by

Tips Memilih Oli Mobil Terbaik untuk Menjaga Performa Mobil

Leantoro.com. Tips Memilih Oli Mobil Terbaik untuk Menjaga Performa Mobil. Anda pengguna kendaraan bermotor jenis apapun harus mengetahui masing-masing komponen kendaraan serta bagaimana cara perawatannya.

Dengan mengetahui masing-masing komponen dan bagaimana cara perawatan yang tepat tentu akan membantu menjaga data tahan kendaraan bermotor Anda.

Salah satu bagian yang memiliki peran penting pada kendaraan bermotor adalah oli. Baik oli mobil maupun oli motor memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga daya tahan dan kinerja kendaraan Anda.

Bagaimana Memilih Oli Mobil yang Tepat dan Berkualitas Terbaik

Bagi kendaraan bermotor, oli berfungsi sebagai pelumas, sebagai pembersih dan juga untuk menutupi celah yang timbul pada dinding mesin.

Fungsi utamanya tentu saja untuk menjaga kestabilan suhu pada mesin serta melindungi mesin dari karat. Karena itulah dalam memilih oli untuk mobil ataupun motor harus benar-benar teliti untuk mendapat oli berkualitas.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih oli mobil yang bagus.

  1. Memahami Karakter Mesin Mobil

Memilih oli untuk mobil bukan tentang merek apa yang bagus atau merk apa yang terkenal. Namun, memilih oli untuk mobil adalah tentang kualitasnya dan kecocokannya dengan mesin mobil yang digunakan.

Karena itu, sebelum memilih oli mobil, hal paling penting adalah memahami karakter mesin mobil yang Anda gunakan.

Cara paling sederhana adalah dengan membaca manual book yang diberikan saat Anda membeli mobil. Di dalam manual book ini akan dijelaskan tentang karakter mesin mobil Anda dan rekomendasi jenis oli yang tepat.

  1. Perhatikan Kekentalan Oli

Oli memang memiliki fungsi yang sama untuk setiap kendaraan bermotor. Namun tentu saja, kandungan di dalam oli ini harus sesuai dengan karakter mesin kendaraan Anda.

Karena itu, ketika memilih oli untuk mobil, perhatikan nomor Society of Automotif Engineer (SAE) yang menunjukkan tingkat kekentalan oli mobil.

Memahami kekentalan oli untuk mobil ini bukan hanya sekedar memahami konsistensi oli saja, namun juga bagaimana berdasarkan konsistensi tersebut Anda bisa mengetahui kemampuan perlindungan oli untuk jenis atau karakter mesin yang berbeda.

Misalnya, untuk mobil keluaran terbaru membutuhkan oli dengan viscosity-grade rendah (lebih encer). Tujuannya adalah untuk melumasi mesin serta meningkatkan gaya gesek yang cenderung lebih rendah untuk mesin kendaraan baru.

Begitu pula sebaliknya untuk kendaraan lama, dibutuhkan oli yang lebih kental untuk melumasi komponen pada celah mesin yang telah renggang dengan lebih baik.

  1. Penggantian Oli secara Berkala dengan Oli Asli

Tips paling penting ketika memilih oli mobil adalah selalu gunakan oli asli dan lakukan penggantian secara berkala. Untuk kendaraan roda 4, oli merk Mobil adalah pilihan yang direkomendasikan untuk kendaraan Anda.

Oli ini memiliki berbagai varian yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah di platform belanja online, melalui situs resminya di mobil.co.id ataupun di bengkel-bengkel tempat Anda melakukan service.

Penggantian secara berkala setelah kendaraan menempuh jarak setidaknya 10.000 km juga akan membantu dalam menjaga performa kendaraan bisa tetap optimal.

Sebagai salah satu komponen dengan peran paling penting pada kendaraan bermotor, oli tentu menjadi perhatian utama dalam perawatan kendaraan bermotor Anda.

Bagi Anda pengguna kendaraan bermotor roda empat (mobil) penjelasan tips tentang bagaimana cara memilih oli mobil yang baik di atas akan sangat membantu Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut Anda bisa memilih oli yang tepat dan terbaik untuk mobil Anda. Jika bisa memilih oli terbaik untuk mobil, maka performa kendaraan pun bisa tetap optimal dan kendaraan juga bisa bertahan lebih lama.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed