Syarat Mendapatkan STB TV Digital Kominfo Gratis Gak Pakai Bayar

News, Teknologi1,175 views

Leantoro.com. Syarat Mendapatkan Set Top Box TV Digital Kominfo Gratis Gak Pakai Bayar. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menyalurkan bantuan Set Top Box (STB) agar bisa menikmati siaran TV digital.

Ini Cara Mendapatkan STB TV digital Kominfo

Kominfo menyebutkan ada 6,7 juta STB untuk keluarga tidak mampu yang terdampak penghentian TV analog menjadi digital ini. STB tersebut dibagikan bagi penerima manfaat yang sudah memiliki perangkat televisi, namun masih TV analog.

Set Top Box atau STB adalah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar dapat ditampilkan ke TV analog. STB juga sering disebut dekoder atau receiver.

“Pemerintah dan swasta, terutama pemenang Mux, punya komitmen untuk subsidi STB kepada keluarga miskin. Ada sekitar 6,7 keluarga miskin, kita asumsikan ada tujuh keluarga miskin di Indonesia,” ujar Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurnia.

Gery menjelaskan apabila penyaluran bantuan set top box gratis dari pemerintah akan disalurkan pada Januari 2022, sedangkan dari penyelenggara mux secara bertahap.

“Pembagian STB sebelum tahapan ASO. Kesepakatan dengan teman-teman swasta, STB sudah diberikan satu bulan sebelumnya. Misalnya, ASO tahap pertama pada 30 April 2022, maka 30 Maret 2022 sudah diberikan kepada penerima manfaat,” kata Gery.

Kominfo akan menghentikan siaran TV analog mulai tahun depan yang dibagi ke dalam tiga tahap, dimulai 30 April 2022. Target siaran TV digital mengudara seluruh wilayah Indonesia pada 2 November 2022.

Syarat Mendapatkan STB Gratis TV digital

  • WNI dengan KTP Elektronik
  • Rumah tangga miskin yang memiliki televisi,
  • Terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data perangkat daerah bidang sosial
  • Lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang akan terdampak ASO

Data keluarga miskin tersebut Kominfo peroleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial.

Setelah data penerima bantuan tersebut sudah valid, pemerintah akan mendistribusikan set top box dari penyelenggara pemerintah.

Cara mendapatkan set top box TV digital gratis

  • Disalurkan lewat PT Pos
    “Posisi saat ini, sedang dalam tahap validasi. Nanti kolaborasi dengan swasta, masyarakat tidak perlu mengantre karena sudah ada data base. Nanti kolaborasi dengan PT Pos (STB) dibagikan seperti bansos,” ungkap Gery.
  • Ada undangan untuk menerima STB
    “Masyarakat miskin nanti diberikan undangan menerima STB ini, bisa sifatnya door to door atau ditempatkan kelurahan, RW, maupun RT sekaligus nanti kita demo untuk pemasangan STB,” sambungnya.
    Semula rencana migrasi TV analog ke digital akan dilakukan pada 17 Agustus kemarin. Hanya saja, pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan masukan dari publik, penghentian TV analog diundur jadi tahun depan.

Tahapan Suntik Mati TV Analog

Tahap 1 suntik mati TV analog dimulai pada 30 April 2022.
Tahap 2 suntik mati TV analog pada 31 Agustus 2022
Tahap 3 suntik mati TV analog pada 2 November 2022.