by

Bersama Melangkah Untuk Lebih Baik, Lindungi Properti dari Kebakaran dengan Asuransi Umum

-News-200 views

Leantoro.com. Bersama Melangkah Untuk Lebih Baik Lindungi Properti dari Kebakaran dengan Asuransi Umum. Bulan ini adalah bulan Desember 2020, cuaca ekstrim di Indonesia pada umumnya meningkat, hujan dengan intensitas tinggi selalu mengintai sepanjang hari, termasuk banjir juga terus menghantui terutama Ibukota Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia.

Hujan lebat yang disertai angin dan petir bisa saja menimbulkan terjadinya musibah kebakaran hebat dan hal tersebut tentu sangat merugikan, terutama untuk properti kita. Jangan sampai aset dan properti yang kita kumpulkan dan kita bangun ternyata harus lenyap di lalap si jago merah tanpa adanya perlindungan maksimal.

Musibah kebakaran sudah sering terjadi di Indonesia terutama di wilayah yang padat penduduknya, penyebab paling umum adalah kelalaian manusia itu sendiri.  Bahaya kebakaran terus mengintai di mana saja, dan kapan saja termasuk di rumah, kantor, pabrik maupun pasar.

Properti yang terbakar bisa disebabkan beberapa hal yang sebetulnya cukup sepele, mulai dari adanya hubungan arus pendek listrik, kebocoran gas hingga kompor meledak serta sembarangan meletakkan benda-benda yang mudah terbakar.

Berdasarkan data statistik yang diambil dari www.jakartafire.net listrik menjadi penyebab kebakaran tertinggi di DKI Jakarta.

Data Kebakaran Berdasarkan Penyebab di DKI Jakarta
Data Kebakaran Berdasarkan Penyebab di DKI Jakarta. Sumber : www.jakartafire.net

Hal ini tentu saja menjadi perhatian kita semua, sebagai warga negara, kita hendaknya selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan listrik terutama saat hujan lebat disertai petir dan kita semua harus berani lebih baik merubah pola hidup kita yang sembarangan menjadi lebih disiplin

Tips Mencegah Kebakaran

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah kebakaran yang bisa terjadi di rumah, pabrik, kantor, maupun pasar dan ditempat umum lainnya.

Tips Mencegah Kebakaran
Tips Mencegah Kebakaran. Sumber : bpba.acehprov.go.id

1. Bijak dalam Menggunakan Alat-Alat Listrik

Mempergunakan peralatan listrik hendaknya penuh kehati-hatian dan sesuai batas sewajarnya agar tidak melebihi beban kapasitas meter listrik di rumah atau properti kita.  Pastikan alat listrik telah mati dan sambungan arus listrik telah dicabut apabila sudah tidak digunakan lagi. Hal ini bisa meminimalisir risiko panas pada alat-alat listrik yang dapat memicu arus pendek listrik.

2. Jauhkan Korek Api dari Jangkauan Anak

Jika memiliki anak kecil, jangan pernah meletakkan pemantik api atau korek api sembarangan, karena sudah banyak sekali kasus kebakaran rumah yang diakibatkan korek api. Kecenderungan anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan memainkan benda apa saja disekitarnya, termasuk memainkan pemantik atau korek api yang dapat menimbulkan risiko kebakaran.

3. Bijak dalam menggunakan Kompor Gas

Kebakaran dalam rumah tangga sering juga terjadi karena tabung gas yang meledak. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah tidak menyolok bibir tabung gas dengan pisau, dan jangan lupa jika kita dan keluarga hendak bepergian dalam waktu yang lama misal saat liburan, maka sebaiknya selang gas harus dilepaskan dari tabung gas untuk antisipasi supaya tidak terjadi kebakaran.

4. Berhati-hatilah Ketika Merokok

Kebiasaan merokok juga dapat memicu terjadinya kebakaran. Pastkan puntung rokok sudah mati dan tidak ada bara api di puntung rokok. Karena percikan bara api ini bisa berakibat fatal membakar benda-benda di sekitarnya.

5. Sedia Alat Pemadam Kebakaran

fire extinguisher atau kita sering sebut apar atau Alat Pemadam Api Ringan juga kita butuhkan di properti kita, baik di rumah, kantor, pabrik maupun toko di pasar bahkan di dalam mobil. Menyediakan apar di sekitar kita adalah langkah berani lebih baik untuk antisipasi terjadinya kebakaran yang lebih meluas.

6. Pasang Alat Pendeteksi Asap

Smoke detector atau alat pendeteksi asap kini sudah banyak dijual bebas dan lazim digunakan baik di rumah atau apartemen pribadi, dipabrik maupun dihotel dan pasar modern. Alat pendeteksi asap ini biasanya dipasang di langit-langit, dan akan mulai berfungsi jika ada asap dengan intensitas tinggi dan tidak wajar, setelah itu, alat akan mengeluarkan suara peringatan dan kemudian memancarkan air dari atas.

7. Membuat Jalur Evakuasi yang Jelas

Salah satu langkah antisipasi penting adalah dengan membuat jalur evakuasi yang jelas dan tepat. Hal ini bisa Anda gunakan jika api terlalu besar untuk dipadamkan sendiri. Maka anda lebih baik menyelamatkan diri dan keluarga. Berlatihlah menggunakan jalur evakuasi dengan anggota keluarga, hal ini untuk membiasakan diri agar semua anggota keluarga tidak panik dan dapat menyelamatkan diri dari kebakaran.

Bersama Melangkah Untuk Lebih Baik dan Berani Lebih Baik

Bersama melangkah untuk lebih baik melindungi aset serta properti kita dari musibah kebakaran yang terjadi sewaktu-waktu, merupakan tujuan kita bersama, kolaborasi antara pemilik properti bersama dengan perusahaan asuransi seperti Tugu Insurance, tentunya demi tujuan bersama untuk meminimalisir kerugian akibat kebakaran yang sangat tidak kita inginkan.

Lalu bagaimana cara kita melindungi aset berharga dan properti kita dari bahaya kebakaran?  tentu saja tidak ada orang yang menginginkan musibah kebakaran terjadi, namun untuk mengurangi kerugian jika kebakaran itu terjadi pada properti kita, kita harus berani lebih baik lagi memproteksinya melalui asuransi umum.

Melalui produk asuransi umum seperti asuransi kebakaran & properti, setidaknya kita telah mengurangi resiko kerugian material atas aset, bangunan, dan isi bangunan yang kita miliki, sehingga kita dapat tinggal dengan aman dan nyaman tanpa rasa cemas dan rasa putus asa.

39 Tahun Tugu Insurance Berani Lebih Baik

Tugu Insurance
39 th Bersama Tugu Insurance Melangkah untuk Lebih baik

Secara umum, perlindungan aset dan properti dari kebakaran memang bisa ditanggung oleh asuransi umum di Indonesia, namun kita juga perlu mengetahui setiap detail perlindungan yang kita harapkan dari perusahan asuransi, apakah bisa tercover atau tidak di perusahaan asuransi umum tersebut, sehingga pemilihan perusahaan asuransi juga sangat penting dilakukan, langkah berani dalam selektif memilih asuransi menjadi pondasi kuat kita untuk berani lebih baik mempercayakan property kita di perusahaan asuransi yang tepat dan sesuai dengan harapan kita.

Salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia yang memiliki layanan dalam perlindungan aset dan properti dari kebakaran adalah Tugu Insurance yang telah memiliki pengalaman lebih dari 39 tahun sebagai perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia.

Tugu insurance memberikan kebutuhan proteksi asuransi kebakaran yang bisa menjamin kerugian atau kerusakan pada harta benda yang dipertanggungkan. 
Jaminan yang di proteksi antara lain terjadinya kerugian akibat kebakaran, kerugian akibat petir, kerugian akibat ledakan, kerugian akibat kejatuhan pesawat terbang, dan kerugian yang timbul akibat terjadinya asap.

Dengan perluasan jaminan yang meliputi : tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga akibat kebakaran, kecelakaan diri akibat kebakaran, biaya pengobatan akibat kebakaran, santunan biaya pemakaman akibat kebakaran, kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan huru-hara, serta kebongkaran

Selain itu, masih ada lagi jaminan tambahan yang di proteksi yaitu kerugian karena angin topan, badai, banjir & kerusakan akibat air, kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat, huru-hara

Jadi, sebagai pribadi/individu pemilik bangunan dan/atau isinya, maupun sebagai perusahaan pemilik bangunan dan/atau isinya juga sebagai bank atau lembaga keuangan lainnya bisa memproteksi kebakaran melalui Tugu Insurance dimana tarif premi produk asuransi di Tugu Insurance telah disesuaikan dengan ketentuan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed