by

Kunci Sukses Usaha Katering Makanan di Masa Pandemi Covid-19

-Bisnis-356 views

Leantoro.com. Kunci Sukses Usaha Katering Makanan di Masa Pandemi Covid-19. Usaha dibidang kuliner memang akan selalu hidup dan tidak akan pernah ada matinya, karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap hari.

Meskipun dimasa pandemi covid-19 hampir semua lini kehidupan terdampak, namun kita semua tetap harus makan, tetap harus berusaha untuk memulihkan ekonomi. Dan Usaha Katering Makanan akan tetap bertahan, namun dengan penyesuaian protokol kesehatan terkait penyediaan makanan.

Dan jika Anda ingin sukses dalam usaha katering makanan dimasa pandemi covid-19 ini, sebaiknya membaca artikel ini sampai selesai, karena topik ini sangat penting untuk Anda yang telah memiliki usaha katering maupun untuk Anda yang masih akan membuka usaha katering makanan.

1. Tentukan Pasar Katering Makananmu

Dimasa pandemi ini, tidak semua segmen pasar bisa Anda bidik dengan mudah, karena ada beberapa segmen pasar yang tidak bisa Anda jangkau karena mungkin segmen tersebut masih Stay at Home seperti Katering Makanan Sekolah baik untuk guru dan siswa atau mahasiswa.

Dunia pendidikan masih belum tatapmuka sehingga pilihan pasar ini kurang baik kamu bidik sebagai peuang usaha katering makanan. Namun kamu bisa membidik segmen kantor atau perusahaan. Cobalah untuk masuk ke perusahaan yang terdekat dengan lokasi Anda.

2. Selalu Jalankan Protokol Kesehatan

Ini juga menjadi sangat penting, jika katering makananmu sudah bisa masuk ke segmen perusahaan atau karyawan kantor, maka kamu harus juga merubah packaging katering makanan mu sesuai dengan protokol kesehatan.

Mulai dari tempat makanan katering yang dibagikan secara perorangan, karena mungkin diperusahaan atau kantor tidak lagi menyediakan tempat atau kantin.

Prokes juga diterapkan untuk setiap karyawan baik yang mengantar katering, juga karyawan yang memproduksi makanan.

Menjaga kebersihan baik di temat produksi, maupun semua hal yang berkaitan dengan pengiriman katering makanan juga harus menjadi perhatian Anda sebagai pemilik usaha.

3. Cari Supplier Bahan Makana yang Murah dan Berkualitas

Harga bahan baku makanan baik di pasar maupun di toko satu dengan lainnya mungkin tidak jauh berbeda, namun karena Anda membutuhkan bahan baku makanan yang jumlahnya banyak, maka sebaiknya Anda survey dengan tepat supplier yang murah dan berkualitas.

Hal tersebut sangat penting untuk kelangsungan persediaan bahan makanan setiap hari dlam jangka waktu yang panjang.

Pilihlah toko yang menyediakan supplier paling murah namun tetap berkualitas dan terjaga kesegarannya, dan memilki stok yang juga banyak.

Usahakan Anda bisa langsung membeli ke Dstrbutor bahan bakunya, jangan membelinya di pasar ataupun toko kelontong. Dengan begitu, Anda pasti mendapat harga yang lebih hemat dan pasokan yang tetap terjaga.

4. Membuat paket katering yang menarik

Biasanya katering makanan membuat menu dalam bentuk paket, yang berisi makanan, minuman, snack dan dessert. hendaknya Anda menyusun paket yang menarik dengan memadupadankan berbagai masakan yang cocok cita rasanya satu sama lain. Apalagi jika segmen pasar mu adalah Karywan perusahan atau kantor maka menu harian perlu kamu susun

Perhatikan juga kesegaran dan kualitas bahan baku, karena hal ini akan mempengaruhi rasa masakan. Pastikan Anda selalu menggunakan bahan-bahan yang terjaga kualitasnya.

Persiapkan jadwal pengiriman dengan tepat untuk menjamin makanan sampai di tangan pelanggan dalam kondisi yang terjaga rasa dan kualitasnya, alias enggak basi.

Jika modal katering Anda sudah cukup besar dan pesanan makanan juga dalam jumlah yang banyak, maka kamu bisa menggunakan jasa penyewaan mobil box yang dapat diatur suhunya untuk menjaga masakan tetap segar.

5. Teruslah berkreasi dan berinovasi

Jika Anda sudah berhasil mendapatkan order katering makanan secara berkesinambunan, maka sebiknya Anda harus terus berkreasi dalam menciptakan menu-menu makanan yang baru dan beragam yang bisa menjadi pilihan untuk pelanggan.

Hal ini sangat penting, agar pelanggan tidak bosan, kreasikan menu masakan yang lezat, unik dan menarik, apalagi kalau menunya menyehatkan, bisa jadi nilai tambah di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News