by

Inilah 4 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Indonesia, Mudah, Cepat dan Akurat

-Tutorial-350 views

Leantoro.com. Inilah 4 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Indonesia, Mudah, Cepat dan Akurat. Warga Negara yang baik salah satunya adalah memenuhi kewajiban membayar pajak, tidak terkecuali pajak kendaraan bermotor.

Pada beberapa tahun yang silam saat kita melakukan pembayaran pajak kendaraan hanya bisa di lakukan di Samsat terdekat, tapi untuk saat ini kita bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online melalui aplikasi Samsat Digital Nasional atau SIGNAL.

Sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sebaiknya kita harus cek pajak kendaraan terlebih dahulu.

Hal tersebut sangat penting guna mengetahui perhitungan jumlah pajak yang harus kita bayarkan, mengetahui kapan waktu terakhir harus membayar pajak.

Sehingga dengan melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor, maka kita bisa menyiapkan dana dan persyaratan lainnya supaya tidak terlambat dalam pembayaran pajak kendaraan.

Cek Pajak Kendaraan di Indonesia

Pengecekan pajak kendaraan bermotor bisa kita lakukan dengan berbagai cara yaitu dengan menggunakan aplikasi SIGNAL, SMS, dan website ataupun kita juga bisa datang langsung ke kantor samsat terdekat. Nah dalam tulisan ini akan membahas 4 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Indonesia, Mudah, Cepat dan Akurat

1. Cek Pajak Kendaraan menggunakan Aplikasi SIGNAL

Pengecekan pajak kendaraan saat ini bisa menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional atau SIGNAL yang merupakan aplikasi layanan jaringan elektronik untuk pembayaran dan pengesahan tahunan secara online Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berbasis mobile yang bisa di akses melalui smartphone baik android maupun iOs

Melalui Aplikasi SIGNAL, kita bisa mendapatkan berbagai informasi seputar besaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) kendaraan dan pastinya kita juga bisa mengetahui data kendaraan kita.

Untuk menggunakannya, kita cukup melakukan pengunduhan aplikasi pada Playstore setelah itu instal dan aplikasi siap dijalankan, jangan lupa untuk lalu masukkan data diri dan data kendaraan Anda.

Setelah semua proses dimasukkan dalam aplikasi, maka kita akan memperoleh informasi mengenai tanggal jatuh tempo pajak kendaraan, tanggal jatuh tempo STNK, dan besaran pajak yang harus dibayarkan.

2. Cek Pajak Kendaraan menggunakan SMS (Short Massage Service)

Pengecekan pajak kendaraan berikutnya bisa dilakukan menggunakan layanan SMS. Syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan layanan pengecekan melalui ini yaitu pajak kendaraan Anda tidak boleh mati atau telat pembayarannya.

Saat ini, belum semua provinsi di Indonesia yang menyediakan layanan SMS pengecekan pajak kendaraan, dan penulis rasa layanan SMS saat ini sudah mulai tertinggal oleh layanan dari Aplikasi dengan Smartphone. Namun, masih ada beberapa prpinsi yang menyediakan layanan SMS untuk cek pajak kendaraan.

3. Cek Pajak Kendaraan menggunakan Website

Mengecek pajak kendaraan melalui website dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs layanan pajak yang sudah terdaftar dan resmi.

Namun, belum semua propinsi di Indonesia memiliki layanan pengecekan melalui website, untuk mengetahui daftar beberapa provinsi yang sudah memiliki website untuk pengecekan pajak kendaraan kita bisa melalui link cek pajak kendaraan ini.

4. Cek Pajak Kendaraan dan Langsung Lakukan Pembayaran ke Samsat terdekat

Cara terakhir dan konvesional yang bisa kita lakukan untuk mengecek pajak kendaraan bermotor adalah langsung ke kantor samsat terdekat dengan kata lain, kita juga sudah siap membayar pajak kendaraan bermotor, jadi persiapkan syarat-syarat untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Demikianlah informasi terkait 4 Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Indonesia, Mudah, Cepat dan Akurat sehingga mempermudah kita dalam mempersiapkan dana jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.