by

Bagaimana Cara Cek NISN dan NPSN, Membuat Akun LTMPT, Mendaftar SNMPTN-UTBK-SBMPTN

Bagaimana Cara Cek NISN dan NPSN Online, Membuat Akun LTMPT untuk mendaftar SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. Hallo Sobat Leantoro.com, apakah kamu, atau ada anggota keluarga mu yang akan mendaftar perguruan tinggi negeri?

Nah, sebaiknya dan harusnya baca artikel menarik tentang Pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) untuk mendaftar SNMPTN dan UTBK-SBMPTN.

Sejak 4 Januari 2020 telah di buka Pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mendaftar SNMPTN dan UTBK-SBMPTN.

Data yang digunakan untuk mendaftar atau membuat akun LTMPT adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), serta jangan lupa tanggal lahir kamu ya.. haduh kalo lupa, ya namanya kebangetan.

Apa Itu NISN?

Dilansir dari laman Kemdikbud, NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Jadi pastinya kamu sebagai siswa dan sisi sekolah punya hal ini..jika nggak? pertanyaannya apakah kamu anak sekolah?

NISN tersebut diberikan kepada setiap peserta didik atau siswa dan siswi yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Cara Mengecek NISN

Untuk mengecek NISN Anda bisa mengakses laman: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

Sedangkan untuk , laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ tidak bisa diakses dan dialihkan karena masih ada proses konfigurasi server.

Nah, Setelah kamu bisa mengakses laman https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ langsung aja masukkan data:

  • Nama siswa
  • Tempat lahir
  • Tanggal lahir
  • Nama ibu
  • Kode Captcha

Jadi sebelum dimasukkan periksa kembali data-data dengan benar ya sobat. Jika sudah memasukkan semua data di atas dengan benar, Anda bisa klik ‘Cari Data‘.

Cara Mengecek NPSN

Cek NISN sudah, dan saatnya untuk mencari data NPSN, Anda bisa mengakses laman: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php

Setelah halaman terbuka, Anda akan dihadapkan data seluruh sekolah di Indonesia berdasarkan provinsi. Klik provinsi sesuai lokasi sekolah Kami.

Misalnya ‘Lampung’, lalu pilih kabupaten/kota-nya, kecamatan-nya, hingga muncul nama-nama sekolah. NPSN terletak di kiri atas di samping nama satuan pendidikan atau nama sekolah.

Diberitakan sebelumnya, LTMPT menggunakan sistem Single Sign-On (SSO) dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Sehingga, hanya dengan satu akun yakni akun LTMPT, peserta bisa mendaftar SNMPTN, UTBK, hingga SBMPTN, wow simple ya dan bisa berlaku seumur hidup..

Dan kabar gembira juga bagi lulusan 2020 ternyata bisa juga mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi dengan akun tersebut.

Waktu Pendafataran Akun LTMPT

Pendaftaran akun LTMPT telah dibuka mulai 4 Januari 2020 dan akan ditutup pada 1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Jadi sebaiknya kamu jangan sampai terlewat ya.

Sementara itu jadwal pendaftaran SNMPTN 2021 dimulai 15 sampai 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.  Perlu diingat juga bagi sekolah yang datanya masih belum benar atau ingin ada revisi masih ditunggu hingga 15 Januari 2021.

Nah, sobat Leantoro, demikian tadi artikel tentang Bagaimana Cara mengecek NISN dan NPSN secara Online yang akan digunakan untuk Membuat Akun LTMPT. Semoga berguna.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed