by

Inilah 6 Mitos Indonesia yang Melegenda

-Life Style, News-104 views

Leantoro.com. Inilah 6 Mitos Indonesia yang Melegenda. Banyak sekali mitos-mitos yang seringkali kita dengar dari mulut ke mulut, bahkan hampir di setiap daerah, juga memiliki mitos yang berbeda-beda. 

Sementara definisi mitos itu sendiri memiliki arti sebuah keyakinan yang dimiliki sekelompok masyarakat terhadap suatu hal.

Banyak sekali ragam mitos yang sudah kita dengar sejak kecil. Mulai dari yang terdengar konyol, hingga terdengar menyeramkan dan membuat bulu kuduk berdiri.

Inilah 6 Mitos Indonesia yang Melegenda

1. Kupu-kupu Masuk Rumah, Tanda Akan Ada yang Bertamu

Jika Kamu ingat saat kecil di zaman dulu, pasti kamu sering dengar mitos seperti ini. Terlebih lagi saat kupu-kupu itu masuk ke rumah ane, maka ibu pasti bilang “ada kupu-kupu masuk, berarti sebentar lagi bakal ada tamu.”

Namun, benarkah demikian? Tidak. Tidak ada hubungannya antara kupu-kupu yang masuk rumah dan tamu. Bisa jadi kupu-kupunya lagi jalan mau pulang, tapi nyasar ke rumah.

2. Anak Gadis Dilarang Duduk di Depan Pintu Karena Bisa Menyebabkan Susah Berjodoh

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan mitos legend yang satu ini. Biasanya, emak-emak yang punya anak gadis sering banget negur biar anaknya nggak duduk di depan pintu.

Padahal sebenarnya, tidak ada hubungannya. Mungkin, mereka sengaja melarang agar saat ada orang lewat tidak susah karena ada yang duduk di depan pintu. Karena bagaimanapun, pintu merupakan jalur utama seseorang keluar dan masuk rumah.

3. Anak Gadis Menyapu Harus Bersih. Jika Tidak, Akan Mendapat Suami Brewokan

Lagi-lagi anak gadis nih yang kena wkwk. Nah, Ini juga sering banget kita dengar saat ada seorang anak gadis yang sedang menyapu. Pasti orang yang melihat atau ada didekatnya akan menggoda, “Kalau nyapu yang bersih ya, Neng, biar nanti suaminya nggak brewokan.”

Mungkin, maksud mereka bicara seperti itu adalah biar kebersihan tetap terjaga. Nyapu kalau nggak bersih biasanya akan meninggalkan debu. Nah, debu inilah yang menjadi salah satu penyebab flu. Lagi pula, kebersihan adalah sebagian dari iman.

4. Duduk di Atas Bantal Menyebabkan Bisulan

Benarkah demikian? Padahal sejatinya, bisul sendiri terjadi karena kuman dan kurangnya menjaga kebersihan.  Mungkin saja tujuan orang zaman dulu bicara seperti itu agar kita duduk di tempat yang seharusnya. Di kursi atau lesehan. Bukan di atas bantal yang jelas-jelas untuk kepala.

5. Menyisakan Nasi Saat Makan Bisa Bikin Hewan Peliharaan Mati

Siapa yang masa kecilnya sering dapat omongan kayak gini paa makannya nggak habis? Ane salah satunya, hiks. “Ayo, satu sendok lagi. Kalau nggak dihabisin nanti ayamnya mati.”

Saat udah dewasa ane jadi bertanya-tanya, “Emang apa hubungannya?”

Sebenarnya nggak ada. Mungkin orang tua bicara seperti itu agar kita lebih bisa menghargai makanan dan tidak mubazir. Alangkah lebih baiknya lagi jika kita mengambil makan secukupnya. Tidak berlebihan.

6. Mandi Pada Malam Hari Bisa Menyebabkan Rematik

Nah, bagi kalian yang kerjanya pulang malam, biasanya sering mendengar ucapan seperti itu saat hendak mandi. Padahal kondisi tubuh yang berkeringat dan terkena debu dari luar harus dibersihkan.

Sebenarnya, bukan karena mandi pada malam hari yang menjadi penyebab dari rematik. Tidak apa-apa mandi malam, asal jangan terlalu sering dan tidak punya riwayat rematik. Kalian juga bisa mandi menggunakan air hangat agar tidak kedinginan.

Benar atau tidaknya mitos itu sendiri, alangkah baiknya jika kita tetap menghargai. Percaya atau tidak, itu adalah hak masing-masing. Terlebih lagi saat kita mengunjungi suatu daerah dan penduduk setempat menjelaskan mitos-mitos dan larangan-larangan yang ada di daerah tersebut, hargai. Sebab, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News