by

Inilah 5 Ide Masakan Lebaran Tanpa Santan, Jaga Kesehatan Namun Tetap Enak dan Nikmat

-Life Style, News-104 views

Leantoro.com. Inilah 5 Ide Masakan Lebaran Tanpa Santan, Jaga Kesehatan Namun Tetap Enak dan Nikmat. Sebentar lagi seluruh umat muslim akan merayakan Idul Fitri atau hari kemenangan, setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa.

Hari kemenangan atau juga disebut dengan lebaran ini selalu identik dengan masakan bersantan, seperti opor ayam, rendang, dan ketupat sayur.

Namun faktanya tidak semua orang bisa menyantap menu lebaran tersebut, apalagi yang menderita sakit tertentu yang tidak bisa mengkonsumsi santan. Hal tersebut dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Nah, jika ada anggota keluarga mu tidak diperbolehkan mengonsumsi masakan bersantan demi kesehatan, maka 5 ide masakan lebaran tanpa santan yang enak dan menyehatkan ini sangat tepat untuk hidangan lebaran kamu di rumah.

1. Soto Ayam

Yup, masakan berkuah satu ini merupakan opsi yang tepat untuk dijadikan sebagai menu lebaran yang sehat dan enak. Soto ayam merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang jadi favorit semua orang. Masakan ini memiliki kuah berwarna kuning yang berasal dari kunyit. Agar semakin menggugah selera, kamu bisa sajikan soto ayam dengan sambal dan jeruk nipis.

2. Bakso
Ide masakan lebaran tanpa menggunakan santan selanjutnya adalah bakso. Sama seperti soto ayam, masakan berkuah ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang jadi favorit di semua kalangan.

Campuran bakso daging yang enak dan kuah kaldu yang gurih menjadikan bakso sebagai salah satu masakan lebaran yang cocok menggantikan opor ayam atau ketupat sayur. Jangan lupa hidangkan bakso dengan bahan pelengkap lainnya seperti mie, sambal, atau kerupuk.

3. Rawon
Dinobatkan sebagai sup terenak di Asia 2020 versi TasteAtlas, rawon cocok dijadikan sebagai ide masakan lebaran tanpa santan. Dibanding sup lainnya, rawon memiliki penampilan yang berbeda. Makanan khas Jawa Timur ini memiliki kuah berwarna hitam dengan cita rasa yang khas dan menggoda di lidah. Agar semakin nikmat, sajikan rawon dengan nasi dan kerupuk.

4. Sate Ayam
Masih ingin mengonsumsi lontong di hari lebaran tapi tidak disajikan dengan masakan yang bersantan? Maka cobalah sajikan lontong dengan sate ayam. Jika ingin lebih enak dan gurih, kamu bisa menyajikannya dengan kuah sate padang. Jangan lupa taburkan bawang goreng dan kerupuk agar semakin menggoda di lidah.

5. Sambal Goreng Ati Ampela
Ide masakan lebaran tanpa menggunakan santan yang terakhir adalah sambal goreng ati ampela. Yup, biasanya masakan ini dijadikan sebagai pendamping untuk makanan berkuah santan, seperti opor ayam dan ketupat sayur. Karena memiliki gizi yang cukup seimbang mencakup karbohidrat, protein, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sambal goreng ati ampela cocok dijadikan sebagai lauk pendamping nasi saat lebaran

Nah, demikianlah 5 Ide Masakan Lebaran Tanpa Santan, Jaga Kesehatan Namun Tetap Enak dan Nikmat yang bisa kamu suguhkan di rumah ketika semua anggota keluargamu berkumpul di hari yang istimewa Idul FItri

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News