Benarkah Orang yang Sudah Divaksin Bisa Tertular Covid-19, Tapi Virusnya Sedikit?

Leantoro.com. Benarkah Orang yang Sudah Divaksin Bisa Tertular Covid-19, Tapi Virusnya Sedikit?. Orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19 memang masih bisa tertular penyakit ini, tetapi jumlah virusnya (viral load) rendah hal tersebut berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine

Orang yang telah divaksin Covid-19 lalu terpapar covid-19 cenderung tidak akan menularkan penyakit dibandingkan dengan orang yang belum divaksin.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa orang yang sudah divaksin akan memiliki gejala yang ringan dan lebih cepat sembuh jika terinfeksi covid-19 daripada orang yang belum divaksin.

“Bahkan ketika seseorang divaksin dan mereka tertular, gejalanya ringan dan cenderung tidak mengalami demam,” kata salah satu peneliti, ahli epidemiologi Mark Thompson.

Mark Thompson menegaskan, hal ini bisa jadi pertimbangan bahwa jika kita sudah divaksin maka kemungkinan kita menyebarkan virus di sekitar lebih rendah.

Vaksin untuk Nakes

Penelitian itu dilakukan dengan mengikuti 3.975 tenaga kesehatan yang menjalani tes mingguan antara pertengahan Desember sampai April 2021

Infeksi Covid-19 dideteksi pada 204 partisipan studi, termasuk lima orang yang sudah mendapat vaksinasi lengkap dan 11 orang yang baru mendapat satu kali suntikan vaksin Pfizer atau Moderna.

Mereka yang sudah mendapat vaksin lengkap memiliki viral load 40 persen lebih rendah dibanding orang yang tidak divaksin, dan juga virus yang terdeteksi selama lebih dari satu minggu juga lebih rendah 66 persen, gejala demamnya pun lebih jarang.

Orang yang sudah divaksin dan terinfeksi Covid-19 itu tak ada yang membutuhkan perawatan di rumah sakit karena gejalanya tergolong ringan atau sedang.

Durasi sakitnya juga lebih singkat, lebih kurang lima hari lebih sedikit mengalami gejala. Berdasarkan hasil studi ini, tim peneliti menghitung bahwa vaksin 91 persen efektif mencegah infeksi pada orang yang sudah divaksin dan 81 persen efektif pada orang yang baru divaksin satu kali.

Jadi apakah kamu masih takut untuk Vaksin Covid-19 dan meragukan fungsi vaksin-19? Segeralah Vaksin karena itu akan melindungimu, dan juga orang lain disekitarmu.