by

Bingung Kelola Keuangan UMKM? Ikuti Kursus Sukses Mengelola Keuangan UMKM Skill Academy

Bingung Kelola Keuangan UMKM? Ikuti Kursus Sukses Mengelola Keuangan UMKM Skill Academy. Pelaku UMKM seringkali dipusingkan dengan pengelolaan keuangan usahanya sehingga menyebabkan laporan keuangan yang tidak tepat bahkan sering kali tidak ada manajemen keuangan yang dikelola dengan baik.

Apa Itu Manajemen Keuangan UMKM?

Kursus Sukses Mengelola Keuangan UMKM Skill Academy
Kursus Sukses Mengelola Keuangan UMKM Skill Academy

Belajar Mengelola UMKM atau lebih tepatnya mengelola manajemen keuangan UMKM merupakan salah satu kegiatan penting dalam usaha atau berbisnis termasuk UMKM, dan hal tersebut perlu dipelajari dengan sungguh-sungguh agar usaha dapat dijalankan dengan baik.

Namun, fakta yang terjadi, mayoritas pengusaha UMKM cenderung tidak memahami kondisi keuangannya sendiri. Demikian juga dengan proses pemisahan keuangan pribadi dan usaha yang seringkali tidak dilakukan sehingga akan membawa dampak pada usaha UMKM tersebut yang kurang bisa cepat berkembang dan tak sedikit yang justru mengalami kemunduran bahkan gulung tikar.

Untuk meningkatkan kapasitas dari para pelaku UMKM, Skill Akademy dari Ruangguru memiliki kursus yang saat ini menjadi best seller diantara kursus lainnya, yaitu Kursus Sukses Mengelola Keuangan UMKM Skill Akademia.

Dengan adanya pengelolan keuangan yang baik dan tepat, diharapkan para pelaku UMKM bisa mengelola keuangan nya sehingga tidak menyebabkan kerugian dalam bisnis yang di bangunnya.

Pembukuan merupakan cara untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dan dilakukan oleh UMKM, dan manajemen keuangan UMKM bukan hanya mengenai pengelolaan uang kas UMKM, namun juga mencakup bagaimana mengelola kekayaan atau asset untuk menghasilkan keuntungan dan manfaat bagi usaha yang sedang dijalankan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam manajemen keuangan antara lain dengan memisahkan uang pribadi dan usaha, serta membuat pencatatan arus kas, kemudian membuat rencana penggunaan uang, dan mengontrol arus usaha, serta disiplin pada diri sendiri untuk menjalankan hal-hal tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News