Cobain! 8 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Ideal Tanpa Diet Ketat

Leantoro.com. Cobain! 8 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Ideal Tanpa Diet Ketat. Diantara banyak orang tentulah sangat mendambakan memiliki tubuh ideal sesuai dengan standar kesehatan.

Namun untuk mencapai berat badan ideal, selain mengubah diet harian, kamu juga harus menjalani olahraga agar mendapatkan hasil memuaskan, dan tentunya hal tersebut juga butuh konsistensi dan motivasi yang cukup besar dari dalam diri sendiri.

Berikut adalah beberapa cara ampuh untuk menurunkan berat badan tanpa diet yang menyiksa:

1. Makan Menggunakan Piring Kecil

Tahukah kamu, bahwa ternyata ukuran piring juga mempengaruhi sebanyak apa makanan yang akan kamu konsumsi. Hal tersebut berdasarkan studi yang dilakukan Cornell University di Amerika Serikat.

Hasil studi mengungkap bahwa makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 2 pound atau 0,9 kg per bulan.

Hal ini terjadi karena saat makan di piring kecil, otak akan menerima isyarat visual bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan.

Karena itu, usahakan pakai piring berukuran kecil saat mengambil makanan, ya!

2. Jangan makan sambil mainan nonton televisi

Nah, ini yang sebagian dari kita masih bandel yaitu makan sambil menonton siaran televisi atau drama korea, anime, donghua favorit yang memang menyenangkan.

Kebiasaan makan sambil nonton televisi ini ternyata tidak bagus untuk tubuh mu, lho! Makan sambil menonton televisi bisa mengganggu konsentrasi karena otak akan kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh.

Karena itu, berikan perhatian yang lebih pada makanan yang sedang Anda santap supaya berat badan tetap terjaga.

3. Jangan makan sambil mainan Smartphone

Secara prinsip sama dengan cara nomor 2, karena otak kita konsentrasinya pada smartphone sehingga kita tidak mengetahui asupan makanan yang sudah masuk, sehingga sangat disarankan untuk saat makan, ya jangan menggunakan smartphone, gadget, laptop atau yang lain.

4. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Tahukah kamu bahwa otak membutuhkan waktu untuk memproses informasi bahwa kita sudah cukup makan. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh dapat membuat Anda makan lebih lambat. Hal ini mampu menurunkan asupan makanan.

5. Hindari Stres

Sadarkah kamu, bahwa ketika kamu mengalami stress yang tinggi, maka akan cenderung lebih banyak makan karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang mampu meningkatkan nafsu makan.

Biasanya, makanan yang dikonsumsi ketika stres adalah makanan-makanan yang tidak sehat. Jika Anda dalam kondisi stres, atasi dengan melakukan kegiatan yang disukai, seperti mendengarkan musik atau melakukan meditasi dan yoga.

6. Kurangi Asupan Gula dan Junk Food

Aduh..gula itu memang sangat enak, memiliki rasa manis dan lezat ketiak sudah dipadu dengan berbagai makanan. Namun gula mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi ketika Anda sedang menurunkan berat badan.

Selain itu, mengonsumsi gula secara berlebih dapat mengganggu kesehatan tubuh. Anda juga harus mengurangi makanan-makanan junk food karena mengandung lemak jenuh.

7. Minum Air Secara Cukup

Komposisi tubuh manusia terdiri dari 60% air, sehingga air memiliki peran yang sangat penting bagi fungsi tubuh. itulah mengapa Anda tidak boleh membiarkan tubuh dehidrasi. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar bisa berfungsi dengan baik untuk membakar lemak tubuh.

Minum air putih bisa menekan nafsu makan dan meningkatkan sistem metabolisme. Maka dari itu, disarankan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum Anda mulai makan.

8. Cukup Istirahat

Tahukah kamu, bahwa jika kamu kekurangan waktu untuk istirahat ternyata bisa menyebabkan cepat lelah dan tidak bertenaga, sehingga enggan untuk beraktivitas dan berolahraga.

Kurang tidur juga bisa memicu produksi ghrelin, hormon yang menimbulkan rasa lapar. Maka dari itu, jika Anda sedang menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mencukupi waktu tidur, yakni 7-9 jam per hari agar berat badan tetap terkontrol.

Nah, demkianlah 8 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Ideal Tanpa Diet Ketat, yang bisa kamu cobain dalam menikmati hidup sehari-hari secara konsisten agar berat badan idealmu bisa kamu capai.