Inilah 10 Prediksi Kelebihan Utama Android P, Download dan Rasakan Sensasinya

Posted on 30 views

Leantoro.com. Inilah 5 Prediksi Kelebihan Utama Android P. Apa seh Android P itu ? pertanyaan ini pasti akan muncul secara otomatis dalam benak banyak orang.

android p
android p

Android P adalah sistem operasi android terbaru versi 9.0 yang menggantikan Android 8.0 atau Android Oreo, meski saat ini belum resmi, dan belum ada nama camilan yang akan disematkan dalam Android P ini, sudah barang tentu membuat penasaran android mania

Lantas apa yang baru atau fitur terbaru sebagai prediski kelebihan utama Android P?
Berikut ulasannya seperti dikutip Engadget:

1. Android P dipastikan memiliki sistem keamanan terbaru yang mampu mencegah aplikasi mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon smartphone, menyusul saat ini beredar malware yang bisa merekam suara latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

2. Android P akan mendukung tren notch (tonjolan) smartphone dan fitur multiple screen yang membuat pengguna bisa melakukan lebih dari satu aktivitas pada layar yang sama. Namun, fitur mode malam (dark mode) yang banyak dinantikan, kabarnya belum akan tersedia pada versi ini. semoga saja setelah rilis ada ya… hehee

3. Android P mendukung layanan profil bluetooth HID yang dapat menyulap perangkat menjadi keyboard QWERTY atau mouse berbasis bluetooth. Fitur itu telah muncul pada 2014, saat anggota forum CodeAurora dari Qualcomm mendaftarkan patch untuk bluetooth HID.

4. Android P juga akan memiliki tampilan antarmuka (UI, User Interface) yang baru dan menyenangkan. Bloomberg melaporankan antarmuka Android P dirancang sedemikian rupa seperti iOS untuk “menggoda” pengguna iPhone berpaling ke perangkat Android.

“Salah satu fokus utama pembaruan Android P tahun ini adalah ingin mengajak lebih banyak pengguna iPhone untuk berganti perangkat ke Android. Upaya tersebut dilakukan dengan peningkatan tampilan antarmuka software,” tulis laporan tersebut.

Baca Juga:  Apa Itu GDPR : Definisi, Tujuan, Waktu Penerapan, Dampak dan Syarat General Data Protection Regulation

5. Google akan meningkatkan kemampuan Google Assistant pada Android P.

6. Menurut XDA Developers, Android 9.0 P akan hadir dengan opsi yang lebih canggih untuk memblokir phone scam (penipuan lewat panggilan telepon).

Android Oreo telah membuat pengguna bisa memblokir nomor tertentu dengan memasukkannya dalam daftar. Nantinya, Android P memungkinkan pengguna bisa langsung memblokir telepon dari semua nomor tak dikenal, nomor pribadi, telepon umum, atau nomor yang tidak ada dalam daftar kontak Anda.

7. Merekam pembicaraan telepon

Fitur ini sangat penting para jurnalis. Android P bisa merekam pembicaraan telepon tanpa adanya aplikasi khusus. Fitur yang muncul dalam Android Open Source Project (AOSP) ini akan mengeluarkan bunyi yang berulang setiap 15 detik jika pembicaraan telepon itu direkam. Dengan demikian, penelepon dan orang yang ditelepon akan mengetahui bahwa pembicaraan itu direkam, sehingga fitur tersebut tidak bisa disalahgunakan.

8. indoor positioning seakurat google maps

Android akan makin canggih dengan menambahkan detail posisimu di dalam ruangan/gedung. Harapannya pun kamu tidak akan kesasar di dalam gedung karena petunjuknya akan sebagus saat berada di luar ruangan.

Dengan bantuan Round-Trip-Time WiFi, hal ini jadi memungkinkan. Fitur 802.11 mc ini akan memungkinkanmu tahu seberapa jauh posisimu dari akses poin WiFi yang terhubung denganmu, dengan ini juga developer bisa menggunakan datanya untuk menampilkan posisimu secara akurat, di dalam ruangan.

9. Sistem notifikasinya akan terus berkembang
Para developer Google membuat percakapan di gawaimu lebih mudah, dengan notifikasi yang ditambahi berbagai fasilitas praktis. Attachment gambar dan stiker sekarang muncul di baris notifikasi. Ini meningkatkan pengalaman berbalas pesan singkat secara drastis. Selain itu juga memungkinkan hanya sebuah notifikasi bisa menyampaikan gambaran pesan lengkapnya, tapi tetap dalam bentuk singkat.

Baca Juga:  Apa Itu GDPR : Definisi, Tujuan, Waktu Penerapan, Dampak dan Syarat General Data Protection Regulation

10. Android P akan sangat mendukung layanan multi-kamera

Beberapa ponsel Android memiliki banyak kamera di bagian depan atau belakang baru-baru ini, tetapi sangat sedikit dari mereka yang dapat bekerja secara bersamaan.

Google menambahkan API bagi developer untuk menjelajahi dunia, di mana beberapa kamera memungkinkan digunakan pada saat yang bersamaan.

Kemungkinannya beragam, dari sistem penginderaan mendalam menggunakan beberapa kamera ke mode potret live ala iPhone/iPad, atau bahkan menggunakan kamera standar dan kamera termal pada saat yang sama untuk melapisi dua gambar.

Selain itu, Google menambahkan dukungan tambahan aplikasi untuk menggunakan stabilisasi gambar dan flash berbasis tampilan, seperti aplikasi kamera utama di ponselmu. Intinya adalah kamera ketiga akan terus menjadi lebih baik.

Sesuai tradisi, smartphone pertama yang akan merasakan kehebatan Android P adalah Google Nexus dan Google Pixel terlebih dahulu.

Bagi yang penasaran ingin merasakan pengalaman menggunakan Android P ini, kamu sudah dapat mencoba Android P versi Beta yang sudah tersedia untuk beberapa perangkat.
Berikut daftar ponsel yang sudah mendukung Androd P versi Beta selain : Google Nexus, Google Pixel, dan Google Pixel 2, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, OnePlus 6, dan Essential PH‑1
Belum diketahui secara pasti kapan Android P versi penuh dan penamaan sesungguhnya akan dirilis, tetapi besar kemungkinan itu terjadi pada akhir tahun 2018.
Sambil menunggu versi stabilnya hadir di tengah kita semua, ada baiknya kamu merasakan sensasi baru dengan Download Android P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *