hameteg ingsun nyirep geni wiso murko
Maper hardening ponco, saben ulesing netro
Tinambaran sih kawelasan, ingkang paring kamulyan
Sang Hyang Jati Pengeran

Jiwanggo kalbu, samudro pepuntoning laku
Tumuju dateng gusti, Dzat Kang Amurbo Dumadi
Manunggaling kawulo gusti, krenteg ati bakal dumadi
Mukti ingsun …tanpo piranti

Sumebyar ing sukmo madu sarining perwito
Maneko warno prodo, mbangun projo sampurno
Sengkolo tido mukso, kolobendu nyoto sirno
Tyasing roso mardiko,……..

Mugiyo den sedyo pusoko Kalimosodo
Yekti dadi mustiko, sajeroning jiwo rogo
Bejo mulyo waskito, digdoyo bowo leksono
Byar manjing sigro-sigro

Ampuh sepuh wutuh, tan keno iso paneluh
Gagah bungah sumringah, ndadar ing wayah-wayah
Satriyo toto sembodo, Wirotomo katon sewu kartiko
Kataman wahyu ……..Kolosebo

Memuji ingsun kanthi suwito linuhung
Segoro gando arum, suh rep dupo kumelun
Tinulah niat ingsun, hangidung sabdo kang luhur
Titahing Sang Hyang Agung

Rembesing tresno, tondo luhing netro roso
Roso rasaning ati, kadyo tirto kang suci
Kawistoro jopo montro, kondang dadi pepadang
Palilahing Sang Hyang Wenang

Nowo dewo jawoto, tali santiko bawono
Prasido sidhikoro, ing sasono asmoroloyo
Sri Narendro Kolosebo, winisudo ing gegono
Datan gingsir….sewu warso

Nah, sudah tahu liriknya kira2 artinya dalam bahasa Indonesia apa ya.. karena Kidung tersebut menggunakan bahasa Jawa dan Sansekerta.

☑️RUMEKSO INGSUN LAKU NISTO NGOYO WORO
☑️KELAWAN MEKAK HOWO, HOWO KANG DUR ANGKORO
☑️SENAJAN SYETAN GENTAYANGAN, TANSAH GAWE RUBEDO
☑️HINGGO PUPUSING JAMAN

(TUHAN… Dengan seluruh kekuatan yang Engkau berikan, sesungguhnya saya akan berjuang memerangi sifat dusta yang ada didalam diri saya, dan dengan sepenuh hati saya akan membentengi diri saya dari gerakan nafsu angkara murka yang menyesatkan, meskipun syetan laknat terus ber-grelya membujuk anak manusia berbuat jahat sepanjang jaman)

☑️HAMETEG INGSUN, NYIREP GENI WISO MURKO
☑️MEPER HARDANING PONCO, SABEN ULESING NETRO
☑️LINAMBARAN SIH KAWELASAN, INGKANG PARING KAMULYAN
☑️SANG HYANG JATI PENGERAN

(TUHAN… Rupanya iblis membiuskan api – api kesesatannya di dalam jiwa dan raga saya, dan saya sudah bertekat disetiap nafas berhembus bahkan pada setiap mata berkedip, saya akan berperang dengan para iblis itu di medan laga, sehingga mereka tidak lagi memiliki kemampuan menguasai 5 perkara yang ada di tubuh saya //telinga, mata, hidung, mulut dan dua lubang di bawah perut// dan dengan kasih sayang-Mu Wahai TUHAN-ku… Hujanilah jiwa raga saya dengan kemualian-kemulian-Mu, dan sungguh Engkaulah TUHAN yang Maha Abadi)

☑️JIWANGGO KALBU SAMODRO PEPUNTONING LAKU
☑️TUMUJU DATENG GUSTI DZAT KANGA AMURBO DUMADI
☑️MANUNGGALING KAWULO GUSTI, KRENTEG ATI BAKAL DUMADI
☑️MUKTI INGSUN TANPO PIRANTI

(Andai kau mengerti?! Ketika kesadaran jiwa setiap insan berhasil merasakan dirinya berada dalam kuasa TUHAN, sungguh ia akan memiliki kekuatan hati yang apabila berdoa dikabulkan, bila meminta dipenuhi, bila berharap diwujudkan, bila berperang melawan kebathilan dimenangkan, dan ia akan merasakan betapa nikmatnya kehidupan jiwa tanpa harus melewati proses yang melelahkan, karena sesungguhnya TUHAN Maha Berkuasa terhadap seluruh ciptaan-Nya)

☑️SUMEBYAR ING SUKSMO MADU SARINING PERWITO
☑️MANEKO WARNO PRODO MBANGUN PROJO SAMPURNO
☑️SENGKOLO TIDO MUKSO KOLOBENDU NYOTO SIRNO
☑️TYASING ROSO MARDIKO

(Tahukah kalian wahai insan yang di hidupkan dimuka bumi… Ketika jiwamu dipenuhi dengan ilmu yang agung serta diliputi dengan kasih sayang yang tulus, maka engkau akan mendapatkan berbagai cahaya kebenaran, mendapat ruh kebaikan serta pancaran kemuliaan yang sempurna, sebagai anugerah dari TUHAN-mu Yang Maha Sempurna, sehingga akan lenyap kesedihan di dalam dirimu, dan akan sirna pula segala macam bentuk angkara murka di dalam jiwamu, sampai akhirnya suatu hari nanti kamu bangkit menjadi insan yang tidak terjajah oleh nafsu yang menyesatkan, maka bangkitlah dengan kasih sayang TUHAN-mu wahai saudaraku)

☑️MUGIYO DEN SEDYO PUSOKO KALIMOSODO
☑️YEKTI DADI MUSTIKO SAK JRONING JIWO ROGO
☑️BEJO MULYO WASKITO DIGDOYO BOWO LEKSONO
☑️BYAR MANJING SIGRO SIGRO

(TUHAN… Melalui bait-bait Kidung Wahyu Kolosebo yang saya lantunkan ini, semoga Engkau berkenan menanamkan ke-Imanan yang sejati di dalam jiwaku karena tiada TUHAN selain Engkau wahai yang Maha Sejahtera, dan saya memohon kepada-Mu wahai TUHAN-ku… Anugerahkan pula terhadap diri saya ini sebuah kedudukan sebagai hamba-Mu yang memiliki keberuntungan hidup, memiliki kedalaman ilmu dan berpengetahuan luas, tidak lemah dan selalu memiliki keberanian membela kebenaran, sangat berwibawa dan bisa menjadi suri tauladan terhadap sesama, sehingga siapa saja insan yang berada di sekeliling saya segera merasakan indahnya hidup berkat kasih sayang-Mu yang teramat Agung lagi sangat luhur. Dan segera wujudkan semua permohonan itu wahai TUHAN-ku)

☑️AMPUH SEPUH WUTUH TAN KENO ISO PANELUH
☑️GAGAH BUNGAH SUMRINGAH NDADAR ING WAYAH WAYAH
☑️SATRIYO TOTO SEMBODO WIROTOMO KATON SEWU KARTIKO
☑️KETAMAN WAHYU KOLOSEBO

(Karena saya tahu, sesungguhnya seorang hamba-Mu yang telah Engkau menangkan akan memiliki kekuatan yang utuh, bahkan segala macam pengaruh sihir jahat akan lumpuh seketika dihadapannya, kepribadiannya begitu bijak dan terpandang mulia, wajahnya-pun memancarkan ribuan kemilau cahaya, yang mampu meredam semua unsur amarah serta kebencian, bahkan dia akan tampil sebagai kesatriya yang mengobarkan api kebenaran, dia tidak pula akan berhenti menyerukan perdamaian dan sungguh dialah sosok sang raja pembawa kesejahteraan yang bermahkotakan kasih sayang)

☑️MEMUJI INGSUN KANTI SUWITO LINUHUNG
☑️SEGORO GONDO ARUM SWUH REP DUPO KUMELUN
☑️GINULAH NIAT INGSUN HANGIDUNG SABDO KANG LUHUR
☑️TITAHING SANG HYANG AGUNG

(Wahai TUHAN-ku… Saya adalah hamba-Mu yang lemah, datang bersimpuh dihadapan-Mu, memohon kepada-Mu dengan jeritan hati yang terdalam, tenggelamkan saya wahai TUHANku, kedalam samodra kemenangan-Mu, dan bangkitkan saya kembali kepermukaan bumi setelah tubuh dan jiwa ini Engkau lengkapi dengan berbagai cahaya kemenangan-Mu yang berhiaskan keindahan, sehingga saya memiliki kekuatan mengibarkan panji – panji kemenangan-Mu diseluruh penjuru bumi, dan sungguh jika itu terlaksana semata – mata hanya Engkau-lah yang menghendaki-Nya, karena sungguh hanya engkaulah TUHAN penguasa alam semesta yang kebesaran-Mu tiada bandingnya)

☑️REMBESING TRESNO TONDO LUHING NETRO ROSO
☑️ROSO RASANING ATI KADYO TIRTO KANG SUCI
☑️KAWISTORO JOPO MONTRO KONDANG DADI PEPADANG
☑️PALILAHING SANG HYANG WENANG

(Wahai insan sejagad raya, ketahuilah bahwa cinta akan selalu melahirkan air mata, buliran air mata yang akan membentuk jiwamu, hatimu serta seutuhnya yang ada pada dirimu sehingga mengerti bahwa cinta itu suci, sesuci air matamu yang jatuh membasahi bumi, maka berharaplah dengan berbagai untaian doa, agar suatu ketika nanti kalian dapat berjumpa dengan Sang Pencipta kesucian air mata yang sebenarnya , karena sesungguhnya hanya Dia sebagai Maha Tertinggi yang menguasai jiwa – jiwa para pecinta sejati)

☑️NOWO DEWO JAWOTO TALISANTIKO BAWONO
☑️PRASIDO SIDIKORO ING SASONO ASMORO LOYO
☑️SRI NARENDRO KOLOSEBO WINISUDO ING GEGONO
☑️DATAN GINGSIR SEWU SEWU WARSO

(Sesungguhnya tidak ada tali sakti yang dapat mengikat sembilan dimensi bumi, kecuali talinya para kestriya yang memiliki kesaktian berupa sifat bersahaja, berbudi pekerti mulia, senang berbagi kebaikan dan tidak gentar memperjuangkan kebenaran ajaran TUHAN, dan mereka sangat pantas mendapat anugerah mahkota sebagai para Raja pembawa kesejahteraan dunia, bahkan seluruh Malaikat yang ada dilangitpun mengaguminya dan sejarah akan mencatat derajat mereka sebagai hamba yang teristimewa, dan ketahuilah wahai saudaraku, seandainya kita hidup bersama para Raja itu sungguh rasanya lezatnya kebahagian itu tidak bisa di ungkapkan walau kita hidup seribu tahun lamanya)

Bantahan dari Channel Youtube Gerbang Nusantara

KIDUNG WAHYU KOLOSEBO Bukan Ciptaan Sunan Kalijogo.Tidak Pula Kidung Peninggalan Wali Songo. Kidung Ini Diciptakan Di Abad Sekarang. Bukan Dari Hasil Copy Paste Buku Kuno, Bukan Hasil Plagiatisme, Bukan Pula Hasil Dari Mengaku-ngaku Hak Cipta Orang Lain.

Kidung Wahyu Kolosebo Secara Murni Diciptakan Oleh Sri Narendra Kalaseba. Disusun Selama 9 Tahun Lamanya. Dipersembahkan Untuk Para Perindu Tuhan-Nya.

Jika Ada Yang Menyatakan Bahwa Kidung Wahyu Kolosebo Adalah Ciptaannya Sunan Kalijogo Atau Mengklaim Sebagai Peninggalan Wali Songo, 100% Pernyataan Dan Pendapat Tersebut Hoax (Bohong).

Kami Sebagai Chanel Pengunggah Pertama Video Kidung Wahyu Kolosebo Di YouTube, Tidak Bertanggung Jawab Dunia Akhirat, Soal Beredarnya Berita Yang Salah Kaprah Tentang Kidung Wahyu Kolosebo Yang Mengundang Kesalahpahaman, Bahkan Berujung Perdebatan.

Sri Narendra Kalaseba (Pencipta Kidung Wahyu Kolosebo) Adalah Seorang Remaja Yang Selama Bertahun-tahun Hingga Detik Ini, Memiliki Peran Aktif Sebagai Penggiat Sekaligus Pelestari Seni Dan Budaya Nusantara.

Pencipta Kidung Wahyu Kolosebo Selama Bertahun-tahun Pula Menolak Semua Tawaran Manggung / Tidak Berkenan Membawakan Tembang Ciptaannya Sendiri Secara Live Di Atas Panggung (Menolak Jadi Artis). Karena Kidung Wahyu Kolosebo Yang Dia Ciptakan Ini Baginya Adalah Tembang Sakral. Meskipun Demikian Pencipta Kidung Wahyu Kolosebo Tidak Melarang Bagi Siapapun Yang Berkenan Melantunkan Tembang Ciptaannya (Monggo/Silahkan).

Link Facebook Pencipta Kidung Wahyu Kolosebo : 

•TERJEMAH KIDUNG WAHYU KOLOSEBO || LENGKAP•➡️ Sekiranya Bisa Dijadikan Sebagai Refrensi Karya Tulis Tentang Riwayat,…

Posted by Sri Narendra Kalaseba on Saturday, July 27, 2019