by

Jika Aku Menjadi Pemimpin “Siapkan 1000 Generasi Muda di Tiap Propinsi untuk Jadi Kader Lingkungan Hidup, Tangguh Hadapi Perubahan Iklim di Indonesia”

Jika Aku Menjadi Pemimpin “Siapkan 1000 Generasi Muda di Tiap Propinsi untuk Jadi Kader Lingkungan Hidup, Tangguh Hadapi Perubahan Iklim di Indonesia”. Menjadi seorang pemimpin hendaknya memiliki Visi, Misi dan Tujuan yang positif, dan maju.

Kita semua tahu, bahwa sejak anak belajar di taman kanak-kanak sudah di kenalkan tentang konsep lingkungan hidup ada materi alam dan lingkungan sekitar dan sosial meski dalam konsep sambil bermain, dan menginjak usia SD anak-anak sudah mulai menerapkan materi tentang alam dan lingkungan serta ilmu sosialnya untuk mencintai lingkungan hidup misal budaya membuang sampah pada tempatnya

Ketika sudah berada di SMP anak-anak sudah dilatih untuk memilah sampah organik dan sampah anorganik, kemudian dilatih juga mengolah sampah organik untuk menjadi pupuk kompos, disamping mempelajari berbagai materi pelajaran IPA dan IPS yang lebih luas lagi.

Di tingkat SLTA siswa-siswi sudah berlatih menjadi konseptor dari ilmu IPA dan IPS, menjadi researcher ilmiah dan tentu saja telah siap menjadi implementor di sosial kemasyarakatan terkait isu lingkungan hidup.

Lalu kemanakah Peran Generasi Muda untuk Indonesia saat ini, sesuai dengan ilmu IPA dan IPA yang telah dipelajari selama sekolah? generasi muda yang telah dididik untuk mengenal, paham dan mengerti tentang Lingkungan hidup seharusnya bisa berkiprah untuk lingkungan hidup dan lingkungan sosial, acap kali “hilang” karena tuntutan kehidupan yang lebih rumit.

Kurangnya kesadaran untuk berperilaku menyayangi alam sekitar dalam konteks sosial kemasyarakatan bukan karena kurangnya materi pelajaran yang diterimanya selama sekolah, melainkan kurangnya implementasi konkrit dan kurangnya kesempatan untuk para generasi muda mengabdikan ilmunya atau dengan kata lain, lapangan pekerjaan yang erat kaitannya dengan lingkungan hidup sangat terbatas jika dibandingkan lapangan kerja manufaktur.

Sebelum membahas peran generasi muda, yang akan saya siapkan jika saya sebagai pemimpin negeri ini ada baiknya kita bahas tentang hal yang mendasari saya untuk menyiapkan 1000 generasi muda di tiap propinsi sebagai kader lingkungan hidup yang tangguh hadapi Perubahan iklim di Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *