by

Inilah 5 Fakta MariSilicon X, NPU Canggih di Oppo Reno8 Pro 5G

Leantoro.com. Inilah 5 Fakta MariSilicon X, NPU Canggih di Oppo Reno8 Pro 5G. Saat ini Oppo terbilang sangat berhasil untuk menjadi sebuah brand hi-tech, sehingga tidak berhenti berinovasi demi mewujudkan komitmennya dalam menghasilkan produk terbaik. Salah satunya dengan meluncurkan neural processing unit (NPU) pertamanya, yaitu MariSilicon X.

MariSilicon X dibuat dengan tujuan untuk membantu pengolahan pencitraan pada perangkat smartphone Oppo menjadi jauh lebih baik dan lebih cepat, namun tetap irit daya.

Oppo Find X5 Pro menjadi salah satu perangkat smartphone Oppo yang telah disematkan NPU MariSilicon. Selain ponsel ini, MariSilicon X juga dipasang pada perangkat terbarunya, yaitu Reno8 Pro 5G.

Hal itu terungkap dalam unggahan video pada akun resmi media sosial Oppo Indonesia. Video ini memberi teaser potongan kamera Reno8 Pro 5G dengan tulisan “Powered by MariSilicon”.

NPU premium MariSilicon X saat ini memang dikhususkan hanya untuk perangkat flagship, yakni Oppo Find X5 Pro 5G. MariSilicon X akan disematkan juga pada perangkat Reno8 Pro 5G yang sebentar lagi akan diperkenalkan resmi di Indonesia

Inilah 5 Fakta MariSilicon X, NPU Canggih di Oppo Reno8 Pro 5G

1. Penggunaan NPU MariSilicon percepat pencitraan 

NPU merupakan bagian yang tak terpisahkan dari central processing unit (CPU) dan graphic proseccing unit (GPU). Kedua komponen tersebut umumnya menjadi kesatuan yang disebut sebagai system-on-a-chip (SoC).

Para pengembang chipset akan menambahkan random access memory (RAM) double data rate synchronous dynamic (DDR) bandwidth untuk mendukung kinerja sebuah SoC. Penambahan RAM dapat membuat pengolahan gambar berlangsung lebih lama dan boros daya.

Kehadiran MariSilicon X dapat membantu pemrosesan pencitraan berlangsung lebih cepat pada smartphone Oppo. tim pengembang Oppo menyematkan RAM Extra DDR Bandwidth Dedicated dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 gigabita per detik (Gbps) yang dibuat eksklusif untuk chipset MariSilicon X.

Oppo mengklaim bahwa arsitektur memori multi-tier yang tertanam di dalam MariSilicon X itu mampu menurunkan delay dan mengurangi konsumsi daya.

2. Penggunaan NPU MariSilicon X lebih hemat daya

NPU MariSilicon X diciptakan Oppo dengan berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi kecerdasan buatan. Proses menghasilkan sebuah gambar pada smartphone kerap menimbulkan permasalahan daya.

NPU MariSilicon X diklaim mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt. Sehingga MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai yang besar.

3. NPU MariSilicon X Hasilkan foto dengan kualitas mumpuni

Penggunaan NPU MariSilicon X pada perangkat smartphone Oppo berpengaruh terhadap foto yang dihasilkan. Chipset ini dilengkapi teknologi ISP terbaru yang memungkinkan kamera smartphone menangkap gambar dengan dynamic range empat kali lebih tinggi ketimbang Oppo Find X3 Pro.

ISP yang digunakan pun didukung teknologi ultra high dynamic range serta mampu memberikan rasio kontras 1.000.000:1 pada area gambar yang paling terang dan tergelap.

Pengguna pun tak perlu khawatir saat mengambil obyek foto atau video di depan sumber cahaya kuat. Sebab, teknologi ultra high dynamic akan tetap memberikan struktur wajah yang jelas dengan warna alami.

NPU MariSilicon X juga memberikan hasil foto yang mumpuni dan lebih realistis. Ini berkat peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih kelas dan kecepatan pemrosesan file mentah dua kali lebih cepat.

Penggunaan MariSilicon X juga memengaruhi hasil potret malam hari atau kondisi minim cahaya. Dengan algoritma RAW terbaru, chipset ini dapat melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna RGB.

4. NPU MariSilicon X Mampu kurangi bintik foto

Masih berkaitan dengan fotografi, Oppo Research Institute juga menyematkan algoritma advanced artificial intelligence noise reduction (AINR) pada MariSilicon X. Algoritma ini mampu mendeteksi dan mengurangi bintik foto (noise) pada setiap frame, serta memproses gambar secara piksel per piksel.

Selain itu, AINR juga dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi noise hingga 20 kali lebih cepat.

5. NPU MariSilicon X Hasilkan video malam lebih tajam

Selain pada foto, NPU MariSilicon X juga dapat menghasilkan video 4K dengan kualitas terbaik layaknya kamera profesional hanya menggunakan smartphone.

Pengguna smartphone yang telah menggunakan chipset MariSilicon X dapat mengambil video dengan jelas dan penuh detail pada malam hari atau kondisi minim cahaya.

Chipset besutan Oppo tersebut dapat memaksimalkan fitur real-time pengolahan fail RAW dan menampilkan video 4K 20 kali lebih cepat.

Penambahan fitur 4K Ultra Bight Video, Ultra Dark Video, serta Ultra Night Pro pada smartphone flagship dari Oppo juga membuat pengguna mampu menangkap detail video pada malam hari yang lebih realistis tanpa efek berlebihan serta pencahayaan menakjubkan.

Itulah lima hal menarik yang akan didapatkan pengguna saat menggunakan smartphone Oppo yang sudah disematkan NPU MariSilicon X, termasuk Oppo Reno8 Pro 5G.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.