Pengertian dan Manfaat Internet Exchange Point
Loading...

Leantoro.com. Mengenal Lebih Dekat Pengertian Dan Manfaat Internet Exchange Point. Saat ini kecepatan akses internet lebih lancar dibandingkan waktu dulu. Dimanapun hampir semua bisa mengakses internet.

Akses internet bisa dilakukan siapa saja bahkan yang ada dipedalaman karena banyaknya provider yang menyediakan jaringan internet ini.

Dengan adanya internet dengan kecepatan tinggi maka pekerjaan menjadi sangat mudah. Bayangkan saja kalau dulu mau kirim photo atau pun video membutuhkan waktu yang lama. Beda dengan sekarang ini semua bisa lebih mudah. Bertukar file via email juga lebih mudah dengan kecepatan internet di era sekarang.

Kecepatan yang dimiliki di era digital ini tak lepas karena adanya Internet Exchange. Point. Mungkin bagi sebagian orang masih belum memahami mengenai internet exchange point  ini. Internet exchange ini juga memiliki banyak manfaat dalam kecepatan jaringan internet khususnya.

Pengertian Internet Exchange Point

Internet exchange point atau yang biasa disingkat IXP ini memiliki arti suatu fasilitas yang telah disediakan oleh penyedia layanan internet khususnya yang berada di Indonesia untuk bisa saling bertukar traffic antara penyedia layanan dalam satu lingkup sehingga bisa akses internet bisa lebih fleksible.

Melihat dari pengertian internet exchange point tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi pengguna layanan internet. Dan memang hal tersebut sengaja diberikan fasilitas demi meningkatkan kecepatan akses internet di seluruh pelosok Indonesia.

Manfaat Internet Exchange Point

Internet Exchange Point memberikan banyak manfaat bagi pengguna internet. Adanya internet Exchange Point ini memudahkan berselancar internet bahkan bagi mereka yang ingin bisa internet ketika di luar negeri. Di antara manfaat internet Exchange Point ini diantaranya:

Biaya Akses Internet Ke Luar Negeri Lebih Murah

Sebelum adanya internet Exchange Point ini untuk berselancar internet di luar negeri sangatlah rumit sekali. Harus ada pihak ketiga yang mengurusnya agar bisa menikmati jaringan internet sewaktu berada di luar negeri.

Namun untungnya sekarang sudah ada Internet Exchange Point. Dengan adanya IXP ini biaya akses internet ke luar negeri bisa lebih murah bahkan bisa juga gratis. Sangat bermanfaat sekali kan adanya Internet Exchange Point ini.

Jarak Rute Jaringan Semakin Pendek

Dengan jarak jaringan yang semakin pendek maka para penyedia layanan internet lebih mudah dalam bertukar traffic. Kemudahan dalam bertukar traffic ini mampu memudahkan dalam mempersingkat jalur akses data.

Hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan. Dampak positif dengan adanya jarak rute yang makin pendek maka pengelolaan sumber daya akan jauh lebih baik dan kendali terhadap routing juga semakin mudah.

Bandwidth Lebih Besar Tapi Akses Internet Makin Lancar

Pemakaian internet yang terus menerus tentunya menyebabkan kapasitas bandwidth menjadi lebih besar dibanding pemakaian internet yang jarang. Dengan hadirnya IXP maka bisa menangani masalah yang ada dengan memberikan solusi terhadap apa yang dibutuhkan pengguna internet.

Beberapa aplikasi internet ada yang membutuhkan bandwidth yang besar. Contoh dari aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya seperti streaming video, video call, video gaming, file sharing, teleconference dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kapasitas bandwidth yang diperlukan begitu besar jika anda berselancar beberapa aplikasi tersebut. Untungnya ada IXP menjadikan berselancar internet semakin cepat dan stabil jadi jaringan internet menjadi lebih baik performanya.

Internet Exchange Point memang mampu memberikan akses internet semakin cepat dan lancar. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar IXP dan penyedia layanan ini maka anda bisa hubungi Next Datacenter. Kebutuhan internet anda bisa terpecahkan oleh nextdatacenter.com.

Demikianlah Pembahasan tentang Pengertian Internet Exchange Point serta Manfaat Internet Exchange Point

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *