Inilah Cara Mudah Membuat Denah Rumah dengan Microsoft Excel 2007

Posted on 147,771 views

Leantoro.com. Inilah Cara Mudah Membuat Denah Rumah dengan Microsoft Excel 2007. Hem.. mungkin teman-teman merasa heran dengan judul tersebut ya, apakah benar saya membuat denah rumah hanya dengan menggunakan MS Excel 2007?

gambar denah rumah dengan excel 2007
gambar denah rumah dengan excel 2007

Yap, tentu saja, hal tersebut saya lakukan tentu dengan beberapa alasan klasik antara lain :

Alasan Klasik Menggunakan Excel Untuk Membuat Denah Rumah
– Jujur saja, saya gak memiliki kemampuan untuk menggambar manual seperti para arsitek jaman dulu yang menggunakan meja kerja / papan kerja yang dilengkapi penggaris dan alat gambar
– Jujur saja, saya juga tidak memiliki kemampuan untuk menggambar dengan software desain rumah baik yang paling mudah sekalipun
– Jujur saja, saya coba menggambar dengan kertas, pensil dan penghapus alhasil diketawain Istri saya bahkan kertasnya malah dirobek-robek oleh anak saya.
– Jujur saja, saya cuman bisa menggunakan Excel 2007 untuk menggambar dan menghitung
– Tentu saja, saya pengen irit karena jasa pembuatan denah rumah pastinya mahal dunk

Nah, dari alasan tersebut maka saya membuat denah rumah untuk Keluarga Kecil saya dengan Microsoft Excel 2007. Pengennya saya memberikan tutorial cara membuat denah rumah dengan excel namun, berhubung saya gak gapah mengolah kata semoga saja dengan tulisan ini bisa menjadi wacana dan ujicoba bagi teman-teman semua.

Excel 2007, atau versi lainnya merupakan salah satu tools yang powerfull bisa untuk meringankan kerja kita dalam segala perhitungan, namun kita juga bisa menggunakan Excel 2007 untuk mendesain sesuatu termasuk denah rumah. Tidak terlalu sulit untuk membuat denah rumah dengan excel, yang dibutuhkan hanya semangat dan kreatifitas kita saja, tapi ada juga yang bisa mbikin puyeng isi kepala kita juga jika gak ngerti hehehehe.

Persiapan Membuat Denah Rumah dengan Excel 2007 yang perlu dilakukan antara lain:
1. Ukur dahulu tanah yang teman-teman miliki yang tentunya akan didirikan rumah teman-teman sssttt jangan mengukur tanah orang lain atau tanah tetangga sebelah ya…
2. Coret-coret dahulu draft denah rumah dengan pensil
3. open your laptop or PC dan buka MS Excel teman-teman terserah dengan versi berapapun mau yang bajakan atau original.
4. siapkan snack dan minum karena bakalan lumayan lama didepan layar laptop/PC
5. saya seh mengerjakannya ketika malam hari, pas hening gitu, anak dan istri udah bubu.

Nah, untuk project pembangunan rumah keluarga kecil saya, dan mengakomodir harapan istri tercinta yang pengen rumahnya sederhana tapi kokoh tentu rumah sehat, dengan bagian belakang adalah berlantai dua dengan angan-angan untuk kantor bagi anak buah cie cie boss kali ye,, heheh bukan maksud saya untuk yang bantu saya posting di portal berita yang saya kelola.

Okelah kembali ke laptop, persiapan sudah dilakukan langsung take action ya broo and sist, jangan cuman di pandangi saya layar kerja atau worksheet Excel nya..

Langkah Membuat Denah Rumah dengan Excel 2007
1. Buka Worksheet Excel dan block seluruh row dan column excel
2. Geser ke kiri column worksheetnya hingga tepat di angka width row nya jadi 3,00 atau 26 pixel

3. Ingat, ditahap persiapan kita sudah ukur tanah nya khan, pasti sudah dapat itu hitungan Panjang dan Lebar tanah
dan, untuk tanah yang akan kami dirikan bangunan adalah tanah dengan panjang 13 m dan lebar 13 m
4. kita blok dulu ya sesuai ukuran itu dengan perbandingan 1 row = 0.5 meter
5. sehingga kita butuh panjang 26 row dan lebar 26 row, nah untuk mempermudahnya kita bisa berikan angka di row nya mulai dari 1-13 meter untuk panjang dan lebarnya 1-14 meter


6. Nah, sebelum mengambar tentunya kita sudah merekayasa sebelumnya bahwa pembagian tanahnya untuk kamar dan ruangan lainnya disesuaikan dengan keinginan kita saya seh lebih suka dengan ketebalan LINE menjadi 5 jadi keliatan garisnya, hehehee.
7. Gunakan Tools LINE yang ada di menu bar INSERT > SHAPES > LINE untuk membuat garis yang diangap sebagai batas denah, atur ketebalan LINE sesuai selera, dan mulai letakkan LINE sesuai dengan alur denah atau draft sketsa awal kita
8. Untuk menggambar denah rumah dengan Excel ini, saya hanya menggunakan LINE, RECTANGLE untuk Balkon dan FLOWCHART DELAY untuk pintu kamar
9. Nah, gambar sudah selesai, bisa di cetak dan berikan kepada Tukang Bangunan yang akan mengerjakannya.
10. Untuk teman-teman yang ingin di gambarkan denah rumah nya baik sesuai keinginan atau hasil dari pemikiran saya silahkan untuk kirim email ke aaklean2010@gmail.com dengan subject email denah rumah, jangan lupa kirimkan juga ukuran tanah nya ya, untuk jasa saya ini silahkan berikan kami seikhlasnya, saya belum pasang tarif, jadi pengerjaannya jangan diburu-buru ya..

CATATAN PENTING : Denah rumah ini memang belum sesempurna dan sedetail dengan software desain rumah, tapi sudah bisa digunakan sebagai patokan untuk pembangunan rumah, dan tentu saja bisa disempurnakan kembali.

Inilah Inilah Cara Mudah Membuat Denah Rumah dengan Microsoft Excel 2007

gambar denah rumah dengan excel 2007
gambar denah rumah dengan excel 2007

3 thoughts on “Inilah Cara Mudah Membuat Denah Rumah dengan Microsoft Excel 2007

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *