by

Menuju UMKM Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing

Menuju UMKM Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing. Saat ini merupakan saat dimana perkembangan digital sangat pesat, dimana hampir semua lini kehidupan tak pernah terlepas dengan teknologi berbasis digital, terutama di dunia usaha, dunia industri, dunia transportasi dan juga dunia perdagangan umum. 

Marketplace Besar Jadi Stimulan UMKM untuk bertransformasi

Munculnya berbagai usaha raksasa dibidang marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan sebagainya  telah menjadi stimulan untuk UMKM untuk bisa go digital meskipun saat ini masih banyak UMKM yang sebatas pengguna digitalisasi usaha sebagai mitra marketplace tersebut.

Meskipun saat ini masih banyak UMKM yang sering dipandang sebelah mata dalam dunia usaha namun tampaknya era kebangkitan UMKM semakin bergairah, mengepakkan sayap usaha untuk terus berkembang dan menjadikan UMKM sebagai usaha rakyat yang sukses financial.

Munculnya Grab dan gojek, berhasil juga membawa perubahan yang besar dalam dunia usaha UMKM, karena UMKM banyak yang menjadi mitra grab dan gojek mulai dari UMKM penyedia makanan dan minuman hingga UMKM yang memiliki produk lain yang bisa di kirimkan melalui aplikasi digital baik gofood, gosend, grabfood tentu hal tersebut tak lepas dari peran besar dunia digital.

Stimulan tersebut kini berhasil membawa “behavior changes” dalam dunia UMKM, bahkan tak jarang UMKM saat ini mulai melirik pengunaan dan penerapan teknologi informasi, bukan hanya sebagai mitra dari marketplace lagi, maupun mitra dari perusahaan layanan berbasis digital lainnya.

Kini UMKM sudah mulai membangun core bisnis nya sebagai startup dengan mengedepankan software atau aplikasi mobile, baik yang sudah tersedia, maupun mendevelopment software atau aplikasi sendiri.

Transformsi UMKM Manfaatkan Aplikasi Mobile

Private Cloud Computing
Private Cloud Computing. Image : idcloudhost.com

Pelaku UMKM sangat yakin bahwa usaha mereka juga bisa berkembang dan menjadi besar dengan memanfaatkan teknologi informasi tak lagi sebatas menggunakan website maupun medsos, namun mulai merambah dalam penggunaan aplikasi mobile baik aplikasi android, maupun aplikasi iOs.

Tak hanya menggunakan aplikasi mobil untuk menginput semua data transaksi, namun juga mengembangkan mobile application untuk proses distribusi produk serta untuk transaksi jual beli.

Mengapa? karena saat ini hampir semua orang telah menganggap smartphone sebagai kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga pelaku usaha juga mentargetkan pengguna smartphone untuk dapat menjadi konsumennya.

Behavior changes di hampir semua lini kehidupan telah bertransformasi dari usaha berbasis manual menuju usaha berbasis digital juga telah membawa arah usaha UMKM semakin cepat dan luas tak hanya terbatas ruang dan waktu.

Teknologi Cloud Computing Sukseskan UMKM Go Digital

Dengan penggunaan mobile application atau aplikasi mobile di dalam mengembangkan UMKM, tak terlepas dengan adanya sebuah teknologi terbarukan yakni Teknologi Cloud Computing.

Dengan cloud computing semua data mobile application UMKM bisa diupload dan dijalankan dengan mudah, cepat dan aman. Jika telah menggunakan cloud computing UMKM tak perlu lagi membeli PC mahal yang dijadikan server karena semua aplikasi mobile UMKM cukup di upload dan dapat dijalankan dengan gampang.

Tak perlu menguasai Programming, tak perlu handal dalam Network System, juga tak perlu mendalami konfigurasi Server dan Hosting, karena yang dibutuhkan pelaku UMKM adalah usaha untuk mengenal, belajar dan mempelajari serta menggunakan teknologi terbarukan dalam system networking ini menuju UMKM yang Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing.

Dikutip dari idcloudhost.com sebagai salah satu Cloud Provider Indonesia terbaik di Indoneia. Prinsip Kerja Teknologi Cloud Computing saat ini adalah menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelelola data, sehingga sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut kedalam PC / laptop kita.

Semua file maupun aplikasi mobile UMKM akan tersimpan dalam virtual drive sehingga semua data akan lebih aman dan akan bisa diproses secara cepat.

Manfaat Teknologi Cloud Computing untuk UMKM Go Digital

Sukses Go Digital Teknologi Cloud Computing
Sukses Go Digital Teknologi Cloud Computing. Image : idcloudhost.com

Cloud Computing tentu saja tidak akan digunakan dan menjadi teknologi terbarukan yang sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia bisnis, apabila tidak memiliki manfaat sebagai substitusi dari PC/Server.

Setidaknya ada 3 manfaat paling penting Teknologi Cloud Computing untuk UMKM Go Digital

1. Media Penyimpanan Cloud Computing Terpusat pada Server

Teknologi cloud computing telah memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah di sediakan oleh cloud computing.

Selain itu, dari segi infrastruktur pengguna tidak tidak perlu lagi menyediakannya seperti data center, media penyimpanan, sudah tersedia secara virtual oleh cloud computing.

Sehingga UMKM hanya tinggal menyewa dan menggunakannya dalam mengeola data UMKM baik untuk input data, olah data, olah laporan maupun untuk transaksi.

Demikian juga dengan client atau konsumen dari UMKM, hanya perlu mendownload aplikasi umkm kemudian memasukkan login dan password maka sudah bisa mengakses ke dalam layanan aplikasi mobile UMKM. Bisa untuk order, melihat tagihan, melakukan pembayaran hingga tracing pengiriman produk.

2. Keamanan Data UMKM Lebih Terjamin

Keamanan data menjadi sangat penting sekali, untuk menciptakaa sebuah trust terhadap provider cloud computing, sehingga dalam penerapan teknologi cloud computing, provider telah menyediakan jaminan data sehingga data tidak mudah corrupt atau rusak , platform teknologi, jaminan ISO.

Dan terkait dengan keamanan data dan informasi UMKM Anda menjadi lebih aman terjaga dibandingkan metode konvensional yang digunakan oleh kebanyakan usaha saat ini.

3. Biaya Operasional UMKM Lebih Murah

Cloud Computing tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hard disk eksternal karena sudah ada media penyimpanan terpusat pada server.

Sehingga UMKM tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk maintenance server, tak perlu juga menyediakan sumber daya manusia yang handal untuk mengelola basis data didalam cloud computing.

Dan satu hal yang juga penting adalah bahwa sumber daya cloud computing, lebih tahan lama daripada UMKM membeli sebuah PC server mahal, karena produk hardware atau fisik memiliki masa pemakaian dan setelah masa pemakaian tersebut biasanya akan terjadi beberapa kerusakan dan berfungsi tidak optimal dan sering terjadi error.

Namun melalui cloud computing, semua serba virtual, meski di providernya tetap ada hardware dan softwarenya, namun di pihak UMKM semua nya bisa dikelola secara virtual dan menjadikan UMKM Go Digital dengan teknologi Cloud Computing.

Percayakan semua data UMKM Anda tersimpan dan dapat dijalankan melalui Cloud Computing terbaik di Indonesia hanya dengan biaya sewa mulai Rp.50.000/bulan dan UMKM siap Go Digital.

Private Cloud Computing Cocok Untuk UMKM

Banner Blog Competiotion 320x160

Saat ini, banyak sekali jenis cloud computing yang didasarkan atas akses penggunaan, namun alangkah baiknya jika UMKM memilih jenis Private Cloud Computing untuk menunjang kinerja aplikasi mobile nya supaya lebih terjaga dan lebih aman.

Dikutip dari IDcloudhost, Layanan Private Cloud merupakan layanan Full Cloud pertama di Indonesia yang mempermudah Anda untuk meluncurkan server Full Cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis, dan Fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim Teknis yang berpengalaman.

Dengan Private Cloud maka penggunaan dari teknologi Cloud ini hanya digunakan oleh satu UMKM saja secara private.

Penggunaan Private Cloud ini banyak digunakan buat interaksi bisnis, yang sumber daya cloud-nya bisa diatur, dan dioperasikan hanya oleh organisasi atau perusahaan yang sama. Sehingga keamanan semua data UMKM menjadi lebih terjamin.

Jadi bagaimana? apakah UMKM Anda akan Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing? segeralah percayakan semua apilkasi mobile usaha Anda dengan menggunakan Teknoogi Cloud Computing dan percayakan Private Cloud Computing UMKM Anda hanya melalui idcloudhost.com.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News