10 Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Perguruan Tinggi, Tak Hanya Modal Pintar

Leantoro.com. 10 Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Perguruan Tinggi, Tak Hanya Modal Pintar. Saat ini, tuntutan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sangat penting namun, kuliah di perguruan tinggi tentu saja harus mempersiapkan anggaran biaya yang lumayan besar. 

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Perguruan Tinggi, memang susah-susah gampang, karena saat ini biaya kuliah di perguruan tinggi sudah menyentuh dikisaran jutaan mulai dari 1 juta hingga puluhan juta per semester itupun belum termasuk dengan biaya lainnya seperti biaya pembangunan, biaya orientasi, biaya pendaftaran, biaya per sks, juga biaya bimbingan skripsi sehingga banyak yang berebut mendapatkan beasiswa.

Memperhitungkan biaya kuliah yang cukup besar, akhirnya membuat generasi muda penerus bangsa di Indonesia tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, dan mungkin saja pada akhirnya memupus impianmu, sehingga kamu wajib Mendapatkan Beasiswa Kuliah Perguruan Tinggi, karena dengan beasiswa ini, maka biaya kuliahmu bisa menjadi lebih ringan.

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Perguruan Tinggi

Pada kesempatan kali ini, Leantoro.com akan membagikan Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Perguruan Tinggi yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Semangat dan Tekad yang kuat sebagai modal dasar

Tekad dan semangat yang kuat untuk berkuliah dan mendapatkan beasiswa merupakan modal paling mendasar yang harus dimiliki bagi kamu yang ingin meraih impian bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggu.

Kamu juga harus siap sedia dengan apa yang telah diputuskan, jangan mudah menyerah, lakukan apapun yang bisa kamu lakukan untuk meraih impian mu itu.

2. Rajin Mencari Informasi Program Beasiswa.

Saat ini, era keterbukaan informasi sudah semakin besar, termasuk informasi pembukaan program beasiswa bisa kamu peroleh melalui internet, lembaga mana saja yang sedang membuka program beasiswa. Kamu juga harus pro aktif bertanya ke pihak perguruan tinggi yang kamu incar, apakah ada program beasiswa atau tidak.

Manfaatkan Perguruan tinggi untuk mendapatkan informasi beasiswa karena biasanya Perguruan Tinggi memiliki koneksi dengan lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah gratis.

3. Pilih Jenis Beasiswa yang Cocok

Untuk kamu ketahui, beasiswa memiliki banyak jenis, mulai dari beasiswa yang diberikan oleh pemerintahan maupum beasiswa private scholarship yang diberikan lembaga atau perusahaan selain pemerintah.

Untuk kamu yang ingin kuliah di universitas swasta, biasanya banyak menawarkan beasiswa untuk calon mahasiswa baru. Jadi sangat penting ketika kamu harus menentukan jenis beasiswa apa yang ingin kamu dapatkan, khususnya beasiswa sesuai dengan pilihan program studi yang kamu inginkan. Jadi pilihlah beasiswa yang cocok sesuai dengan harapanmu untuk mencapai cita-cita dan impianmu,

4. Jangan Salah Pilih Jurusan dan Salah Pilih Perguruan Tinggi

Kamu harus menentukan perguruan tinggi atau universitas mana yang akan kamu tuju, namun kamu harus benar-benar mengambil keputusan yang tepat, jangan sampai salah pilih jurusan dan salah pilih perguruan tinggi, karena hal itu akan menyia-nyiakan waktu dan energimu.

Cari tahu mengenai syarat, dan proses untuk mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi tersebut. Sehingga kamu bisa menyiapkannya jauh-jauh hari.

5. Penuhi Persyaratan Beasiswa yang biasanya berat.

Salah satu syarat yang paling umum adalah saat kamu mendaftar program beasiswa tersebut, kamu tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga manapun.

Kelulusan tepat waktu, serta prestasi akademik yang bagus dan memiliki perilaku baik, juga sangat penting sebagai syarat yang diajukan lembaga pemberi beasiswa, sehingga kamu juga harus bisa maksimal dalam mempersiapkannya, meski persyaratannya sangat berat.

Ingat, semua persyaratan program beasiswa itu ada ukurannya, dan mungkin terasa berat, namun sekali lagi tekad dan semangatmu jangan pernah kendur, maju terus mendapatkan beasiswa.

6. Siapkan CV terbaikmu

Sebagai kelengkapan berkas-berkasmu untuk mengajukan program beasiswa, CV tentu menjadi sebuah kumpulan informasi awal yang menjadi nilai jualmu, jadi hendaknya Kamu bisa mempersiapkan CV dengan pengemasan yang baik dan informatif sehingga dapat mempengaruhi hasil.

Kemaslah diri mu sepresentatif dan rapi dalam CV agar pihak penyelenggara bisa mendapatkan informasi yang lengkap terhadap dirimu.

7. Wajib Pertahankan dan Tingkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik

Untuk mendapatkan beasiswa, kemampuan akademik tentu saja menjadi prioritas penilaian layak atau tidaknya kamu mendapatkan beasiswa.

Apalagi jika kamu mengincar beasiswa prestasi, maka tentu saja kamu harus tingkatkan prestasimu di sekolah, tak hanya meningkakan, namun kamu juga wajib banget untuk menjaga nilai-nilai akademik dan prestasi non-akademik, Peningkatan prestasi akademik dan non-akademik menjadi salah satu penilaian apakah kamu bisa memenuhi kriteria penerimaan beasiswa.

8. Lancar Berbahasa Inggris Lisan dan Tulisan

Era saat ini, Bahasa Inggris menjadi salah satu modal dasar untuk kamu bisa berkancah di dunia yang semakin terbuka lebar ini, dengan skill bahasa inggris yang baik, maka kamu bisa mendapatkan penilaian yang lebih oleh lembaga pemberi beasiswa, apalagi jika kamu ingin kuliah di Luar negeri.

Secara umum, persyaratan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri mengharuskan kamu memiliki skor TOEFL yang cukup tinggi, minimal 500 atau 550. Untuk itu, kamu harus persiapkan kemampuan bahasa inggris dari jauh-jauh hari.

9. Berlatih Membuat Motivation Letter yang baik dan menarik

Motivation letter seringkali menjadi hal yang disepelekan dalam persiapan mendapatkan beasiswa, padahal dengan motivation letter, maka pihak lembaga pemberi beasiswa akan mampu melihat dan menimbang apakah kamu memang layak atau tidak mendapatkan beasiswa tersebut.

Apalagi jika kamu ingin mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri, maka kamu harus membuat essay yang menunjukkan bahwa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut. Tuliskan beberapa hal menarik dan fundamental yang menjadi alasan mengapa kamu sangat tertarik ingin mendapatkan beasiswa kuliah.

10. Ajukan Beasiswa ke beberapa lembaga

Jangan pernah berpuas diri mengirimkan permohonan beasiswa hanya ke satu lembaga, namun ajukan dirimu mendapatkan beasiswa ke banyak lembaga pemebri beasiswa, karena kamu tidak akan pernah tahu Lembaga mana yang sangat tertarik untuk memberikan beasiswanya kepadamu.

Untuk itu, ambil setiap kesempatan program beasiswa yang ada, sehingga jika kamu tidak lolos di lembaga yang satu kamu bisa ke lembaga yang lain.

Beasiswa Kuliah RuangGuru

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah
Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Salah satu Lembaga Pendidikan yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat beasiswa kuliah, dimana jika kamu terpilih bisa mendapatkan beasiswa hingga Rp. 40 juta untuk kuliahmu adalah Beasiswa Kuliah RuangGuru.

Ada beberapa kelebihan Beasiswa Kuliah RuangGuru antara lain :

  • Kamu bisa mendapatkan beasiswa mulai dari persiapan masuk kuliah hingga lulus
  • Kamu juga bisa mendapatkan kelas Super Intensif UTBK selama 7 minggu dengan Master Teacher terbaik
  • Kamu juga bisa mengikuti kelas gratis Brain Academy Online dan Tryout UTBK sebagai proses seleksi Beasiswa Kuliah Ruangguru

Untuk bisa mendapatkan informasi selengkapnya tentang Beasiswa Kuliah Ruangguru, kamu bisa langsung dapatkan aplikasinya disini atau kunjungi website Ruangguru melalui link tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *