Leantoro.com. Ayo Dukung Kelompok Wanita Tani Lampung Barat Olah Kopi Organik Go Nasional. Kopi menjadi salah satu komoditas andalan Lampung terutama Lampung Barat, yang sangat kaya dengan sumber daya alam serta menjadi salah satu kabupaten yang memiliki sebaran perkebunan kopi terbesar di Lampung.

Salah satu daerah yang tempat budidaya kopi dan hasil perkebunan di Lampung Barat adalah Kecamatan Air Hitam dan Way Tenong.

Kedua kecamatan ini sangat terkenal dengan kopi organiknya karna masih banyak petani yang tidak menggunakan zat-zat kimia.

Pengabdian IBDM tahun 2017 dan 2018 dijalin oleh tim pengabdi dari Univeristas Muhammadiyah Metro yang diadakan di desa Srimenanti  Kecamatan Air Hitam.

Pemilihan Desa Srimenanti karena desa ini memiliki potensi untuk perkebunan dan memiliki potensi untuk pengembangan produk hasil perkebunan guna untuk  meningkatan kapasitas dan ekonomi masyarakat, selain itu juga masyarakatnya terbuka untuk menerima pembaharuan dalam segi teknologi yang ramah lingkungan.

Apa Itu Kopi Organik?

Berbicara tentang kopi, tentu saja hampir semua orang tahu dan mengenal kopi bahkan pernah minum kopi, namun bagaimana dengn minum kopi olahan yang dikembangkan oleh Kelompok Wanita Tani Lampung Barat, yang memproduksi kopi, mengolah kopi secara organik?

Kopi Organik yang diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani di Lampung Barat memang benar organik, karena tidak menggunakan zat-zat kimia seperti pestisida, herbisida dan pupuk kimia dengan tujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dari kopi dan bukan sekedar kopi yang biasa dijual di distributor, pengepul atau pabrik.

Proses Pengolahan Kopi Organik

Lalu, bagaimana dengan proses pengolahan kopi organik ? Yuk kita simak langkah pengolahan kopi organik yang telah dikembangkan melalui beberapa tahapan yakni :

  1. Kopi yang digunakan merupakan kopi merah yang sudah masak dan merupakan hasil panen dari perkebunan kopi yang tidak menggunakan pestisida dan pupuk kimia.
  2. Kemudian, biji Kopi tersebut dijemur dibawah Terik Matahari (FULL SUN DRYING) Hingga Kadar Air Tersisa 20% Sampai Dengan 25%.
  3. Langkah berikutnya adalah Pemisahan kulit Biji Kopi dengan cara tumbuk manual/tradisonal dengan lesung atau menggunakan mesin tumbuk (untuk menjadi Greenbean / Beras / Pasir Kopi siap goreng).
  4. Lalu dilakukan menyortiran greenbean kopi organik kering yang terbaik yaitu biji kopi yang masih utuh dan bersih.
  5. Lakukan penjemuran kembali beras/ biji kopi organik dibawah terik matahari (full sun drying) hingga kadar air tersisa 10% sampai dengan 13%.
  6. Langkah berikutnya adalah dengan mencuci semua greenbean kopi hingga bersih.
  7. Setelah itu, dilakukan Penjemuran Kembali hingga kadar air tersisa 10% sampai dengan 13%.
  8. Langkah berikutnya adalah memulai proses produksi dengan melakukan Penggorengan/pengsangraian dengan cara manual/tradisional dengan kayu bakar juga dengan penggorengan tradisional panci besi atau dengan cara di-oven.
  9. Untuk warna produk terdiri dari hitam (CITY ROAST), cokelat kehitaman, dan kecoklatan. Warna tersebut tergantung dari lamanya penggorengan. Pada umumnya penikmat kopi pada masyarakat Indonesia dan Asia lebih menyukai jenis kopi yang dimasak hingga hitam (CITY ROAST). Sedangkan untuk beberapa negara asia seperti Korea, Jepang, Taiwan mereka menyukai cokelat kehitaman. Sedangkan untuk kawasan Eropa lebih menyukai warna kecoklatan.
  10. Langkah yang sangat penting berikutnya adalah proses pembubukan atau membuat greenbean menjadi bubuk kopi, dengan menggunakan alat penggilingan yang bisa membuat benar-benar halus.
  11. Setelah proses tersebut bubuk didinginkan lalu dikemas sesuai dengan takaran pemesanan konsumen, Menggunakan Packing yang sterill untuk menjaga agar bubuk kopi tetap fresh sampai berbulan-bulan bahkan sampai setahun.

Ayo Dukung Kelompok Wanita Tani Lampung Barat Produksi Kopi Organik bisa Go Nasional

Nah, sudah tahukan proses pembuatan kopi organik yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani di Lampung Barat, untuk itu mari kita dukung usaha rakyat ini agar mampu untuk berkembang pesat dan hasil produksi serta olahan kopi organiknya bisa go nasional. Sehingga bisa menambah kesejahteraan dari masyarakat petani kopi di Lampung Barat.

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang kopi organik Lampung Barat? atau untuk order kopi organiknya langsung saja kunjungi media sosial milik Kelompok Wanita Tani (KWT) berikut ini, ya.

Email: sinaunung@gmail.com

Facebook: Sinau_nung Coffee

Instagram: Sinau_nung.Coffee  

Twitter: Sinaunung coffee

Demikianlah Artikel Ayo Dukung Kelompok Wanita Tani Lampung Barat Olah Kopi Organik Go Nasional, semoga bermanfaat dan Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Leave a Reply