by

Inilah Kalori Saat Bersepeda Berdasarkan Kecepatan dan Berat Badan

-Kesehatan-92 views

Leantoro.com. Inilah Kalori Saat Bersepeda Berdasarkan Kecepatan dan Berat Badan. Saat pandemi Covid-19 ini, bersepeda menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan olahraga fisik yang ringan karena bersepeda merupakan salah satu olahraga yang murah meriah, dan hampir setiap orang memiliki sepeda serta bisa menaiki sepeda.

Nah, selain untuk berolahraga demi kesehatan, maka kamu juga harus tahu berapa kalori yang telah kamu bakar saat bersepeda. Karena hitungan kalori saat bersepeda bisa berbeda-beda setiap orang.

Pada artikel kali ini, Leantoro.com akan mengulas tentang kalori saat bersepeda berdasarkan Kecepatan dan berat badan, namun sebelum mengulas lebih detail, sebaiknya kita harus tahu dahulu tentang apa itu kalori.

Apa Itu Kalori 

Kalori adalah jumlah energi yang bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi dimana rata-rata kebutuhan pria dewasa minimal 2.500 kcal per hari.

Sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2.000 kkal per hari. Namun, nilai kalori ini bisa berubah berdasarkan pada usia dan aktivitas fisik yang dilakukan.

Maka dengan tercukupinya kebutuhan kalori harian, maka tubuh tidak akan merasa lemas dan selalu  bertenaga sehingga bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, harus diingat bahwa Kalori sendiri memiliki hubungan yang sangat erat dengan berat badan. Jika kalori yang masuk kedalam tubuh kita lebih banyak dari kalori yang kita keluarkan, maka akan terdapat kelebihan kalori yang justru akan menambah berat badan kita.

Dan apabila kalori yang masuk ke dalam tubuh kita lebih sedikit daripada kalori yang kita keluarkan saat beraktivitas, maka tubuh kita akan mengalami penurunan berat badan.

Hitungan Kalori Saat Bersepeda

Hitungan kalori saat bersepeda setiap orang pastinya berbeda-beda, karena hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kecepatan, jarak bersepeda dan berat badan.

1. Hitungan kalori saat bersepeda dengan kecepatan 20 km/jam

Seseorang yang memiliki berat badan sekitar 60 kg dan berbersepeda dengan kecepatan 20 km/jam, maka sudah membakar kalori sebanyak 472 kalori.

Sementara itu jika seseorang memiliki berat badan sekitar 70 kg dan bersepeda dengan kecepatan yang sama yaitu 20 km/jam maka bisa membakar 563 kalori.

Dan apabila seseorang dengan berat badan sekitar 80 kg, maka saat bersepeda akan membakar 654 kalori dan untuk berat badan 90 kg lalu melakukan aktivitas bersepda maka kita akan membakar kalori sebanyak 745 kalori.

2. Hitungan Kalori saat bersepeda dengan Kecepatan 25 km/jam

Jika kamu yang memiliki berat badan sekitar 60 kg, maka saat kamu bersepeda dengan kecepatan 25 km/jam maka akan membakar kalori sebanyak 590 kalori.

Sedangkan bila seseorang memiliki berat badan 70 kg dan melakukan aktivitas fisik dengan bersepeda maka kalori yang dibakar sebanyak 740 kalori.

Bagi yang melakukan aktivitas bersepeda dan memiliki berat badan 80 kg maka akan mampu membakar 817 kalori. Sedangkan bagi yang memiliki berat badan 90 kg bisa membakar 931 kalori apabila mau melakukan aktivitas bersepeda setiap hari.

3. Hitungan Kalori saat bersepeda dengan kecepatan 30 km/jam

Lalu berapa kalori yang dibakar saat kamu bersepeda dengan kecepatan 30 km/jam untuk berat badan 60 kg, 70 kg, 80 kg dan 90 kg?

Apabila seseorang memiliki berat badan 60 kg lalu bersepeda dengan kecepatan 30 km/jam maka kalori yang bisa dibakar sejumlah 708 kalori.

Untuk seseorang yang memiliki berat badan 70 kg dan melakukan aktivitas fisik bersepeda maka kalori yang bisa dibakar sejumlah 844 kalori.

Dan apabila seseorang memiliki berat badan 80 kg, kalori yang bisa dibakar saat bersepeda sebanyak 981 kalori. Dan saat bersepeda dengan kecepatan yang sama yaitu 30 km/jam bagi seseorang yang memiliki berat badan 90 kg maka akan membakar sebanyak 1.117 kalori.

4. Hitungan Kalori saat bersepeda untuk kecepatan 33 km/jam

Saat bersepeda dengan kecepatan 33 km/jam maka bisa membakar kalori 944 apabila berat badannya seitar 60 kg. Sedangkan untuk berat badan 70 kg dan melakukan aktivitas bersepeda bisa membakar 1.126 kalori.

Apabila seseorang memiliki berat badan sekitar 80 kg dan melakukan aktivitas fisik bersepeda dengan kecepatan 33 km/jam, maka kalori yang dapat dibakar sebanyak 1.308 dan apabila berat badan seseorang memiliki berat badan 90 kg dan bersepeda dengan kecepatan 33 km/jam kamu bisa membakar sebanyak 1.489 kalori.

Nah, demikianlah perhitungan kalori bersepeda berdasarkan kecepatan dan berat badan, sehingga seseorang bisa mengetahui berapa jumlah kalori yang telah kamu bakar saat bersepeda berdasarkan dengan kecepatan dan juga berat badan. Ayo tunggu apalagi segera bersepeda dan bakar kalorimu ya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News