Apa Itu PA dan DA Blog : Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Posted on 244 views

Leantoro.com. Apa Itu PA dan DA Blog dan Cara Meningkatkannya. Dalam SEO (Optimasi Search Engine) tentu kita mengenal Page Authority dan juga Domain Authority dalam suatu website. PA dan DA ini merupakan sebuah penanda yang menunjukan kepada kita seberkualitas apa sih website atau blog pribadi kita maupun teman-teman kita di search engine

Apa Itu PA dan DA Blog
Apa Itu PA dan DA Blog

Apa Itu PA dan DA dalam Teknik SEO

Pengertian Page authority (PA) adalah gambaran rangking pada website maupun blog yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian. Range angka pada page authority biasanya dari 0 sampai dengan 100, semakin tinggi nilai PA blog atau website tersebut, maka kemungkinan untuk dapat muncul di search engine sangatlah tinggi.

Tidak hanya itu saja, angka-angka ini juga berkaitan dengan relevansi konten pada website maupun blog dan juga linknya pada halaman yang satu dengan yang lain.

Cara Meningkatkan PA Blog
Bagaimana cara Meningkatkan PA Blog ? Cukup simple cara untuk menaikan PA pada website maupun blog Anda. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda terapkan:

  • Update konten atau artikel di web maupun blog Anda secara berkala dengan konten atau artikel tersebut harus asli dan tidak boleh copy paste yang percis sama dari sumber.
  • Update artikel Anda dengan informasi-informasi terbaru yang menarik, relevan, bermanfaat, dan disukai oleh para pembaca.
  • Lakukan backlink yang berkualitas dan relevan, jangan pernah spamming.
  • Beri gambar atau video pada web maupun blog Anda.
  • Jangan isikan website atau blog Anda hanya dengan teks saja

Nah, gak menjalankan hal tersebut diatas, maka Anda termasuk telah melakukan 20 Kesalahan Blogger Saat Mulai Bikin Blog Hingga Monetise yang Wajib dihindari

Pengertian Domain Authority (DA)
Domain authority atau DA website mengacu pada kekuatan domain yang dimiliki oleh website atau blog Anda. Kekuatan DA suatu web maupun blog berdasarkan oleh faktor usia, populatiras, dan ukuran dari domain Anda. Skala ukur DA sama dengan PA, yaitu dari 1 sampai dengan 100, semakin besar DA web atau blog maka akan semakin bagus posisi atau peringkat Anda dalam SERP.

Cara Meningkatkan DA
Seperti yang telah disebutkan, ada 3 faktor yang mempengaruhi DA pada web maupun blog Anda. Faktor tersebut adalah usia, popularitas, dan ukuran. Berikut penjelasannya:

  • Usia Domain
    Usia domain menjadi penentu seberapa besar atau tingginya domain pada web maupun blog Anda. Jika Anda menggunakan domain pribadi, maka Anda harus bersabar untuk bisa menaikan DA-nya, tapi jika Anda menggunakan domain yang sudah ada, seperti Blogspot.com atau WordPress.com, maka nilai dari DA-nya tidak akan bisa ditingkatkan lagi.
  • Popularitas Domain
    Untuk popularitas domain bisa Anda ketahui dari seberapa banyak jumlah inbound link yang masuk ke web atau blog Anda, dimana link-link yang masuk tersebut merupakan link yang berkualitas dan tidak spam.
  • Ukuran Domain
    Yang dimaksudkan dengan ukuran domain adalah seberapa banyak jumlah konten atau artikel yang dimiliki oleh web maupun blog. Jumlah yang dimaksudkan bukanlah value, akan tetapi informasi bermanfaat yang diberikan oleh web maupun blog Anda kepada para pembaca.  Jadi buatlah artikel yang bermanfaat dan berguna untuk para pembaca atau pengunjung web maupun blog pribadi Anda supaya dilirik oleh search engine.

Nah kita sekarang sudah tahu manfaat PA dan juga DA dalam SEO. Tapi bagaimana cara untuk mengetahui nilai PA serta DA suatu web maupun blog dengan bantuan toolstentunya. Sekarang ini sudah banyak tools yang dapat membantu Anda mengetahui nilai PA dan DA suatu website salah satunya Mozbar dan ada juga Checkmoz

2 thoughts on “Apa Itu PA dan DA Blog : Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *