Cara Meningkatkan Kecepatan Website
Loading...

Leantoro.com. Maksimalkan Kecepatan Website, Pengunjung Melimpah, Penghasilan Meningkat. Dunia Online semakin berkembang, berbagai teknologi terus bersaing, demikian juga dengan dunia bisnis, sistem penjualan juga serba online dengan dukungan sarana serta prasarana yang sesuai.

Bagi para pebisnis online, memiliki website yang supercepat tampaknya menjadi salah satu harapan agar bisnis onlinenya bisa berkembang dan maju atau bisa dikatakan berhasil. Mengapa? apa hubungan website yang cepat dengan keberhasilan bisnis onlinenya?

Penulis sebagai seorang blogger sangat ingin agar website ini (leantoro.com) bisa di loading dengan sangat cepat, supaya bisa menghasilkan traffik atau visitor yang banyak sehingga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan atau earning dari Adsense, dan juga supaya bisa menjadi blog yang menjadi rujukan sehingga bisa memperbanyak jobs placement artikel dari berbagai produk, layanan dan juga bisnis lain.

Karena saya seorang blogger, jadi saya anggap bahwa Artikel adalah produk yang saya jual untuk mendatangkan pembaca atau pengunjung. Saya memang belum mengoptimasi blog pribadi saya ini, karena selama ini yang saya optimasi blog atau website saya yang lain.

Jadi sesuai dengan judul artikel ini bahwa apabila kita mampu Meningkatkan Kecepatan Website, maka kita akan bisa meraih traffik dari pengunjung agar datang ke website kita, sehingga apa yang kita jual, apa yang kita pasarkan melalui website tersebut bisa terkonversi menjadi keuntungan yang banyak bahkan kalo bisa hingga tumpah.

Mengapa Website Harus Cepat?

Bagi pebisnis online, website menjadi salah satu media untuk bisa mengenalkan produknya, atau jasa yang menjadi core bisnis nya, jadi sangat wajar apabila pebisnis online selalu mengupayakan yang terbaik untuk website nya sebagai rumah, sebagai toko untuk produk dan jasa yang ia jual atau yang di pasarkan.

Bahkan tak jarang seorang pebisnis online menggelontorkan banyak uang sebagai investasi untuk menjaga dan memoles websitenya agar menjadi lebih cepat, dengan membayar mahal jasa optimasi website agar bisa muncul menjadi pageone di SERP pencarian seperti Google Search, Yahoo Search, dan Bing Search.

Hal yang paling mudah dipahami, adalah dengan memposisikan diri kita sebagai pengunjungl? website, apakah ketika membuka website kita harus menunggu lama untuk mendapatkan informasi? atau dengan sekejap semua informasi sudah muncul?

tentu saja pilihan ke dua menjadi indikator bahwa performa website yang di loading cepat ternyata sangat dinantikan oleh pengunjung.

Secara garis besar dari artikel-artikel yang pernah saya baca, bahwa pengunjung akan meninggalkan sebuah website yang ia klik apabila kemampuan meload informasi dari website tersebut lebih dari 3 detik.

Jadi usahakan website teman-teman bisa lebih cepat dari 3 detik agar pengunjung tidak pergi, jadi faktor kenyamanan untuk pengunjung sebagai indikator untuk mempercepat loading website

Cara Mempercepat Website atau Blog yang saya miliki

Nah, mungkin cara saya dalam mempercepat website sama dengan orang lain, mungkin juga beda karena menyangkut hal-hal teknis yang bisa saja sama, karena saya sendiri juga masih belajar utak atik website.

Hal yang paling sering bahkan hampir setiap hari saya lakukan untuk mempercepat loading website antara lain :

1. Memperkecil ukuran image / gambar sebelum di publish dalam sebuah artikel

Hal ini sangat penting dilakukan sebelum teman-teman mempublish artikel, karena image yang berukuran kecil akan mudah di akses dan tidak boros ruang penyimpanan di server

2. Mengurangi penggunaan image / gambar

Semakin banyak terdapat gambar dalam sebuah artikel di website akan membutuhkan waktu yang lama agar sistem dapat di loading secara sempurna, saya sendiri biasanya hanya menggunakan 1-3 gambar saja

3. Sering bersihkan cache atau file-file sampah

Cache adalah bagian dari web yang datanya tersimpan di dalam Random Access Memory (RAM) yang lebih cepat diakses daripada di dalam hardisk. Namun, kapasitas RAM akan semakin tergerus jika data yang diolah web banyak, hal ini dapat mengurangi kecepatan website/blog.

4. Kurangi outboundlink/inboundlink aktif

Hal ini, tentu saja untuk mengurangi beban kinerja server yang meload semua link aktif, sehingga akan membutuhkan resources yang besar untuk mengakses semua link aktif, baik inboundlink (link antar artikel dalam 1 blog) maupun outboundlink (link antar blog)

5. Tidak memberikan link aktif di footer

Hal ini, hampir sama dengan bagian diatas, yaitu agar supaya beban server dalam meload data dari url aktif tidak terbebani.

6. Hapus widget yang tidak diperlukan

Penggunaan widget harus sangat diperhatikan dengan baik, karena apabila kelebihan widget justru menimbulkan beban berat pada kinerja web/blog. Jadi pastikan widget yang dipasang tidak terlalu banyak dan memang benar-benar dibutuhkan.

7. Gunakan Plugin seperlunya

Plugin merupakan script/kode yang dibuat oleh pihak lain diluar template yang fungsinya sangat membantu, namun terkadang dengan memasang plugin yang terlalu banyak akan mengurangi kinerja website, sehingga pemilihan plugin untuk website juga harus di pikirkan secara baik.

8. Perkecil ukuran script/kode pada website

Website dibangun dengan script/kode termasuk kode CSS yang biasanya sangat berat, nah kita bisa menggunakan tool yang disediakan secara online untuk memperkecil ukuran CSS, yaitu menggunakan CSS Compressor.

9. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring web. Dengan CDN maka seluruh isi web kita akan di mirror di dalam server cadangan CDN, dan berikut ini 3 CDN yang paling direkomendasikan :

  1. CloudFlare
  2. MaxCDN
  3. Stackpath

10. Pilih dan gunakan penyedia hosting yang berkualitas

Saat ini, semakin bertumbuhnya website dan blog membuat penyedia hosting juga selalu memberikan performa yang prima, berbagai layanan dan teknologi ditawarkan untuk pelanggan, jadi carilah penyedia hosting yang memberikan kepastian kecepatan server yang baik, jadi pilihlah hosting tercepat untuk website teman-teman.

Untuk di Indonesia, saya sendiri merekomendasikan dewa web sebagai hosting tercepat karena memiliki layanan #Fasterhosting dimana teknologi cloud hosting telah diintegrasikan kedalam server.

Saat ini, dewa web menggunakan Intel Xeon Gold seri terbaru, dengan tambahan tools LiteSpeed Cache, dan teknologi yang digunakan untuk optimasi website paling mutakhir, dan kerennya, adalah dewa web tidak memungut tambahan biaya kepada pelanggan.

Integrasi LSCache
Dewaweb sendiri tampaknya menjadi penyedia hosting pertama Indonesia yang telah menggunakan LSCache untuk semua servernya, dimana tools LSCache sangat penting untuk mempercepat loading sebuah website.

HTTP/2 + QUIC + Brotli
ditambah lagi dengan teknologi web terbaru HTTP/2, QUIC (Quick UDP Internet Connections) dan Brotli Compression untuk kecepatan website teman-teman, sesuai dengan namanya, Brotli Compression memudahkan untuk mengkompress semua data website sehingga website akan semakin cepat

Super Fast SSD
100% Pure SSD Storage merupakan hal yang sangat istimewa karena ini semacam hardisk namun memiliki kapssitas dan kinerja yang jauh lebih cepat dari hardisk sebelumnya.

Platinum Partner LiteSpeed
Untuk urusan optimasi kecepatan website, dewaweb didukung dengan Platinum Partner dari LiteSpeed Technologies, jadi sudah gak perlu ragu menggunakan penyedia hosting terbaik ini.

Redis Caching Support
Teknologi Redis database object caching juga telah diintegrasi dengan LiteSpeed Cache juga sehingga entah bisa berapa kali kenaikan kecepatan sebuah website dalam mengelola data dalam server.

Ninja Support 24/7
Tim Ninja Support dari Dewa Web siap sedia selama 24 jam untuk membantu pelanggan yang mengalami masalah, jadi nggak perlu panik jika tiba-tiba websitemu ada kendala ya teman.

Jadi tunggu apalagi, percayakan website teman-teman di Dewa Web yang sudah terbukti, cepat dan murah… nggak percaya buktikan sendiri

11. Pilih penyedia hosting yang memberikan Virtual memory usage yang besar 

Penggunaan Virtual Memory Usage yang besar sangat menguntungkan kinerja server karena bisa mengelola data dengan cepat, sehingga pastikan bahwa penyedia hosting juga menawaerkan virtual memory usage yang besar.  Hosting yang memberikan virtual memory besar bukan berarti mahal, masih banyak hosting murah yang tetap menjaga kualitas server dan memberikan virtual memory usage yang besar.

12. Gunakan template yang ringan

Template / theme sangat berperan besar dalam menentukan kecepatan akses atau loading website, semakin ringan template semakin cepat website bisa di akses, demikian pula sebaliknya. Jadi teman-teman juga perlu memperhitungan penggunaan template yang tepat untuk website yang akan digunakan untuk bisnis online.

Tak hanya memiliki tampilan yang memukau, juga kelengkapan menu yang baik namun keringanan akses juga wajib dipertimbangkan.

Kesimpulan Maksimalkan Kecepatan Website, Pengunjung Melimpah, Penghasilan Meningkat

Berdasarkan dari uraian yang saya sampaikan diatas, bisa ditarik beberapa kesimpulan :

  1. Bahwa website yang baik adalah website yang bisa menampilkan semua informasi untuk pengunjung dalam hitungan detik
  2. Diperlukan upaya dengan berbagai cara dan metode untuk mempercepat loading atau akses website
  3. Pemilihan hosting terbaik yang berkualitas juga mempengaruhi kinerja server website
  4. Kinerja Website banyak dipengaruhi oleh banyak hal masih perlu dioptimasi.
  5. Maksimalkan Kecepatan Website dapat mendatangkan pengunjung, sehingga bisa berbanding lurus dengan Penghasilan

8 Replies to “Maksimalkan Kecepatan Website, Pengunjung Melimpah, Penghasilan Meningkat”

  1. saya rasa semua pengunjung suatu blog setuju dengan saya, kalo buka blog ya yang mudah loadingnya. ketika buka gambar enggak berat. saya juga biasa menampilkan gambar dalam bentuk mediam atau minim size.

  2. Nah kalo narok kontak, about, disclaimer di footer bagus tidak om, kan ada template blog yang pada bagian footernya ada menu nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *