Apa Itu Coworking Space, Ruang Kerja Kekinian Desain Modern

News, Properti2,300 views

Leantoro.com. Mengenal Coworking Space, Ruang Kerja Kekinian Desain Modern. Bagi para pekerja di era modern, istilah coworking space mungkin sudah tak asing di telinga. Terlebih bagi perusahaan rintisan atau startup di perkotaan, umumnya mereka memilih ruang kerja bersama sebagai kantor bagi para karyawannya. Meskipun konsep ini terbilang fresh di Indonesia, namun rupanya keberadaannya cukup mendapat respon baik.

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar istilah ini, berikut ulasan lengkap mengenai coworking space atau ruang kerja bersama yang layak untuk dijadikan alternatif kantor idaman perusahaan.

Apa Itu Coworking Space?

Merupakan kantor atau ruang kerja bersama, dimana memungkinkan pekerja atau orang-orang dari berbagai profesi dan perusahaan berbeda untuk bekerja dalam satu tempat yang sama. Sehingga konsep kantor ini menawarkan fleksibilitas, agar para penggunanya dapat bekerja dengan bebas dimana saja sesuai keinginan.

Umumnya tempat ini dimanfaatkan oleh para perusahaan baru atau rintisan, yang memiliki keterbatasan dana untuk menyewa atau membangun gedung kantor sendiri. Pasalnya dengan menyewa tempat disini, modal awal pun dapat lebih ditekan.

Namun tak hanya bagi pekerja di perusahaan rintisan, tempat ini juga umumnya digunakan bagi para freelancer, peneliti, mahasiswa, jurnalis, editor, penulis, dan profesi lainnya.

Model ruang kerja ini bersifat sementara atau temporary space, dan ditujukan bagi mereka yang umumnya menggunakan laptop sebagai alat penunjang pekerjaan. Karena peralatan kerja yang ringkas itulah, pengguna coworking space hanya menyewa meja dan fasilitas agar dapat bekerja dengan nyaman.

Apa Kelebihan Coworking Space?

Pihak coworking space umumnya menawarkan beragam kelebihan apabila memilih ruang kerja dengan konsep ini, diantaranya:

  • Banyak Pilihan Sewa

Umumnya sewa yang ditawarkan tak hanya bulanan, namun harian, mingguan, maupun tahunan. Pasalnya tak hanya pegawai dari suatu perusahaan saja, tak sedikit para freelancer atau individu lain yang bekerja menggunakan laptop memilih untuk menyelesaikan pekerjaan mereka di tempat ini.

  • Fasilitas Lengkap

Sederet fasilitas ditawarkan pihak ruang kerja bersama untuk menunjang kenyamanan penggunanya mulai dari AC, jaringan internet kencang, meja dan kursi nyaman, sofa, dan masih banyak lagi. Tak heran jika penggunanya merasa lebih betah dibandingkan dengan bekerja di kantor biasa.

  • Suasana Kondusif

Ketika Anda memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaan di kafe, masalah yang umumnya dihadapi adalah suasana ramai dan tidak kondusif. Namun lain halnya dengan coworking space, karena memang didesain khusus untuk pekerja serta menawarkan suasana lebih kondusif dan nyaman.

  • Menambah Networking

Kelebihan dari konsep ruang kerja ini jika dibandingkan dengan kantor biasa adalah dapat menambah networking. Pasalnya di tempat ini, penggunanya dapat saling melakukan interaksi satu dengan lainnya karena umumnya didesain menggunakan konsep tanpa sekat atau open plan. Bahkan mereka pun dapat bertemu dengan orang yang berpotensi menjadi calon klien.

Rekomendasi Coworking Space Nyaman di Jakarta

Karena banyaknya pihak penyedia ruang kerja bersama, untuk itu Anda tak boleh salah dalam memilihnya. Di Jakarta dan sekitarnya, JustCo dapat dijadikan pilihan coworking space yang tepat. Dirancang dengan cermat dan teliti, JustCo menawarkan layanan dan fasilitas penunjang penting bagi para penggunanya.

Selain itu JustCo juga dapat membantu menyelesaikan berbagai keperluan bisnis, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam produktivitas serta mengembangkan bisnis tanpa perlu khawatir dengan harga sewa. Mulai dari hotdesk, ruang meeting, hingga ruang kantor, JustCo menghadirkan seluruh kebutuhan Anda agar lebih produktif dan nyaman.

Coworking space layak dicoba bagi perusahaan rintisan ataupun mereka yang bekerja dengan mengandalkan laptop. Pasalnya selain suasana yang nyaman dan kondusif, terdapat banyak kelebihan lain yang ditawarkan sebut saja banyak pilihan sewa, fasilitas lengkap, hingga menambah networking.