by

Ayo Dukung Kelompok Wanita Tani Lampung Barat Olah Kopi Organik Go Nasional

-Bisnis, News-679 views

Leantoro.com. Ayo Dukung Kelompok Wanita Tani Lampung Barat Olah Kopi Organik Go Nasional. Kopi menjadi salah satu komoditas andalan Lampung terutama Lampung Barat, yang sangat kaya dengan sumber daya alam serta menjadi salah satu kabupaten yang memiliki sebaran perkebunan kopi terbesar di Lampung.

Salah satu daerah yang tempat budidaya kopi dan hasil perkebunan di Lampung Barat adalah Kecamatan Air Hitam dan Way Tenong.

Kedua kecamatan ini sangat terkenal dengan kopi organiknya karna masih banyak petani yang tidak menggunakan zat-zat kimia.

Pengabdian IBDM tahun 2017 dan 2018 dijalin oleh tim pengabdi dari Univeristas Muhammadiyah Metro yang diadakan di desa Srimenanti  Kecamatan Air Hitam.

Pemilihan Desa Srimenanti karena desa ini memiliki potensi untuk perkebunan dan memiliki potensi untuk pengembangan produk hasil perkebunan guna untuk  meningkatan kapasitas dan ekonomi masyarakat, selain itu juga masyarakatnya terbuka untuk menerima pembaharuan dalam segi teknologi yang ramah lingkungan.

Apa Itu Kopi Organik?

Berbicara tentang kopi, tentu saja hampir semua orang tahu dan mengenal kopi bahkan pernah minum kopi, namun bagaimana dengn minum kopi olahan yang dikembangkan oleh Kelompok Wanita Tani Lampung Barat, yang memproduksi kopi, mengolah kopi secara organik?

Kopi Organik yang diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani di Lampung Barat memang benar organik, karena tidak menggunakan zat-zat kimia seperti pestisida, herbisida dan pupuk kimia dengan tujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi dari kopi dan bukan sekedar kopi yang biasa dijual di distributor, pengepul atau pabrik.

Proses Pengolahan Kopi Organik

Lalu, bagaimana dengan proses pengolahan kopi organik ? Yuk kita simak langkah pengolahan kopi organik yang telah dikembangkan melalui beberapa tahapan yakni :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News