by

Guna Pemanasan Sebelum Kita Olahraga

-Kesehatan, News-321 views

Leantoro.com. Guna Pemanasan Sebelum Kita Olahraga. Sejak kecil kita sudah sering mendengar bahwa sebelum melakukan olahraga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, demi keselamatan kita? dan apakah kamu pernah mengalami betis kaki sakit atau kram saat berlari? Jika Iya, hal tersebut bisa jadi karena kamu tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga.

Guna Pemanasan Sebelum Kita Olahraga, memang sudah banyak diketahui orang, namun terlepas dari hal tersebt, pemanasan sebelum olahraga memang merupakan hal yang wajib dilakukan, pemanasan merupakan aktivitas kecil dengan gerakan-gerakan yang ringan, yang bertujuan menghindari risiko otot kram dan cedera otot saat melakukan olahraga.

Jadi sebelum memulai olahraga, sebaiknya lakukan pemanasan yang tepat, tidak peduli tingkat keterampilan olahraga kamu, namun pentingnya aktivitas pemanasan bisa mengurangi cidera saat kamu berolahraga.

Dan tahukah kamu, bahwa ternyata manfaat pemanasan tidak hanya bagus sebagai aktivitas sebelum olahraga, melainkan punya berbagai manfaat lainnya yang sangat penting untuk tubuh kita.

Guna Pemanasan Sebelum Kita Olahraga

Pemanasan sebelum olahraga dan aktivitas fisik lain yang berat memiliki dua tujuan utama yakni mencegah cedera dan meningkatkan kinerja dalam tubuh kita, namun supaya kamu tidak penasaran, yuk, kita ulas manfaat pemanasan sebelum olahraga yang patut kamu ketahui supaya saat kamu melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga dan aktifitas lainnya kamu tidak cidera dan juga tetap sehat.

1. Mencegah Cedera Saat Olahraga

Alasan utama kita melakukan pemanasan tentunya demi mencegah cidera, karena otot sudah menjalani pemanasan menjadi lebih lentur dan halus dan menjadi lebih tahan banting terhadap otot kram, terkilir, maupun sobek.

Pemanasan membantu tubuh memasok pasokan nutrisi lebih besar ke otot sehingga mengurangi nyeri otot dan membantu mempercepat pemulihan cedera sendi dan otot.

Pemanasan sebelum olahraga juga memberi waktu untuk otot menjadi rileks, dan aliran darah menjadi meningkat dan pasokan nutrisi ke otot dan mengurangi rasa sakit di otot setelah olahraga.

2. Tingkatkan Performa Olahraga

Manfaat pemanasan sebelum olahraga juga membuat otot lebih fleksibel dan meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai otot yang digunakan. Dengan meningkatnya aliran darah, maka tubuh kita akan mampu membawa lebih banyak persediaan oksigen ke seluruh tubuh kita. Jadi dengan adanya peningkatan performa olahraga kita bisa memperluas gerakan refleks dan jangkauan gerak olahraga.

3. Memelihara Kesehatan Tulang dan Persendian

Keuntungan pemanasan sebelum olahraga lainnya adalah membantu melumasi sendi dengan banyak cairan sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel, hal tersebut ternyata bisa mencegah korosi, sehingga tulang dan persendian akan selalu aman dan sehat.

4. Mempersiapkan Mental untuk Latihan Fisik Berat

Pemanasan juga merupakan kesempatan yang bagus untuk mempersiapkan mental supaya bisa memberikan 100 persen kemampuan kamu saat menghadapi erakan olahraga yang berat. Dengan melakukan pemanasan yang tepat kita dapat memperlancar aliran darah dengan baik ke seluruh tubuh.

Bukan hanya melancarkan aliran darah di otot dan persendian, dengan pemanasan bisa juga melancarkan aliran darah ke otak sehingga meningkatkan fokus dan kewaspadaan serta mengurangi stres.

5. Menstabilkan Detak Jantung dan Mengurangi Stres

Manfaat lain pemanasan sebelum berolahraga bisa menyehatkan jantung. Jika kamu tidak melakukan pemanasan, maka jantung akan berdegup kencang. Jadi lakukan pemanasan untuk menstabilkan detak jantung.

Pemanasan juga mampu menghilangkan perasaan stres dan depresi sebelum olahraga, dan kamu bisa mendapat efek relaksasi karena aliran darah dan oksigen lancar.

Jadi banyak sekali Guna Pemanasan Sebelum Kita Olahraga, terlebih apabila kita hendak melakukan olahraga yang berat, penuh dengan kecepatan gerak dan butuh kelenturan tubuh. Dengan pemanasan maka kita akan menghindarkan diri dari kecelakaan saat berolahraga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News