Inilah 6 Cara Optimasi SEO Yang Paling Mudah dilakukan Setiap Hari

Posted on 113 views

Leantoro.com. Inilah 6 Cara Optimasi SEO Yang Paling Mudah dilakukan Setiap Hari. Sulitkah optimasi SEO Blog? mungkin untuk para mastah Optimasi SEO atau search engine optimization bukanlah menjadi sesuatu yang sulit, namun untuk blogger yang masih mulai merintis blog perlu usaha dan kerja keras serta terus belajar untuk mengoptimal SEO Blognya.

6 Optimasi Seo Paling Mudah Dilakukan
6 Optimasi Seo Paling Mudah Dilakukan

Tenang, dalam tips optimasi SEO blog kali ini, kita akan meluangkan waktu kurang dari 10 menit dalam sehari (ingat loh kawan, dalam sehari, jadi teknik ini harus dilakukan setiap hari ya… jangan bolong-bolong, kudu rutin) dan mudah-mudahan jika kawan-kawan melakukannya dengan disiplin dalam sebulan akan nampak hasil yang bagus pada SEO Blog kawan-kawan di Search Engine.

1. Rajin Update Konten Blog
Sejak menceburkan diri di dunia blog hal yang pasti dan wajib dilakukan yah tentu saja publish konten (baik gambar, video atau artikel), apakah cukup seminggu sekali, cukup setahun sekali, cukup sebulan sekali? itu adalah pilihan mu kawan.

Namun dampak yang berbeda akan kawan-kawan rasakan apabila bisa mendisiplinkan diri untuk membuat konten dan mempublish kontent secara berkala karena jika mengupdate konten blog secara rutin setiap hari akan meningkatkan kepercayaan Search Engine terhadap blog kawan-kawan. Dan itu tentu membawa hal yang positif dan bisa menaikkan jumlah kunjungan visitor ke blog kawan-kawan.

Apakah konten yang di publish adalah konten sembarangan? tentu saja jangan lah, wajib konten yang memberikan manfaat kepada pembaca sehingga pembaca akan terus tergoda untuk kembali dan kembali lagi berkunjung dan membaca ke blog kawan-kawan.

2. Promosikan Konten Anda di Media Sosial
Nah, banyak yang beranggapan bahwa media sosial membawa dampak buruk pada SEO, hal tersebut tidak sepenuhnya benar menurut saya loh… ingat menurut saya. Secara teoritis, Media sosial membantu kita mengirim lalu lintas ke Blog kita. Serta memiliki counter share sosial yang tinggi yang akan memberi postingan dan otoritas situs Anda lebih banyak di mata pengunjung.

Jika Kawan-kawan memiliki ratusan tautan di media sosial, pembaca akan lebih cenderung mempercayai apa yang kita tulis. Dan hasilnya mereka cenderung membagikannya di akun media sosialnya, keluarga, ataupun teman, sehingga memperkuat jangkauan Anda.

Hal yang berdampak buruk yang sering terjadi adalah karena kesalahan blogger sendiri yang “Serakah” alias membabibuta menyebarkan link kontennya ke group atau fanspage miliki orang lain. Sehingga akan diangap sebagai Spam, hal itulah yang membuat blog kita justru akan di tinggalkan.

3. Perbaiki URL, Judul , dan Meta
Cobalah untuk menyederhanakan URL yang ada pada setingan blog kawan-kawan, sehingga lebih relevan dengan topik dan sertakan juga kata kunci di urlnya.

Selain tersebut, menentukan dan memperbaiki Judul dan deskripsi meta konten juga sangat diperlukan. Dengan membuat judul penasaran memungkinkan diklik oleh visitor dan deskripsi meta Anda lebih menarik, akan meningkatkan rasio klik dari tayangan hasil penelusuran di Search Engine.

4. Periksa Setiap Broken Link
Nah, ini yang jarang dilakukan, mugin karena sibuk ya, namun memeriksa link tautan internal maupun eksternal dari blog menjadi sangat penting bagi SEO.

Kawan-kawan bisa memasang plugin seperti Broken Link Checker (jika menggunakan wordpress) yang akan memeriksa broken link di situs Anda. Bisa juga memasang ekstensi Chrome yang juga disebut Broken Link Checker, yang akan memeriksa halaman dengan broken link.

Tak lupa untuk menambahkan tautan internal yang relevan didalam postingan di situs Anda. Apabila artikel di postingan tersebut berhubungan dengan artikel yang pernah ditulis sebelumnya, silakan dihubungkan. Hal ini akan menambah pageview dan tongkat kepercayaan Search Engine.

5. Analisis Pesaing Anda
Website Buzzsumo dan SEMRush, menjadi salah satu web yang bisa digunakan untuk menganalisa pesaing kawan-kawan, cukup mengetikkan URL pesaing Anda dan melihat konten mana yang paling populer dan kata kunci mana yang paling banyak menghasilkan lalu lintas.

Buzzsumo sendiri memiliki fitur bagus yang akan menunjukkan orang-orang yang berbagi konten tertentu. SEMRush juga akan memberi Anda data backlink dari artikel pesaing sehingga Anda bisa menjangkau orang-orang yang sama saat mempromosikan konten serupa.

6. Jangan lupa beri saran dan komentar yang membangun saat Blogwalking
Mengomentari dan memberi saran kepada blog lain sesungguhnya bukanlah cara terbaik untuk menambah backlink ke blog kita, namun yakinkan diri bahwa kita akan memberikan saran dan berkomentar yang membangun dan dilakukan dengan cara yang benar, hal tersebut bisa membantu membuka peluang meningkatkan pageview yang masuk diblog kita.

Nah, Mudah-mudahan Inilah 6 Cara Optimasi SEO Yang Paling Mudah dilakukan Setiap Hari dapat membantu Anda meningkatkan peringkat di mesin pencari dalam jangka panjang (ingat jangka panjang ya).

Dan perlu di ingat bahwa SEO merupakan sebuah metode atau langkah praktis dengan tujuan jangka panjang yang sangat dipengaruhi oleh perubahan-perubahan kecil yang kita lakukan setiap hari.

16 thoughts on “Inilah 6 Cara Optimasi SEO Yang Paling Mudah dilakukan Setiap Hari

  1. Ada batasankah untuk share artikel kemedia sosial, sebaiknya per harinya berapa??

    nah selain Facebook biasanya media sosial apa yang bisa mengasilkan banyak pengunjung.??

    atas penjelasannya haturnuhun

    1. saya pribadi maksimal 1 artikel share ke 5 fanspage. Gplus juga lumayan selain Fanspage tapi sekarang mulai tenggelam kalah dengan Fanspage dan group Facebook. bisa juga menggunakan twitter

        1. dampak positifnya pastinya visitor makin banyak gak hanya bersumber dari pencarian di mesin pencari, dampak negatifnya kadang invalid klik untuk adsense bisa meningkat karena perulangan ip yang klik iklan dari Fanspage. jika Sumbernya lebih banyak dari FB yah hasilnya kualitas blog di mata Mesin pencari jadi turun.

  2. Saya belum tindaklanjuti beberapa broken link nih mas lean. Pernah waktu itu cuma saya delete aja tapi kelihatannya belum hilang. Harus belajar lagi nih ttg broken link.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *