by

Whey Protein Shakes yang Baik Untuk Kekuatan Otot

-Kesehatan, News-Artikel Ini Telah dibaca 76 Kali

Leantoro.com. Whey Protein Shakes yang Baik Untuk Kekuatan Otot. Mengkonsumsi whey protein shakes memiliki banyak manfaat, khususnya bagi Anda yang sedang diet atau ingin menambah massa dan kekuatan otot.

Minum whey protein shakes dapat mengontrol nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori, sehingga baik untuk membakar lemak. Whey protein shakes sebagai suplemen yang diimbangi dengan latihan fisik juga baik untuk menambah massa otot tubuh dan menambah kekuatan otot.

Namun dari puluhan bahkan ratusan brand whey protein yang beredar, manakah yang sebaiknya Anda pilih? Ternyata tidak semua merk akan memberikan manfaat yang sama. Simak hal-hal berikut ini untuk membantu Anda mengetahui whey protein mana yang baik untuk kekuatan otot. 

Kenali Jenis Sumber Whey Protein yang Baik Untuk Anda

Sumber protein yang terkandung dalam whey protein shake terdiri atas 3 macam, yaitu whey protein concentrate, whey protein isolate, dan whey protein hydrolysate.

Whey protein concentrate memiliki kadar protein 70-85% dengan 15-30% karbohidrat dan lemak. Whey protein isolate memiliki kadar protein yang lebih tinggi, yaitu hingga 95%. Jenis whey protein isolate juga lebih aman bagi Anda yang memiliki lactose intolerance. Secara umum whey protein isolate akan lebih baik daripada whey protein concentrate. Namun, harganya juga umumnya lebih mahal.

Whey protein hydrolysate mengandung molekul protein yang telah terpecah sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun, biasanya rasanya lebih pahit.

Jadi, cermati jenis sumber protein yang terkandung dalam whey protein dan tentukan yang terbaik bagi tubuh Anda.

Tanpa Gula atau Pemanis Buatan

Tambahan pemanis buatan atau gula pada whey protein shakes memang akan membuat kita lebih berselera saat mengkonsumsinya. Namun Anda harus hati-hati, karena tambahan gula atau pemanis buatan akan menambah kalori, dan tentu efeknya menjadi kurang optimal terutama jika Anda juga perlu menurunkan berat badan.

Beberapa merk whey protein shake menggunakan pemanis buatan yang rendah kalori untuk mengatasi masalah ini. Tetapi pemanis buatan yang nol kalori pun ternyata memiliki efek yang kurang baik. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan rendah kalori dapat membunuh bakteri yang menguntungkan dalam usus. Belum lagi resiko bagi yang memiliki kadar gula tinggi atau diabetes. Jadi, lebih baik pilihlah whey protein shakes yang tidak mengandung gula atau pemanis buatan.

Mengandung Enzim Untuk Mencerna Protein

Whey protein shakes yang baik kadang memiliki kandungan enzim untuk membantu memecah protein sehingga semakin mudah diserap oleh tubuh. Penyerapan protein yang maksimal tentunya akan memberikan hasil yang maksimal juga saat Anda sedang fokus untuk membentuk dan menguatkan otot.

Rasio BCAA yang Baik

Beberapa merk protein shakes mengandung BCAA yang merupakan kependekan dari branched chain amino acid. BCAA menunjukkan kandungan 3 asam amino esensial pembentuk protein yang diperlukan untuk membentuk massa otot dan kekuatan otot. Asam amino tersebut adalah leusin, isoleusin, dan valine. Rasio yang disarankan para ahli untuk ketiga asam amino tersebut adalah dua bagian leusin, satu bagian isoleusin, dan satu bagian valine. BCAA dengan perbandingan asam amino 2:1:1 ini merupakan yang paling ideal untuk membentuk massa dan kekuatan otot, menurunkan berat badan, dan mengurangi kelelahan saat latihan.

Mengandung Sedikit Karbohidrat

Formula whey protein shakes kadang mengandung tambahan karbohidrat. Menurut para ahli, karbohidrat dalam whey protein shakes dapat meningkatkan kadar insulin, sehingga akan meningkatkan penyerapan asam amino, yang hasilnya pembentukan otot akan menjadi semakin optimal.

Jumlah karbohidrat yang disarankan adalah maksimal 3% dari kebutuhan karbohidrat harian dalam satu takaran saji whey protein shakes.

Mengandung Creatine

Saat target Anda adalah membentuk kekuatan otot, whey protein shakes yang mengandung creatine baik untuk Anda konsumsi. Creatine merupakan senyawa asam amino yang dapat mengurangi kelelahan otot saat latihan fisik. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa konsumsi suplemen whey protein yang mengandung creatine dengan latihan dapat meningkatkan ketebalan otot biseps sebanyak 20% dalam 6 minggu.

Perlu Anda ingat juga bahwa whey protein shakes adalah suplemen protein yang berasal dari sumber hewani. Jadi tidak cocok bagi vegan. Jika Anda vegan dan ingin mengkonsumsi protein shakes untuk kekuatan otot, pertimbangkan untuk memilih protein shakes dari protein nabati seperti hemp protein, brown rice protein, atau pumpkin seed protein.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed