by

Siapa Sudah Gunakan Gutenberg Editor Andalan WordPress Versi 5.0?

Leantoro.com. Siapa Sudah Gunakan Gutenberg Editor Andalan WordPress Versi 5.0?. Kaget, itulah yang terjadi kepada pemilik blog Bennisobekti.com, karena tiba-tiba saja dasboard WP nya berubah jadi “aneh” hal itu, saya ketahui dari Benni yang inbox di messenger FB saya dan mempertanyakan perihal perubahan dasboard WP nya terutama pada bagian post editor.

Setelah saya amati ternyata itulah tampilan Gutenberg Editor yang kini jadi Andalan WordPress Versi 5.0. Jadi ternyata si Benni gak sengaja klik Gutenberg yang muncul di dasboard WP.

Pada dasarnya Gutenberg adalah teks editor WordPress yang terbaru. Namanya berasal dari penemu mesin cetak, Johannes Gutenberg.

Penemuan ini akhirnya menciptakan revolusi dalam penulisan kata terutama pada WordPress dan berharap dengan adanya tools ini, mampu melakukan perubahan yang lebih dalam pada editor WordPress.

Tujuan penggunaan Gutenberg pada editor WordPress adalah untuk menambahkan konten yang beragam ke situs WordPress Anda dengan proses yang sederhana dan intuitif.

Dibanding editor post klasik, menggunakan Gutenberg akan membuat konten blog Anda menarik. Ada banyak hal yang akan diperkenalkan Gutenberg ke WordPress.

Keunggulan Utama Gutenberg Editor pada WordPress

1. Hadir Dalam Bentuk Plugin

Saat ini Gutenberg hadir berbentuk plugin yang memiliki beberapa ribu pemasangan dan peringkat bintang yang cukup rendah. Namun, peringkat ini berlaku untuk versi yang sedang ditinjau, bukan versi akhir Gutenberg. Pembaruan versi ini akan berlaku dengan peluncuran WordPress 5.0.

2. Semakin mudah saat akan menambahkan dan menyematkan konten blok

Salah satu elemen inti pembaruan ini adalah memudahkan penambahan dan penyematan blok konten. Tujuan dari blok konten ini adalah untuk menyederhanakan proses penyesuaian situs.

Anda akan dengan mudah memiliki akses ke blok konten yang umum seperti paragraf, judul, dan gambar, format teks, layouts, dan widget.

Dalam hal penyematan, Anda akan dengan cepat dan mudah menambahkan media dari berbagai situs, ke situs Anda yang sudah ada, seperti Twitter, Facebook, Soundcloud, Reddit, dan banyak lagi.

3. Memiliki Fungsi Drag-and-Drop

Biasanya pembuat website menciptakan website dengan proses yang sangat intuitif. Anda tidak perlu menggunakan shortcode, widget, HTML khusus, atau plugin untuk menyesuaikan situs Anda.

Dengan pembaruan Gutenberg, yang harus Anda pelajari dan manfaatkan adalah blok konten/ content blocks. Anda akan dapat menambahkan elemen konten hanya dengan dragging dan dropping, serupa dengan post editor versi Medium.

Blok ini akan memungkinkan Anda menyelesaikan semua tugas, tanpa harus menguasai dan mengintegrasikan hal-hal seperti plugin, shortcode, dan widget

Siap Beralih ke Gutenberg?

Pergeseran editor Klasik ke Gutenberg menandai perubahan besar dalam perilisan WordPress. Saat ini, rilisan WordPress akan fokus pada penambahan lebih banyak fitur yang membuat penulisan dan penerbitan menjadi lebih sederhana.

Tujuannya adalah untuk meminimalkan penggunaan third-party plugin dan menggabungkan fitur-fitur tersebut ke dalam inti WordPress itu sendiri.

Namun perlu diingat bahwa bentuk plugin Gutenberg saat ini bukanlah bentuk akhir walau sebagian besar kritik yang ditujukan untuk Gutenberg diarahkan pada versi yang belum selesai ini.

Jadi perjalanan Gutenberg sesuai dengan ideal masih panjang.. (mungkin)

Pertanyaan Umum tentang Gutenberg

Karena Gutenberg masih dalam tahap pengujian, tentu saja akan ada banyak pertanyaan. Kami membahas beberapa pertanyaan paling umum di bawah ini.

Kapan Gutenberg akan diluncurkan?

Gutenberg akan diluncurkan bersamaan dengan pembaruan WordPress 5.0. Namun belum ditentukan tanggal rilis yang pasti untuk peluncuran pembaharuan ini. Kemungkinan dijadwalkan tahun ini.

Apakah saya masih dapat menggunakan editor klasik?

Editor Gutenberg akan menjadi editor default. Namun sudah ada beberapa plugin yang akan menyoroti perubahan Gutenberg seperti Classic Editor.

Gutenberg akan memiliki opsi yang disebut Classic Editor, yang meniru tampilan postingan dan halaman editor yang ada saat ini.

Bagaimana cara mengintegrasikan ke WordPress?

Ada banyak pembahasan dan feedback mengenai integrasi Gutenberg. Beberapa menyarankan untuk dimasukkan ke dalam Jetpack. Namun tampaknya Gutenberg akan menggantikan editor TinyMCE untuk menambah kelancaran dalam pembuatan laman post.

Bagaimana dengan plugin yang sudah ada?

Gutenberg akan mengubah plugin WordPress tertentu untuk dikembangkan dan diintegrasikan dengan post editor.

Gutenberg akan menggantikan editor teks WordPress versi klasik. Jika Anda ingin memahami cara menggunakan Gutenberg, Anda dapat memasang plugin dan merasakan cara kerjanya seperti yang dilakukan pemilik bennisobekti.com

Gutenberg memiliki potensi untuk menciptakan revolusi bagaimana konten dibuat dan diedit di WordPress, meskipun tentu akan merubah hal-hal di dalam backend.

Harapan terbesar adalah Gutenberg akan mengubah masa depan WordPress menjadi lebih baik. Nah, kawan-kawan, siapkah berpindah ke Gutenberg?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments