by

Tips Memilih Mobil Bekas, Jangan Sampai Salah Pilih dan Rugi

-News, Otomotif-43 views

Leantoro.com. Tips Memilih Mobil Bekas, Jangan Sampai Salah Pilih dan Rugi. Bagi kamu yang memiliki budget terbatas namun tetap menginginkan mobil yang bagus maka mobil bekas merupakan pilihan terbaik. Akan tetapi, memilih second hand mobil tidaklah mudah karena banyak yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, kamu harus tahu tips memilih mobil bekas tersebut.

Melalui tips tersebut kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan. Kemudian, kamu bisa membuat kriteria mobil yang diinginkan dilengkapi dengan kelengkapan lainnya. Baik itu, dari sisi eksterior dan interior, kelengkapan surat dan lainnya. 

Membeli mobil bekas juga rentan terhadap risiko kerusakan karena mesinnya yang sudah berumur. Untuk melindungi finansial kamu dari risiko kerusakan mobil yang biayanya tidak sedikit jangan lupa untuk membeli asuransi, ya.

7 Tips Memilih Mobil Bekas Terbaik

Ketika akan mencari mobil bekas, kamu tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. 

Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dengan seksama. Tentunya kamu ingin mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik dan jika memungkinkan tidak perlu diservis lagi, bukan?

Tentunya melakukan hal ini tidaklah mudah namun mungkin untuk dilakukan. Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini, yaitu:

1. Sesuaikan dengan Budget

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah budget. Karena budget masing-masing pihak tentu berbeda-beda sehingga kamu harus membuat budget yang tepat. 

Selain budget, kamu juga harus memeriksa apa saja jenis mobil bekas yang diinginkan serta mencari harga pasaran yang berlaku.

Setelah itu, sesuaikan dengan keuangan masing-masing. Lalu, buat range harga yang bisa kamu terima. Karena nantinya kamu bisa menemukan mobil dengan harga berbeda-beda walaupun jenis dan modelnya sama.

Pastikan juga kamu memiliki kemampuan untuk negosiasi agar bisa mendapatkan harga yang tepat dengan kualitas mobil yang diharapkan.

2. Survei Terlebih Dahulu

Selain menentukan budget, kamu juga harus melakukan survei terlebih dahulu. Survei ini bisa kamu lakukan secara online dengan melihat website penjualan mobil bekas. 

Kamu juga harus memeriksa kisaran harga mobil untuk daerah tertentu. Karena beberapa kota memiliki range yang berbeda. Terkadang satu kota memiliki permintaan yang besar untuk mobil tertentu sehingga hal ini juga mempengaruhi harganya.

3. Jangan Tertipu Harga Murah

Mobil bekas jelas memiliki harga yang relatif jauh lebih murah daripada mobil baru. Namun, mobil second hand sendiri juga memiliki kisaran harganya tersendiri. Walaupun demikian, kamu pasti menemukan beberapa penjual yang membanderol harga di bawah harga pasaran.

Jika ini kamu temukan janganlah langsung percaya dan sebaiknya periksa lebih mendalam. Bisa jadi, harga murah tersebut disebabkan banyak kecacatan atau kerusakan di dalam mobil, surat yang mati dan lain sebagainya. Hal yang lebih buruk adalah mobil tersebut hasil curian jadi harganya pasti sangat murah.

Oleh karena itu, kamu harus tahu kisaran harga mobil tersebut agar terhindar dari masalah tersebut.

4. Periksa Latar Penjualnya

Setiap rekomendasi mobil bekas murah yang ada di pasaran harus kamu periksa lebih lanjut. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah latar penjualnya. 

Mengapa? Karena beberapa penjual memiliki track record tersendiri yang pastinya telah menerima komentar dari pembeli sebelumnya.

Latar belakang penjual sangat penting karena hal ini berpengaruh pada kualitas mobil bekas yang mereka tawarkan. Penjual yang baik pasti menjaga hal tersebut dan berusaha memberikan image yang positif. 

Namun, untuk penjual baru mau tidak mau kamu harus bertemu langsung dan melihat kendaraannya. Ketika berinteraksi kamu bisa merasakan bagaimana keramahan dan pelayanan yang diberikan baik atau tidak.

5. Cek Eksterior dan Interior Mobil

Salah satu cara memilih merek mobil bekas yang bagus lainnya adalah dari eksterior dan interior yang ada. Pada umumnya mobil bekas memiliki kekurangan pada hal ini bahkan beberapa di antaranya mengalami kerusakan di eksterior dan interiornya.

Bagian ini harus kamu periksa dengan baik karena kamu harus melakukan perbaikan yang baik di kemudian hari. Semakin lengkap, baik, dan bersih tentu semakin baik karena kamu akan nyaman memakainya. 

Biarlah kamu mengeluarkan sedikit uang lebih namun memperoleh hal tersebut daripada mendapatkan mobil bekas murah namun harus melakukan perbaikan besar-besaran.

6. Periksa Kelengkapan Mobil

Setelah memeriksa eksterior dan interior dengan seksama. Maka, sekarang kamu harus memeriksa kelengkapan mobil lainnya seperti buku hitam, STNK, dan surat lainnya. Pastikan semua surat tersebut lengkap dan tidak ada kerusakan.

Kemudian, STNK mobil tersebut sebaiknya masih aktif agar kamu nyaman memakainya di jalan raya. Jika sudah mati, pastikan waktunya tidak lebih dari setahun karena nanti untuk pengurusan pajak kendaraan dan pindah nama akan memakan waktu dan biaya yang cukup besar.

7. Periksa Mesin Mobil

Tips memilih mobil bekas untuk keluarga lainnya adalah dengan memeriksa kondisi mesin mobil. Mesin mobil bekas haruslah bagus, memiliki suara mesin yang halus, mulus, dan nyaman digunakan.

Oleh karena itu, sebaiknya pembeli mobil harus mengetahui ilmu dasar akan mesin mobil tersebut agar kamu bisa menilainya dengan baik. Jika tidak, maka mintalah bantuan teman atau kenalan yang bisa memeriksa dan menilai mesinnya.

Jangan sampai kamu salah beli dan memilih mobil bekas dengan mesin yang rusak. Karena situasi paling buruk kamu harus mengganti mesin yang harganya bisa jutaan sampai puluhan juta. Jika mobil antik maka harganya akan jauh lebih mahal.

Seusai memilih mobil yang tepat sebaiknya segera miliki asuransi mobil. Tujuannya agar tabungan kamu tidak terkuras habis apabila terjadi risiko kerusakan mobil atau mobil hilang karena dicuri. Cek asuransi mobil Simas Insurtech untuk informasi lebih lanjut dan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.