by

Tips Memilih Hosting, Studi Kasus Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 Melalui SSCN.BKN.GO.ID Sangat Sulit di Akses

Tips Memilih Hosting, Studi Kasus Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 Melalui SSCN.BKN.GO.ID Sangat Sulit di Akses. Overload visitor, hal ini tentunya sudah diprediksi oleh BKN.

Tarik ulur penerimaan CPNS 2018 dan beberapa tahun tidak ada penerimaan CPNS membuat semakin menambah angka pendaftar cpns 2018 dan apalagi pendaftaran menggunakan sistem online, akan semakin membuat website tambah sangat sulit diakses.

Berkaca dari sebelumnya, dimana memang setiap pendaftaran di hari pertama web SSCN.BKN.Go.ID pasti sulit di akses dan bisa saja mengalami down dan error, seharusnya di tahun ini bisa diantisipasi, namun pada kenyataannya mungkin karena pengakses yang jauh lebih banyak bisa berkali-kali lipat dari kapasitas server atau hosting yang digunakan ya tetep saja membuat website Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 menjadi sangat sulit di akses.

Jadi Pelajaran yang bisa kita ambil dari kasus tak bisa nya diakses website Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018 yaitu  SSCN.BKN.GO.ID adalah apakah Server yang digunakan sudah handal dan mumpuni untuk menampung jutaan visitor pada detik yang sama ? Bagaimana dengan blog teman-teman? sudah menggunakan Hosting atau server yang hebat khan?

Pemilihan Hosting atau server yang tepat memang sangat penting untuk kelancaran, dan saya pribadi yakin bahwa BKN juga telah memilih layanan server yang sangat handal untuk menghandle penerimaan cpns 2018 ini.

Bukan hanya BKN, namun juga kita semua yang berkecimpung dalam dunia website, baik webmaster maupun blogger hendaknya juga bisa memilah dan memilih server mana yang handal, dan masing-masing pasti mememiliki langganan penyedia Hosting tersendiri, demikian juga dengan saya.

Mengapa Pemilihan Hosting untuk Web itu Sangat Penting

Pemilihan Hosting terbaik yang tentunya handal dan tidak pernah mengalami masalah sangat-sangat sulit, banyak membandingkan antara penyedia hosting yang satu dengan yang lain, tak hanya dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, namun juga bagaimana dengan layananan support dari tim support penyedia hostingnya serta harga juga menjadi daftar mata pilihnya.

Proses membandingankan satu Layanan hosting dengan yang lain pasti sering dilakukan, mulai dari mencari di google search atau bing search, atau yahoo search bahkan sampai harus sedetail mungkin dan banyak membaca dari berbagai pengalaman orang lain yang justru malah sering membuat bingung, karena perbedaan review dari beberapa orang meski provider hostingnya sama.

Tips Mencari Hosting yang Murah, Handal, Aman dan tanpa Masalah?

Mungkin itu terlalu ideal, namun tentu saja membutuhkan ketelitian dan spent waktu yang cukup lumayan, namun jika Hosting yang mahal apakah juga sebanding dengan kehandalan, keamanan dan terbebas dari masalah? tidak juga khan.

Menurut penglamana saya, ada beberapa hal yang penting meski kadang sepele yang menjadi penilaian saya sebagai Blogger jika ternyata spesifikasi yang ditawarkan satu penyedia hosting dengan penyedia lainnya seimbang bahkan sama, dan juga biaya yang relatif tidak terpaut jauh

1. Saya akan selalu menanyakan apakah ada Live Support dari Tim Support IT dari penyedia Hosting tersebut.

Jika salah satu live support itu ada bahkan bisa 24 jam dan yang lain tidak ada, saya lebih memilih yang ada live support, karena biasanya “jika ada permasalan” bisa langsung dilaporkan dan ditangani, tanpa kita harus membuat ticket aduan dan menunggu beberapa hari bahkan parahnya penangan juga dilakukuna sendiri berdasarkan email panduan dari tim support.

Live support menjadi salah satu hal sepele namun sangat penting yang biasanya di gunakan oleh Blogger dan webmaster untuk menentukan penyedia hosting mana yang akan di gunakan, kecepatan penanganan permasalahan yang terjadi memang menjadi salah satu yang sangat penting dalam dunia Hosting.

2. Saya akan memilih hosting yang memberikan layanan domain gratis selamanya, selama masih menyewa hosting di penyedia tersebut

Hal itu bisa membuat lebih hemat secara gak langsung karena setiap tahun biaya pembayaran domain bisa ditekan. Walaupun itu dalam bahasa dagang, dan saya tahu domain juga sudah di includkan biayanya di Hosting namun tetep menjadi nilai tersendiri bagi saya, minimal saya gak pusing, karena jika sudah bayar perpanjangan hostng otomatis domain juga diperpanjang, kecuali domain hasil dari pindah server domain.

3. Menyediakan Secure Sockets Layer (SSL Gratis)
Nah, ini juga menjadi point pemilihan Hosting, karena SSL Certificate sat ini sedang trending yah, jadi harus disediakan free tanpa client di bebani biaya sewa SSL.

Apa itu SSL (Secure Socket Layer)? SSL merupakan salah satu tools sekuriti yang digunakan dalam memberikan kemanan ketika pengguna melakukan berbagai transaksi dan mencari informasi di dalam website kita, sistem keamanan tersebut dilakukan dengan cara menambah enkripsi pada setiap keluar masuk data.

4. Saya pasti akan pilih Hosting yang memberikan Addon Domain Unlimited, Bandwith Unlimited, SSD Disk Space Unlimted, dan backup harian

Hal tersebut sangat penting apalagi jika blog atau web kita sudah memiliki pengunjung yang ramai Manajement Bandwith memang sangat diperhitungkan, gak asyik aja khan tiba-tiba saat sedang ramai-ramainya eh mengalami overload, web tidak bisa diakses?

Nah, belum lagi jika SSD Disk Space nya terbatas, yah, gak puas ngeblog bikin artikel upload gambar dan video tewas dech hostingnya.. gak bisa upload lagi.

Jika Addon, karena saya gak suka memiliki banyak hosting, biasanya saya kumpulkan semua web atau blog saya kedalam 1 penyedian hosting

Nah salah satu penyedia hosting di Indonesia yang bisa mengakomodir semua yang telah saya sebutkan diatas adalah www.hostinger.co.id/web-hosting yang memberikan layanan dan spec hosting premium meski harga murah.

Harga Paket Web Hosting Hostinger
Harga Paket Web Hosting Hostinger

Nah, jadi gimana kawan? apakah sudah bisa mangakses website SSCN.BKN.CO.ID atau website Sistem Seleksi CPNS Nasional 2018? nah, bagi Anda yang belum bisa mengakses jangan berkecil hati

Sabarlah menanti bahkan jika perlu tengah malam baru mengakses gak masalah, karena biasanya disaat tengah malam , terjadi penurunan jumlah visitor, karena sudah tidur, kawan.

Selamat berjuang semoga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil, jangan tanya saya ya, karena umur saya sudah lewat dan saya gak bisa mendaftar lagi. Trimakasih sudah membaca. ditunggu comment dan Share nya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 comments

    1. Hosting yang bagus di INdonesia yang pernah pakai Rumahweb dan Domainesia mas. hehee. VPS butuh pengetahuan teknis untuk deploy sistem, kebanyakan blogger pada minta bantaun yang ahli, atau minta terima jadi, karena emang lebih rumit ketimbang hosting

  1. Saya baru sebulan ini mencoba menggunakan hosting untuk blog, dan yang saya pilih yaitu paket untuk pemula. Semoga saja mampu bertahan dan mengembangkan ke paket yang lebih leluasa dalam kapasitas penyimpanan dan bandwidth nya.

    Terima Kasih juga udah share pengalaman. Bisa lebih yakin lagi untuk memilih penyedia hosting.

  2. Iya setuju sekali. Entah kenapa banyak web yang penting, lemot aksesnya deh. Sama seperti web untuk login pendataan tenakes, trus kepegawaian, dll. Pokoknya yg penting-penting ini malah sulit diakses. Hehe. Saya sendiri gak terlalu paham. Blog aja dibuatin suami.