by

2 Manfaat Konsep Cloud Kitchen untuk Bisnis Kuliner

2 Manfaat Konsep Cloud Kitchen untuk Bisnis Kuliner. Berbicara tentang industri kuliner memang tidak akan ada habisnya. Selain membahas tentang produk kuliner yang terus berkembang, konsep bisnisnya juga mengalami banyak perubahan.

Salah satu konsep bisnis kuliner terpopuler di dunia saat ini adalah konsep Cloud Kitchen. Lalu, apakah sebenarnya cloud kitchen itu? Dan apa sajakah manfaatnya untuk pelaku usaha kuliner? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Cloud Kitchen

Cloud kitchen atau ghost kitchen merupakan dapur yang disediakan bersama untuk mengolah produk makanan yang nantinya akan dijual. Konsep dapur tersebut sebenarnya sama seperti merchant atau restoran pada umumnya.

Hanya saja, bisnis ini tidak mempunyai tempat bagi pelanggan untuk menyantap makanannya di tempat. Jadi, bisnis ini hanya menyediakan delivery order saja kepada pelanggan.

Salah satu hal yang membuat konsep bisnis ini mengalami perkembangan pesat adalah adanya pergeseran tingkah laku konsumen dalam memesan makanan.

Jika dulu banyak orang yang lebih suka makan makanan di tempat, maka saat ini mereka lebih memilih untuk memesan makanan.

Selain karena tidak harus repot-repot antre dan datang ke lokasi, kualitas makanan yang diterima juga tetap berkualitas.

Manfaat Bergabung Cloud Kitchen

Selain membawa keuntungan bagi para konsumennya, tentunya konsep bisnis ini juga menguntungkan bagi pihak pelaku usaha kuliner.

Berdasarkan konsepnya, paling tidak terdapat dua manfaat yang bisa diperoleh oleh para pebisnis kuliner. Berikut ini adalah dua manfaat yang bisa diperoleh oleh pelaku usaha kuliner yang menggunakan konsep ghost kitchen.

  1. Biaya Lebih Ringan.

Manfaat pertama adalah biaya untuk memulai dan mengembangkan usaha kuliner menjadi lebih ringan. Konsep dengan mengantar pesanan langsung ke lokasi pelanggan tentunya membuat pelaku usaha tidak memerlukan area besar. Selain itu, pelaku usaha juga dapat memilih lokasi dengan harga beli atau sewa sesuai dengan budget usaha.

Posisi dapur juga tidak harus ada di dekat jalan utama seperti restoran pada umumnya. Lebih mudahnya lagi, saat ini juga sudah banyak penyedia jasa yang menawarkan ghost kitchen untuk disewakan.

Dengan begitu, klien dapat sangat terbantu dalam hal kegiatan operasional. Pihak ghost kitchen akan memberikan tempat memasak, peralatan, dan berbagai kebutuhan terkait usaha kuliner klien-nya.

Pebisnis dapat menyewa ghost kitchen sesuai dengan kebutuhan usahanya. Jadi, sebagai pelaku bisnis Anda dapat lebih berfokus dalam hal meningkatkan dan menjaga kualitas produk yang dijual. Salah satu penyedia jasa ghost kitchen terpercaya saat ini adalah Everplate Kitchen.

  1. Memudahkan Ekspansi Usaha

Manfaat kedua untuk pelaku usaha kuliner adalah memudahkan dalam ekspansi bisnis. Pada saat menggunakan Cloud Kitchen, pelaku bisnis dapat menambahkan jenis produk baru yang berbeda dengan yang ditawarkan saat ini.

Tentunya, hal itu bisa dilakukan dengan cloud kitchen yang sudah digunakan sebelumnya. Apalagi jika utilitas dari dapur tersebut belum digunakan secara penuh.

Sementara dari pihak konsumen, produk kuliner yang baru tersebut tidak akan terkait dengan produk sebelumnya. Pelanggan tidak akan mengetahui jika kuliner tersebut menggunakan dapur yang sama.

Hal seperti itu tentunya tidak bisa dilakukan jika pebisnis menggunakan konsep bisnis kuliner konvensional. Dengan kata lain, dengan mengusung konsep dapur ini, pebisnis dapat ekspansi produk dengan mudah.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat bisnis kuliner mengusung konsep cloud kitchen. Apabila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis tersebut, Anda dapat menggunakan jasa dari Everplate Kitchens.

Dengan memberikan infrastruktur premium dan berbagai fasilitas menarik lainnya, Everplate siap membantu usaha Anda menjadi lebih berkembang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News