Cara Efektif Menghilangkan Bau Badan Pada Anak Remaja

Leantoro.com. Cara Efektif Menghilangkan Bau Badan Pada Anak Remaja. Bau badan bisa terjadi pada semua orang tidak memandang usia, termasuk pada anak remaja. Menghilangkan bau badan bukan perkara yang mudah terutama jika bau badan terjadi pada anak remaja.

Menghilangkan Bau Badan Pada Anak Remaja
Menghilangkan Bau Badan Pada Anak Remaja

Keringat menjadi salah satu pemicu terjadinya bau badan pada manusia termasuk anak remaja. Sudah menjadi masa pada anak, ketika aktivitas fisik meningkat seiring dengan keaktifannya bergerak membuat keringat terus menerus keluar dari dalam tubuh.

Lalu, apakah keringat itu berbau? sangat penting untuk diketahui bahwa keringat pada dasarnya tidak berbau dan tidak menimbulkan bau, namun bau badan muncul jika ada bakteri yang hidup dan memecah protein tertentu dalam keringat dan membentuknya menjadi asam. Jadi semakin banyak dan lama bakteri hidup dalam keringat maka bisa membuat bau badan muncul.

Waktu yang paling sering bau badan pada anak remaja muncul adalah ketika mengalami pubertas. Karena salah satu ciri pubertas yang dialami oleh anak pada usia remaja adalah mudah berkeringat.

Hal tersebut memicu timbulnya bau badan pada anak di usia remaja, bau badan akan muncul pada bagian bawah ketiak dan beberapa bagian tubuh lain. Hal ini terjadi karena hormon pubertas menstimulasi kelenjar yang berada di dalam kulit, termasuk kelenjar keringat yang terdapat di bawah ketiak.

Saat keringat dan bakteri bercampur menjadi satu, muncullah bau tak sedap pada anak Anda. Sehingga sangat penting bagi anak dan orang tua untuk lebih memerhatikan bau badan.

Lebih baik mengganti pakaian yang baru dikenakan dengan pakaian bersih dan lebih rajin mandi dengan sabun supaya bakteri yang ada di keringat bisa hilang.

Untuk menghilangkan bau badan pada tubuh anak remaja, orang tua hendaknya harus mencari terlebih dahulu sumber dan penyebabnya. Biasanya, area tubuh anak remaja yang memiliki aroma menyengat pada area kaki, area ketiak, dan area kemaluan.

Bau badan ini terjadi karena kebersihan tubuh dan pakaian yang kurang dijaga, namun selain itu bisa juga terjadi karena jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak, atau kondisi khusus pada tubuh anak.

Berikut cara mengatasi bau badan pada anak:

1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Fokus bermain dibanding memedulikan kebersihan tubuhnya, menjadi penyebab utama banyaknya bakteri yang menempel pada kulit dan bercampur dengan keringat sehingga dengan mudah bau badan muncul.

Sebagai orangtua kita harus rajin menjaga kebersihan tubuh anak dengan meminta anak mandi rutin sebanyak dua kali dalam sehari tentu saja mandi dengan sabun supaya bakteri bisa hilang.

Selain itu, ingatkan anak untuk jangan lupa membilas dan mencuci tangan dengan bersih setelah buang air.

2. Menjaga kebersihan pakaian dan sepatu

Sebagai orang tua, kita harus selalu mengingatkan dan membantu menjaga kebersihan pakaian dan sepatu anak. Dengan menjaga kebersihan pakaian, akan menghindarkan anak dari berbagai penyakit kulit. Hal ini juga membantu menghindari munculnya bau badan.

Pastikan agar anak memakai pakaian yang kering. Selain itu, ajarkan anak untuk mencuci pakaian dan sepatu dengan benar hingga bersih. Jangan biarkan anak terlalu lama memakai sepatu yang membuat kakinya berkeringat.

3. Jaga Menu Makanan

Menjaga menu makanan anak sangat penting, karena ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu bau badan. antara lain bawang putih dan bawang merah. Kedua jenis makanan tersebut bisa memicu bau badan pada anak.

Selain itu, daging merah, ikan, telur, dan makanan olahan bisa juga menyebabkan anak memproduksi bau badan. Kurangi menu makanan yang terbuat dari bahan-bahan tersebut dan pastikan juga asupan air terpenuhi. Air dapat membantu tubuh mengeluarkan racun penyebab bau badan. Kombinasikan susu sapi dengan susu kedelai atau susu almond supaya bau badan bisa berkurang dan bisa hilang.

Nah, cukup mudah khan cara menghilangkan bau badan secara cepat pada anak remaja, sebagai orang tua kita wajib mengingatkan anak akan pentingnya kesehatan diri sendiri.