by

Bantuan Kuota Internet Gratis dari Pemerintah Siap Dibagikan, Ini Rinciannya

-Bansos-349 views

Bantuan Kuota Internet Gratis dari Pemerintah Siap Dibagikan, Ini Rinciannya. Jangan kaget bantuan kuota internet gratis dari pemerintah bakal dibagikan lagi. Kabar gembira buat rakyat Indonesia yang memiliki anak sekolah atau kuliah online, gak perlu pusing pikirin kuota internet.

Atau buat yang juga punya profesi mengajar, siap-siap kebagian kuota internet gratis lagi. Bantuan pemerintah berupa kuota internet gratis resmi diperpanjang. Program tersebut akan kembali digelar selama tiga bulan ke depan. Mulai dari bulan September, Oktober, hingga November 2021.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim memaparkan bahwa bantuan kuota internet ini akan disalurkan secara berkala setiap bulannya pada tanggal 11-15 September, 11-15 Oktober, dan 11-15 November 2021. Bantuan kuota internet berlaku selama 30 hari atau sebulan sejak diterima.

Nadiem juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan dana sebesar Rp 2,6 triliun untuk merealisasikan program bantuan lanjutan kuota data internet ini. Walau begitu, bantuan pemerintah ini baru bisa diwujudkan mulai September mendatang.

Menurut keterangan yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kemendikbud Ristek masih membutuhkan waktu tambahan. Tujuannya untuk memperbarui data penerima program bantuan kuota data internet.

Kemendikbud Ristek menunggu hingga peralihan waktu tahun ajaran baru sehingga dapat memperbarui seluruh data siswa yang sudah lulus atau yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Basis data awal yang dipakai sebelumnya sampai dengan pertengahan tahun 2021 perlu untuk di-update dengan adanya tahun ajaran baru,” jelas Sri dalam konferensi pers online yang digelar pada Rabu, (4/8/2021).

Bantuan ini ditargetkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada 26,8 juta siswa dan tenaga pengajar yang terbagi dari berbagai jenjang. Masing-masing peserta penerima bantuan bakal mendapatkan besaran kuota yang berbeda.

Berikut rincian bantuan kuota internet yang dibagikan pemerintah:

  • Siswa PAUD akan menerima bantuan kuota internet sebesar 7 GB per bulan
  • Siswa SD, SMP, dan SMA akan memperoleh bantuan kuota internet sebesar 10 GB
  • Pendidik PAUD dan jenjang pendidikan SD hingga SMA akan mendapatkan kuota bantuan internet sebesar 12 GB per bulan
  • Khusus untuk mahasiswa dan dosen bakal menerima bantuan kuota internet sebesar 15 GB per bulan

Sri Mulyani memaparkan bahwa total anggaran dan jumlah penerima pada setiap jenjang pun turut dibedakan. Dana sebanyak Rp 88,3 miliar ditujukan untuk memenuhi kuota internet 1,5 juta peserta didik PAUD.

Sementara itu, dana sebesar Rp 1.693 miliar dialokasikan untuk membeli kuota internet ke 20,5 juta siswa yang duduk di jenjang SD, SMP, dan SMA.

Dana sebesar Rp 154,4 miliar dihabiskan untuk membeli kuota internet yang akan dibagikan ke 1,5 juta pendidik PAUD, SD, SMP, serta SMA.

Sedangkan, Rp 404,9 miliar lainnya digunakan untuk memenuhi kuota internet ke 3,2 juta mahasiswa dan dosen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News