4 Langkah Penting yang Wajib di Lakukan Setelah Blog diubah dari HTTP menjadi HTTPS

Posted on 47 views

Leantoro.com. 4 Langkah Penting yang Wajib di Lakukan Setelah Blog diubah dari HTTP menjadi HTTPS. Siapa sangka, dengan perubahan Algoritma baru dari google yang mengedepankan blog secure SSL membuat para blogger berbondong-bondong merubah Default URL nya dari http ke https.

Dengan merubah default URL blog maka tentu saja ada perubahan drastis yang terjadi pada blog. oleh sebab itu sebagai Blogger kita wajib juga melakukan 4 hal penting setelah blog berubah dari http menjadi https, apa saja ya yang perlu dilakukan ?

1. UBAH WORDPRESS ADDRESS (URL) dan SITE ADDRESS (URL)
Masuk ke Dasboard WordPress kemudian pilih General Setting lalu ganti saja WordPress Address (URL) yang semula http ganti menjadi https demikian juga dengan Site Address.

Ubah General Setting WordPress Address
Ubah General Setting WordPress Address

2. INSTAL PLUGIN WP FORCE SSL atau WORDPRESS HTTPS (SSL)
Hal ini bertujuan agar semua halaman, termasuk image, font dan lain-lainnya dapat ter-enkripsi dan tidak menampilkan error pada saat di load di browser, Kedua plugin tersebut bekerja dengan baik dan tidak perlu melakukan konfigurasi khusus. Anda dapat melakukan kustomisasi dengan menggunakan plugin tersebut jika Anda memerlukannya.

3. PERBAHARUI URL DEFAULT BLOG ANDA DI GOOGLE ANALYTICS
Hal tersebut wajib dilakukan blogger supaya pelacakan statistik dari google analytics yang telah dipasang sebelumnya pada blog di rekam secara akurat, oleh sebab itu perlu adanya pembaharuan URL Default dengan mengubah di Google Analytics dari yang sebelumnya URL HTTP menjadi HTTPS.

Langkahnya cukup mudah kok kawan, silahkan masuk ke panel google analytics blog Anda, kemudian masuk ke area Admin (berada di paling bawah sisi kiri layar) kemudian pilih Property Settings dan lakukan perubahan pilihan pada menu drop down Default URL dari http:// ke https://

Ubah http ke https di Google Analytics
Ubah http ke https di Google Analytics

Jika sudah selesai, pastikan untuk menyimpan pengaturan Anda. Untuk kode pelacakan dari Google Analytics yang Anda tambahkan ke blog baik Worpdress maupun blogspot akan tetap sama, jadi tidak perlu memperbarui apapun di coding blog.

4. BUAT PROPERTY BARU DI GOOGLE SEARCH CONSOLE
Tidak cukup sampai pada perubahan di Google Analytics, perubahan di Google Search Console melalui Google Webmaster pun wajib dilakukan, hal tersebut bertujuan memberitahukan bahwa blog anda telah berubah seting deafult urlnya menjadi https dari http sebelumnya. Sehingga Mesin Pencari terutama Google akan merubah perayapannya.

langkah membuat property baru di google search console tentu sangat mudah dan sudah menjadi asupan menu sehari-hari untuk blogger ya kawan, jangan sampai blogger membuat kesalahan ya.  Jadi kita cukup login dan masuk saja melalui Google Webmaster kemudian langsung klik Add Property

Pasang Property di Google Search Console
Pasang Property di Google Search Console

Setelah proses pembuatan property baru selesai, kita tetap perlu mengatur dasbooard di Search Console untuk hal yang perlu dilakukan adalah memasang sitemap baru yang telah berubah dari http ke https. Setelah selesai lakukan Fetch As Google

Setelah semua proses selesai di jalankan, maka secara otomatis semua data pada website Anda akan dikirimkan ke pengunjung Anda dengan socket SSL dan tentu Anda akan dapat segera menikmati posisi SEO yang baik di google karena google akan mengutamakan website-website dengan SSL di dalamnya, dan bersiaplah kebanjiran visitor di blog ya kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *