by

Apa Perbedaan Service dan Tune Up

-News, Otomotif-21 views

Leantoro.com. Apa Perbedaan Service dan Tune Up. Service dan tune up mobil adalah dua hal yang berbeda yang perlu diketahui pemilik kendaraan. Anda bisa melakukan service maupun tune up di bengkel terpercaya dan profesional lewat website https://otoklix.com. Lantas apa perbedaan service dan tune up sebenarnya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Perbedaan Service dan Tune Up

Service adalah pengecekan dan perawatan rutin pada mobil yang dilakukan secara berkala. Sedangkan Tune up lebih dari sekedar perawatan, pada tune up hampir semua komponen mobil di cek lebih detail dan dilakukan penyetelan ulang. Selain itu ada juga perbedaan lainnya dari service dan tune up, yaitu:

1. Perbedaan Waktu

Perbedaan yang jelas dari service dan tune up adalah dari waktu dilakukannya. Service mobil dilakukan pertama kali saat mobil telah mencapai jarak tempuh 1.000 km. Service pada waktu ini biasanya masih garansi dan tidak dikenakan biaya alias  gratis.

Selanjutnya mobil harus diservis kembali pada 30.000 km, 50.000 km dan 70.000 ribu untuk mengecek kondisi oli, ban, dan mesin. Pengecekan juga akan dilakukan pada 20.000 km, 60.000 km hingga 100.000 km untuk pengecekan sistem bahan bakar, suspensi dan sistem kemudi. 

Mobil yang telah menempuh jarak 40.000 km, 80.000 km dan 120.000 km harus di cek pada bagian busi, oli mesin, kompresor, minyak rem dan filter udara. Bila komponen tersebut mengalami kerusakan, maka harus segera dilakukan penggantian. 

Kemudian bila mobil mencapai batas km servis di atas 120.000 km, maka waktu itulah yang tepat untuk dilakukan tune up. Biasanya tune up dilakukan satu tahun sekali, bila dilihat berdasarkan jarak tempuh mobil. 

Selain waktu tersebut, tune up juga harus segera dilakukan saat mobil sudah tidak nyaman lagi dikemudikan. Seperti terdengar bunyi yang berasal dari kolong mobil atau bahkan mobil sudah tidak dapat lagi dikendarai dengan baik.

2. Perbedaan Biaya

Perbedaan service dan tune up selanjutnya adalah dari besarnya biaya yang dikeluarkan pemilik mobil. Karena Tune up mobil adalah pengecekan komponen mobil secara detail dan menyeluruh, maka biaya yang dikeluarkan pun lebih besar dari pada service. 

Sementara itu biaya servis mobil biasanya disesuaikan dengan KM karena pengecekan pun akan berbeda. Pada setiap KM 10 ribu maka perkiraan biaya service adalah Rp200.000 hingga Rp400.000. Sedangkan mobil yang mencapai jarak 80 KM, biaya service bisa mencapai Rp1.000.000.

Biaya tersebut juga tergantung dari jenis mobil, semakin baru jenis dan tipe mobil pastinya biaya servis maupun tune up juga akan jauh lebih mahal. Karena pengecekan komponennya menggunakan alat canggih. 

Sedangkan biaya untuk tune up lebih tinggi dari service yaitu mulai dari Rp300.000 hingga Rp3.000.000. Biaya tersebut belum termasuk komponen atau biaya penggantian fluida mesin. 

3. Perbedaan Jenis Komponen yang Di Cek

Service dan tune up juga terlihat perbedaanya dari komponen yang dicek.  Tidak semua komponen mobil akan di cek. Namun Anda harus pastikan bahwa komponen yang semestinya di cek sudah dilakukan. Berikut beberapa komponen yang di cek saat service.

  • Sistem aki, apakah masih berjalan dengan baik atau tidak. 
  • Sistem kemudi, apakah masih normal atau tidak.
  • Baut pada setiap ban.
  • Idle mesin. 
  • Tekanan angin pada ban
  • Membersihkan filter udara yang kotor.
  • Cek apakah ada rembesan oli atau tidak. 

Sementara untuk tune up, berikut komponen-komponen yang dilakukan pengecekan

  • Pengecekan Aki

Pengecekan pertama saat tune up adalah aki mobil. Komponen pada mobil ini harus dicek apakah masih berfungsi dengan baik dan harus dicharge. Karena bila aki sudah tidak dapat bekerja dengan baik maka mobil akan sulit dinyalakan. 

  • Pengecekan Filter Udara

Pengecekan selanjutnya adalah filter udara, apakah masih berfungsi atau tidak. Filter udara dibersihkan saat tune up untuk  membantu pembakaran dan tenaga yang dihasilkan akan bagus. 

  • Pengecekan Throttle Body dan Karburator

Bagian Throttle body dan karburator mobil juga akan di cek untuk memeriksa RPM sekaligus. 

  • Pengecekan Celah pada Busi

Bagian celah pada busi umumnya sudah disetel dari pabrik. Namun karena pemakaian, interaksi busi juga tekanan kompresi terjadi, celah busi akan berubah dan karena itu perlu dicek saat tune up. 

  • Pengecekan Celah pada Katup

Celah katup juga tak luput dari pengecekan saat dilakukan tune up. Bagian ini diperiksa untuk mengetahui apakah posisinya masih benar atau tidak. Bila mengalami perubahan posisi, maka akan menimbulkan suara berisik dan kebocoran pada kompresor. 

  • Penggantian Fluida

Pada saat dilakukan tune up penggantian fluida juga wajib diganti. Beberapa jenis fluida mesin yang wajib diganti adalah minyak rem, oli transmisi, oli power steering, oli mesin, dan oli gardan.

Bagian-bagian tersebut bukan hanya di cek, namun bila terdapat bagian yang sudah tidak dapat berfungsi atau bekerja dengan baik maka komponen tersebut harus diganti. 

Bila Anda membutuhkan tempat service atau tune up, pastikan memilih bengkel tune up terdekat yang bisa Anda booking lewat aplikasi Otoklix. Ada banyak keuntungan menggunakan aplikasi Otoklix untuk perawatan mobil Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.