by

Inilah Penyebab dan Ciri Anak Tantrum, Serta Cara Cerdas Mengatasinya

-Life Style, News-455 views

Leantoro.com. Inilah Penyebab dan Ciri Anak Tantrum, Serta Cara Cerdas Mengatasinya. Tantrum atau emosi yang berlebihan pada seorang anak seringkali ditandai dengan anak yang menangis kencang bahkan tak jarang melempar barang dan hal tersebut sering terjadi dan berulang pada anak balita.

Sesungguhnya anak tantrum merupakan hal yang normal dan lumrah terjadi pada anak yang kadang memiliki keterbatasan untuk mengekspresikan perasaannya.

Orangtua sering kali dilanda rasa bingung dan panik apabila sang anak mengalami tantrum. Namun yang perlu diingat saat anak tantrum usahakan agar setiap orangtua tetap tenang dan hindari untuk memarahi anak.

Namun, tantrum pada anak tidak boleh dibiarkan dan orangtua juga harus memahami pola tantrum yang dialami oleh anak, mulai dari marah dan frustrasi, hingga perilaku yang sulit diatasi dan dikendalikan seperti tangisan, jeritan, dan kasar yang disertai dengan memukul-mukul atau menendang, hingga berlarian menghindari hal yang menjadi pemicu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 comments

  1. Betul sekli kak cara menenangkan anak yg lg tantrum cara paling baiknya memang hrus tunggu tantrum anak mereda dlu klo perlu Ajak anak berdialog dan berikan pilihan (negosiasi). Jadi, si Kecil akan merasa dilibatkan. Dan tdk merasa dicueki perasa dia

  2. Banyak ortu2 yang masih bingung dalam menangani anak2 tantrum. Bahkan ada yang belum paham bedanya tantrum dengan sekedar menangis.

    Dengan tulisan di atas ini semoga ortu2 muda menjadi paham arti tantrum dan ciri2nya, serta mampu menangani tantrum yang dialami buah hatinya.

  3. Info bagus, nih. Saya sering bingung kalau ponakan lagi tantrum. Ternyata memang harus ditunggu dan diajak komunikasi ya biar anak bisa belajar mengekspresikan emosi. Terima kasih banyak!

  4. Artikel yang sangat inspiratif sekali, terutama bagi pasutri yang baru mempunyai anak. Saya pun mengalaminya, dan terkadang memang suka bingung kalau melihat anak marah dan suka banting-banting barang. Dengan ada artikel di atas, saya jadi tahu cara mengatasinya. Terimakasih admin leantoro

  5. Artikelnya bermanfaat, jadi ada referensi baru untuk kami sebagai orang tua. Memang sebaiknya ada upaya preventif sih agar anak tidak tantrum, perlu momen antara orang tua dan anak untuk bersama. Terima kasih sharingnya kak!

  6. Bener sekaliii, kalau anak tantrum memang harus dibiarkan sampai dia benar-benar mengeluarkan semua emosinya. Cuma ya kadang orang-orang sekitar seperti neneknya yang kadang masih suka panik dan masih aneh dengan metode ini. Sebagai orang tua juga harus mengedukasi keluarga lainnya agar tak intervensi saat kita sebagai orang tua sedang “menenangkan” anak yg tantrum.

  7. Pengalaman pribadi, saat anak tantrum ternyata bukan cuma diri yang harus tenang. Tapi juga lingkungan sekitar harus mendukung. Seringnya pas anak tantrum, orang-orang sekitar malah panik dan maksa si anak buat diam 😅

  8. Sesungguhnya anak tantrum merupakan hal yang normal dan lumrah terjadi pada anak yang kadang memiliki keterbatasan untuk mengekspresikan perasaannya.

    Dan batas kesabaran orangtua juga berbeda

Hot News