by

Jangan Biarkan Kotor! Ini Cara Merawat Kabin Mobil di Rumah

-News, Otomotif-245 views

Leantoro.com. Jangan Biarkan Kotor! Ini Cara Merawat Kabin Mobil di Rumah. Apakah Anda selalu menunggu jadwal cuci mobil baru kabin mobil dibersihkan? Tak perlu menunggu sampai cuci mobil untuk membersihkan kabin. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah karena caranya sangat mudah.

Apalagi jika Anda baru saja melakukan perjalanan jauh selama beberapa hari. Membersihkan kabin mobil adalah salah satu langkah untuk menjaga kenyamanan saat berkendara. Anda tentu tidak mau berkendara di kabin yang bau dan penuh sampah.

Belum lagi jika Anda memiliki kebiasaan merokok saat berkendara. Tidak merawat kabin dengan rutin juga berpengaruh pada komponen di dalam seperti ketahanan jok, karpet bahkan dashboard. Intip cara membersihkannya di sini.

Cara Mudah Merawat Kabin Mobil Sendiri

Beberapa orang menganggap bahwa membersihkan kabin secara rutin adalah hal yang merepotkan. Inilah alasan mengapa kabin lebih cepat kotor walaupun sudah dibersihkan saat cuci mobil.

Kotoran yang sudah menumpuk pada jok, dashboard hingga karpet mobil adalah penyebabnya. Sehingga ketika dicuci tiga minggu atau sebulan sekali kotoran tersebut tidak bisa dihilangkan.

Nah, supaya kondisi kabin tetap terjaga dengan baik, beberapa cara merawat berikut ini bisa Anda dilakukan.

1. Memanfaatkan mesin vakum

Saat ini sudah banyak dijual mesin vakum portabel yang bisa Anda simpan di mobil. Alat ini sangat membantu ketika Anda harus membersihkan mobil saat bepergian. Gunakan mesin vakum untuk membersihkan debu di jok mobil dan ara dashboard.

Pastikan area dashboard dengan banyak celah dibersihkan dari debu. Begitu juga dengan celah-celah dan di bawah jok. Semua debu akan langsung terangkat dan menghindari kotoran menjadi kerak.

2. Mencuci karpet mobil

Anda juga harus melepaskan karpet mobil kemudian mencucinya. Hal ini juga biasanya dilakukan pada saat mencuci mobil. Walaupun menjadi bagian yang dipijak, karpet mobil harus tetap dicuci dengan rutin.

Tujuannya agar semua kotoran yang dibawa oleh sepatu, apalagi pada saat musim hujan sering membawa lumpur akan hilang. Kotoran pada karpet juga menjadi salah satu penyebab bau tidak sedap dalam kabin.

3. Menggunakan cairan pembersih

Ketika Anda menemukan kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan dengan mesin vakum, dibutuhkan cairan pembersih khusus. Cairan ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian jok mobil yang lebih cepat kotor.

Perhatikan jenis cairan yang digunakan karena perlu disesuaikan dengan jenis bahan jok. Misalnya untuk jok dari bahan kulit Anda sebaiknya menggunakan bahan poles khusus. Sedangkan untuk jok dari lapisan vinyl bisa menggunakan shampo untuk membersihkannya.

4. Mengganti filter kabin

Cek juga apakah filter pada kabin sudah kotor sehingga perlu dibersihkan atau diganti. Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang sering terlupakan. Filter ini juga berfungsi untuk menyaring kotoran udara pada sistem ac.

Saat membersihkannya jangan menyemprot dengan udara bertekanan tinggi karena akan merusaknya. Anda bisa menggunakan kuas lembut. Jika ternyata kotoran sudah banyak menumpuk akan lebih baik menggantinya.

5. Memasang pewangi kabin

Jika kabin sudah dibersihkan, Anda perlu memasang pewangi kabin. Ada banyak sekali pilihan aroma yang enak dan Anda bisa membelinya. Pasang pewangi ini di atas dashboard atau digantung pada spion depan.

Pewangi ini juga perlu diganti jika sudah tidak bisa menciptakan aroma yang wangi dalam kabin. Karena aroma yang dimiliki memiliki batas waktu pemakaian.

Periksa Juga Kondisi Mesin Mobil di Bengkel Suzuki Solo Terdekat

Usai membersihkan kabin Anda juga perlu mengecek kondisi mesin. Apakah Anda sudah melakukan servis secara rutin? Mesin harus dirawat dengan baik, Anda bisa melakukan servis langsung di bengkel resmi Suzuki Solo Indonesia Utama.

Servis di bengkel akan menjamin proses yang lebih aman, karena menggunakan alat lengkap dan teknisi handal. Hindari pergi ke bengkel lain yang belum tentu familiar dengan jenis mesin mobil Anda.

Di bengkel resmi Suzuki, Anda juga bisa mengunjungi website suzukisurakarta.co.id untuk tahu pasti lokasinya. Anda tinggal memilih lokasi bengkel terdekat dan memanfaatkan booking service yang sudah disediakan di website.

Tinggal mengisi formulir, menentukan jadwal servis dan datang ke bengkel sesuai tanggal yang dipilih. Anda pun bisa memeriksa kondisi mesin bebas antrian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News