by

Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan Online dan Offline

-Kesehatan, News-732 views

Leantoro.com. Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan Online dan Offline. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang bingung saat hendak memindahkan atau mengubah Fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan.

Meskipun Cara Ganti faskes BPJS Kesehatan ternyata cukup mudah, namun karena budaya literasi yang rendah, banyak warga negara indonesia diliputi kecemasan jika berurusan dengan birokrasi dan prosedur termasuk prosedur ketika ingin memindahkan faskesnya.

Kini, cara ganti faskes BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online maupun bisa datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Faskes BPJS Kesehatan adalah tempat dimana peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkan layanan kesehatan. Faskes ini bisa berupa puskesmas, klinik kesehatan, maupun dokter umum.

Faskes BPJS Kesehatan ini akan menjadi tujuan pertama saat peserta membutuhkan layanan kesehatan. Jika faskes pertama tidak bisa memenuhi layanan yang dibutuhkan, maka mereka akan mengeluarkan surat rujukan.

Oleh karenanya, faskes BPJS Kesehatan harus dipilih dengan cermat. Cari faskes yang terdekat dan mudah diakses dari tempat tinggal supaya ketika ada kondisi darurat bisa mudah didatangi.

Cara ganti faskes BPJS Kesehatan ini bisa dilakukan jika peserta merasa tidak puas dengan layanan di tempat faskesnya atau ketika peserta pindah tempat tinggal dan jauh dari faskesnya.

1. Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan online

Cara pindah faskes BPJS Kesehatan online, sangat mudah Anda tinggal menggunakan aplikasi JKN Mobile yang bisa diunduh melalui PlayStore ataupun App Store:

  1. Buka aplikasi JKN Mobile dan login aplikasi menggunakan NIK KTP atau nomor kartu BPJS Kesehatan.
  2. Namun jika belum pernah menggunakan aplikasi JKN Mobile sebelumnya bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pilih daftar dan pendaftaran pengguna mobile. Isi NIK KTP atau nomor BPJS Kesehatan, nomor ponsel, dan password aplikasi. Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.
  3. Kemudian login dan masuk ke halaman utama, pilih “Ubah Data Peserta.”
  4. Pilih nama peserta yang akan pindah faskes.
  5. Setelah muncul jendela pop up bertuliskan “Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama”, segera isi data faskes pengganti yang diinginkan.
  6. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa data sudah berhasil diubah.

2. Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan offline melalui Kantor BPJS Kesehatan terdekat

Nah, jika Anda terkendala dengan sistem online, sementara harus berganti ke faskes terdekat dengan rumah Anda, maka bisa juga mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat di Kota Anda tentu saja dengan membawa persyaratan atau berkas-berkas yang dibutuhkan.

  1. Bawa dokumen pelengkap seperti e-KTP, kartu JKN KIS, dan kartu keluarga.
  2. Di kantor cabang BPJS Kesehatan, ambillah nomor antrean loket pelayanan.
  3. Isilah data di Formulir Daftar Isian Peserta (FDIP) secara lengkap.
  4. Isi pula kolom faskes baru yang dikehendaki.
  5. Tunggu hingga proses selesai dan petugas menyatakan bahwa data sudah diubah.

Selain kedua cara di atas, cara ganti faskes BPJS Kesehatan bisa melalui Pandawa. Namun untuk bisa mengakses Pandawa, harus mengetahui terlebih dahulu nomor Pandawa kantor cabang BPJS Kesehatan di domisili peserta BPJS Kesehatan.

Cek Status Faskes BPJS Kesehatan setelah di pindah.

Setelah berhasil melakukan cara ganti faskes BPJS Kesehatan ini, kartu BPJS Kesehatan baru bisa digunakan satu bulan setelah pergantian faskes.

Adapun cara cek BPJS Kesehatan milikmu berhasil berganti faskes melalui aplikasi JKN Mobile adalah sebagai berikut:

  1. Buka dan login aplikasi JKN Mobile.
  2. Pilih “Peserta”.
  3. Lalu akan muncul rincian nama peserta, nomor BPJS Kesehatan, status keanggotaan, tanggal lahir peserta, kelas BPJS Kesehatan, dan lokasi faskes.
  4. Jika lokasi faskes BPJS Kesehatan masih belum terganti, maka bisa mengulangi langkah cara ganti faskes BPJS Kesehatan di atas atau menghubungi customer service BPJS Kesehatan.

Sementara itu, cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak pun dapat dilakukan melalui aplikasi JKN Mobile yaitu:

  1. Buka dan login aplikasi JKN Mobile.
  2. Pilih “Peserta:
  3. Lalu akan muncul rincian nama peserta, nomor BPJS Kesehatan, status keanggotaan, tanggal lahir peserta, kelas BPJS Kesehatan, dan lokasi faskes.

Dengan aplikasi tersebut peserta BPJS Kesehatan juga bisa cek BPJS Kesehatan miliknya sudah dibayar iurannya atau belum.

Sangat mudah melakukan cara ganti faskes BPJS Kesehatan dan cara cek BPJS Kesehatan secara online menggunakan aplikasi JKN Mobile. Jika masih bingung dan gagal setelah mengikuti cara di atas maka peserta bisa menghubungi customer service BPJS Kesehatan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.