by

Bagaimana Cara Agar Konten Muncul di Google Discover

-Blogging, Internet & Web, News, Software, Teknologi, Tutorial-Artikel Ini Telah dibaca 914 Kali

Leantoro.com. Bagaimana Cara Agar Konten Bisa Muncul di Google Discover. Google Discover tengah menjadi incaran para blogger dan webmaster yang mengelola konten atau artikel, karena jika Artikel bisa masuk Google Discover, maka bakalan dibanjiri visitor sehingga trafikpun akan melonjak berkali-kali lipat.

Apa Itu Google Discover

Google Discover merupakan fitur yang dikembangkan oleh google yang bisa diakses melalui smartphone dan muncul di browser chrome smartphone. Google Discovery ini menampilkan sejumlah berita atau artikel dibawah form pencarian google di chrome. Fitur ini sendiri terbilang sudah cukup lama ada, diluncurkan pertama kali sekitar akhir tahun 2018.

Google membuat pencarian gambar dan video jadi lebih cerdas. Ketika pengguna smartphone mencari sebuah video maka Google akan menampilkan cuplikan (preview) pada video yang sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Sedangkan untuk pencarian gambar, Google telah merombak sejumlah algoritma dan menambah kemampuan Google Lens untuk melakukan pencarian.

Pada Google Discover, Google dapat menyajikan ringkasan halaman beberapa artikel yang diperlihatkan kepada pengguna, dimana ringkasan tersebut merupakan daftar topik yang dapat digulir dan dapat dijelajahi pengguna di perangkat seluler mereka.

Google Discover menunjukkan kepada pengguna berbagai campuran konten berdasarkan interaksinya dengan produk atau konten Google yang mereka pilih untuk diikuti secara langsung.

Discover Google juga merupakan pusat konten yang sesuai dengan minat pembaca. Melalui laman ini terdapat fitur video, skor olahraga, pembaruan hiburan (seperti rilis film baru), harga saham, informasi acara (seperti nominasi untuk upacara penghargaan utama, atau jajaran festival musik yang akan datang), dan banyak lagi.

Singkatnya Google Discover merupakan sebuah fitur yang menampilkan rekomendasi artikel berbasis minat kita di Google Chrome (mobile) dan Google App.

Bagaimana Cara Agar Konten Muncul di Google Discover

Berikut ini penjelasan dari google agar artikel atau kontent baik dari blog seperti blogspot, atau website dapat muncul di google discover.

Menurut google Discover konten diberi peringkat secara algoritmik berdasarkan pendapat Google yang menurut pengguna paling menarik.

Pemeringkatan konten didukung oleh kekuatan kecocokan antara konten artikel dan minat pengguna, sehingga tidak ada metode untuk meningkatkan peringkat halaman Anda selain memposting konten yang menurut Anda menarik oleh pengguna.

3 Syarat Supaya Konten (Artikel, Video, Gambar) Bisa Muncul di Google Discover

  1. Baik website maupun blog seperti blogspot berhak tampil di Google Discover hanya jika diindeks oleh Google dan memenuhi kebijakan konten Google News.
  2. Buat konten yang menurut Anda menarik bagi pengguna
  3. Gunakan gambar berkualitas tinggi dalam konten Anda.

Jadi sebenarnya 3 syarat tersebut tampak sederhana dan gampang, namun hal itu sangat sulit dilakukan, untuk kaidah penulisan Google News banyak dari kita bisa melakukannya, juga menggunakan gambar bekualitas tinggi itu bisa dengan mudah dilakukan.

Namun, untuk point ke-2, tampaknya Google Discover “maunya” konten harus viral, banyak yang akses nah ini lah letak “paling sulitnya” membuat kontent bisa menjadi viral. Apalagi biasanya semua konten yang muncul di Google Discover hanya bertahan selama sekitar 3 hari dari tanggal publish. 

Dengan kata lain, waktu kita hanya sedikit untuk membuat konten menjadi viral. Lalu, apakah kita akan menyerah? Kamu menyerah? Saya menyerah? pilihan ada pada teman-teman semua. Namun berusaha menjadi lebih baik daripada hanya berdiam diri saja.

Demikian sedikit penjelasan tentang Bagaimana Cara Agar Konten Bisa Muncul di Google Discover Semoga ada manfaatnya, selamat mencoba, semoga sukses.

Comment

Leave a Reply

News Feed