by

Menuju UMKM Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing

Menuju UMKM Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing. Saat ini merupakan saat dimana perkembangan digital sangat pesat, dimana hampir semua lini kehidupan tak pernah terlepas dengan teknologi berbasis digital, terutama di dunia usaha, dunia industri, dunia transportasi dan juga dunia perdagangan umum. 

Marketplace Besar Jadi Stimulan UMKM untuk bertransformasi

Munculnya berbagai usaha raksasa dibidang marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan sebagainya  telah menjadi stimulan untuk UMKM untuk bisa go digital meskipun saat ini masih banyak UMKM yang sebatas pengguna digitalisasi usaha sebagai mitra marketplace tersebut.

Meskipun saat ini masih banyak UMKM yang sering dipandang sebelah mata dalam dunia usaha namun tampaknya era kebangkitan UMKM semakin bergairah, mengepakkan sayap usaha untuk terus berkembang dan menjadikan UMKM sebagai usaha rakyat yang sukses financial.

Munculnya Grab dan gojek, berhasil juga membawa perubahan yang besar dalam dunia usaha UMKM, karena UMKM banyak yang menjadi mitra grab dan gojek mulai dari UMKM penyedia makanan dan minuman hingga UMKM yang memiliki produk lain yang bisa di kirimkan melalui aplikasi digital baik gofood, gosend, grabfood tentu hal tersebut tak lepas dari peran besar dunia digital.

Stimulan tersebut kini berhasil membawa “behavior changes” dalam dunia UMKM, bahkan tak jarang UMKM saat ini mulai melirik pengunaan dan penerapan teknologi informasi, bukan hanya sebagai mitra dari marketplace lagi, maupun mitra dari perusahaan layanan berbasis digital lainnya.

Kini UMKM sudah mulai membangun core bisnis nya sebagai startup dengan mengedepankan software atau aplikasi mobile, baik yang sudah tersedia, maupun mendevelopment software atau aplikasi sendiri.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News