5 Cara Efektif Menghindari Pencurian Kendaraan, Nomor 5 Paling Sering Disepelekan

News, Otomotif786 views

Leantoro.com. 5 Cara Efektif Menghindari Pencurian Kendaraan, Nomor 5 Paling Sering Disepelekan. Mengingat banyaknya kasus kriminal pencurian kendaraan yang sering terjadi di Indonesia, tidak heran jika banyak orang mencari cara yang efektif mencegah pencurian kendaraan baik itu kendaraan roda maupun roda empat.

Pencurian kendaraan bisa terjadi dimana saja, baik di kota-kota besar bahkan di desa-desa. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan harus menerapkan berbagai cara untuk mencegah pencurian terhadap kendaraannya.

Nah lalu bagaimana cara untuk mencegah pencurian kendaraan mobil? Simak penjelasan kami di bawah ini!

Cara Efektif Mencegah Terjadinya Pencurian Kendaraan

Mobil menjadi salah satu aset yang penting bagi semua orang, itu mengapa mobil perlu dilindungi dari tindakan pencurian.Nah berikut beberapa cara efektif untuk menghindari pencurian kendaraan:

1. Parkir di Tempat yang Aman

Salah satu cara untuk menghindari pencurian mobil adalah memarkirkan mobil Anda di tempat yang aman. Baik itu saat Anda bepergian maupun saat berada di rumah.

Pastikan Anda berhati-hati dalam memarkir mobil Anda. Jika memungkinkan, parkirlah mobil Anda di garasi aman yang tidak memiliki akses public.

Ketika Anda harus parkir di luar, selektiflah di mana Anda meninggalkan mobil Anda. Pertama, cari area yang cukup terang yang mungkin menghalangi pencuri.

Hindari daerah terpencil di mana pencuri dapat mencoba mengakses mobil Anda tanpa ada yang melihat. Terakhir, terutama dalam hal tempat parkir, carilah spot di bawah kamera CCTV atau perangkat keamanan lainnya.

Kemungkinan tertangkap kamera saja sudah cukup untuk mematahkan semangat seorang pencuri untuk mencuri mobil Anda.

2. Menggunakan Alarm

Dalam mencegah terjadinya pencurian mobil, banyak orang memasang alarm di mobil mereka. Sebagian besar mobil saat ini dilengkapi dengan sistem alarm bawaan.

Mengaktifkan alarm perlu Anda lakukan untuk memberikan perlindungan mobil Anda. Alarm mobil adalah perangkat anti-pencurian yang perlu untuk dipasang di kendaraan Anda.

Alarm memungkinkan Anda untuk mendengarkan semua yang terjadi pada mobil Anda. Misalnya jika seseorang membuka pintu mobil atau mencoba menyalakan mobil, maka mobil Anda akan mengeluarkan suara keras sehingga Anda dapat mendengarnya.

Dan itu bisa menjadi tanda bagi Anda untuk segera mengecek apa yang terjadi pada mobil Anda. Kebisingan ini seringkali cukup untuk mencegah pencuri, karena mereka tidak menginginkan perhatian yang diberikan oleh alarm.

3. Pastikan Pintu Mobil Anda Terkunci Dan Jendela Tertutup

Salah satu cara paling efektif untuk melindungi mobil Anda adalah dengan mengunci pintu dan menutup jendela setiap kali Anda tidak berada di dalam kendaraan.

Membuka jendela dan pintu yang tidak terkunci dapat dengan mudah menarik pencuri, atau memberi mereka kesempatan untuk mengambil mobil Anda dengan cepat dan dan mudah.

Oleh karena sangat penting untuk selalu mengunci pintu mobil dan menutup jendela mobil Anda.

4. Jangan Simpan Barang-barang Berharga di dalam Mobil

Tahukah Anda bahwa barang berharga yang terlihat dari luar mobil dapat memicu kejahatan? Hal ini karena barang-barang berharga yang terlihat di dalam mobil bisa menarik bagi calon pencuri.

Jadi, untuk mencegah pencurian adalah dengan menghindari meninggalkan barang berharga seperti laptop, dompet, ponsel, atau barang mahal lainnya di dalam kendaraan Anda.

Hindari juga meninggalkan tas belanja atau barang bawaan lainnya di dalam mobil Anda, karena itu menandakan adanya sesuatu yang baru atau berharga, meskipun itu kosong atau hanya menyimpan beberapa bahan makanan.

Untuk lebih amannya, cobalah simpan barang-barang Anda di bagasi mobil sehingga tidak terlihat oleh orang lain dari luar mobil.

5. Asuransikan Kendaraan Anda!

Selain melakukan upaya-upaya diatas, sebagai pemilik kendaraan, Anda harus memiliki asuransi untuk melindungi mobil Anda dari resiko yang terjadi akibat pencurian.

Apabila Anda memiliki asuransi mobil, maka polis asuransi mobil yang komprehensif akan memastikan bahwa jika mobil Anda dicuri atau rusak, Anda akan mendapat kompensasi atas kerugian Anda.

Namun jika Anda tidak memiliki asuransi mobil, maka ketika mobil Anda dicuri atau rusak, maka Anda akan mengalami kerugian yang sangat besar.

Anda kehilangan mobil Anda tanpa mendapatkan ganti rugi, apalagi jika Anda melapor polisi maka Anda akan mengeluarkan lebih banyak uang.

Jadi, memiliki asuransi untuk kendaraan Anda sangat penting. Meskipun musibah pencurian bisa terjadi kapan saja, namun dengan memiliki asuransi kendaraan, ini akan membuat Anda lebih tenang dan merasa aman.

Untuk memiliki asuransi mobil terbaik, pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang sudah berpengalaman dan terpercaya seperti Asuransi Astra yang menyediakan berbagai produk asuransi terbaik.

Dengan asuransi, Anda dapat melindungi mobil Anda dari resiko pencurian bahkan kerusakan.

Nah itu dia 5 tips untuk menghindari pencurian kendaraan yang dapat Anda terapkan. Dengan informasi ini, kami berharap masalah ini tidak pernah menimpa Anda dan tips cerdas ini dapat membantu Anda untuk menghindari pencurian mobil.***