Inilah 6 Cara Hasilkan Uang dari Blog Termasuk Google Adsense

Blogging, News, Teknologi3,622 views

Leantoro.com. Inilah 6 Cara Hasilkan Uang dari Blog Termasuk Google Adsense. Di era digital ini, mencari uang memang bukan perkara sulit. Hal yang terpenting adalah dengan memiliki kemauan, konsisten, dan serius.

Mulai dari berjualan tanpa harus punya toko, hingga sekedar menulis di blog pribadi bisa menjadi cara menghasilkan uang. Leantoro.com sebagai Accurate.partners akan membahas gimana cara menghasilkan uang dari blog?

Dunia blogging memang menjadi dunia yang banyak digeluti orang, terutama oleh para emak-emak juga kaum muda. Karena blogging adalah pekerjaan yang tidak sulit namun bukan berarti mudah. Blogging merupakan aktivitas yang bisa dilakukan kapan saja alias fleksibel.

Sekarang, kita akan membahas gimana cara menghasilkan uang dari blog. Blog mungkin menjadi satu cara yang bisa menjadi ladang untuk mendapatkan uang. Meskipun saat ini banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet, seperti menjadi Youtuber dan Selebgram. Tetapi jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri untuk berbicara di depan kamera, blogging menjadi cara lain untuk menghasilkan uang.

Bagaimana Hasilkan Uang Dari Blog

Setelah Anda memiliki blog, pertanyaan selanjutnya yang muncul gimana agar blog saya bisa menghasilkan uang. Ini saat yang ditunggu-tunggu. Bagaimana agar blog yang Anda miliki bisa menghasilkan uang. Leantoro.com sebagai Accurate.partners akan menguraikannya untuk Anda.

Kami perlu ingatkan lagi kepada teman-teman blogger atau calon blogger yang membaca artikel ini, bahwa tips yang diberikan bukan untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat.  Bahkan sebulan atau tiga bulan. Namun tips ini akan menghasilkan dalam jangka waktu yang lama bukan yang sebentar.

Untuk itu, bagi teman-teman pemula yang ingin menjadikan blog sebagai tempat mencari uang utama. Coba disingkirkan dulu pemikiran tersebut. Karena blog merupakan investasi jangka panjang, bukan investasi jangka pendek.

Banyak blogger yang salah membaca informasi mengenai tips blogging di internet. Akhirnya, dalam waktu satu atau tiga bulan dia menyerah. Karena tidak mendapatkan penghasilan apa-apa dari blog meski sudah lelah setiap hari membuat konten.

Mendapatkan Uang Dari Blog

Jual Produk

Cara pertama yang bisa Anda maksimalkan untuk mencari uang di blog adalah menjual produk. Ada dua jenis produk yang bisa Anda jual, produk fisik atau digital.

Produk Digital

Apa saja jenis produk digital?

  1. Kursus online
  2. E-book
  3. E-Course
  4. Video Tutorial
  5. Aplikasi
  6. Template website
  7. Foto & Video Vektor
  8. Marketplace

Produk Fisik

Jika Anda ingin menjual produk fisik, Anda bisa menjual pakaian, merchandise, buku, kerajinan tangan, hingga berbagai jenis produk yang bisa Anda jual secara online maupun offline.

Itulah beberapa produk yang bisa Anda maksimalkan untuk menghasilkan uang.dari produk-produk digital. Semuanya bisa Anda coba, dimana Anda memiliki kemampuan, disitulah Anda bisa mencobanya untuk menghasilkan uang.

Iklan AdSense

Adsense menjadi salah satu cara termudah dan terfavorit para blogger Indonesia dalam mendapatkan uang. Padahal, hasilnya tidak terlalu banyak dan mungkin sangat sedikit. Mengutip dari artikel Bimbingan Private Belajar Membuat Website Blog Monetisasi Adsense di Lampung – Dari Dasar Sampai Bisa‎

Dimana, untuk membuat blog AdSense cukup mudah dilakukan, Cuma daftar, menunggu approval, dan memasang kode di blog. Duit ngalir.

Hasil iklan AdSense cukup kecil, rata-rata hanya $0.04 rasio klik dengan rata-rata yang klik hanya 3 % dari total pengunjung. Misal blog Anda hanya memiliki 1000 traffic, maka yang mengklik hanya 30 orang, 30 orang dikali $0,04, berarti pendapatan Anda $1,2. Jika $1 sama dengan Rp 14.000 maka pendapatan kamu Rp 16.800, Kecil bukan?

Memasang Iklan

Iklan yang dimaksud disini bukanlah iklan AdSense, melainkan iklan produk, jasa, dan lainnya. Misal, Anda memiliki rekan atau kerabat yang memiliki bisnis. Dan Anda memiliki blog yang sudah memiliki pengunjung yang banyak. Anda bisa menawarkan agar bisnisnya mau memasang iklan di blog Anda. Tak perlu angka yang besar untuk di awal.

Anda bisa mulai dari Rp 100 ribu untuk sebulan, misal. Tentunya ini akan lebih besar dibandingkan Anda memasang iklan AdSense yang angkanya sulit untuk ditentukan bahkan hanya melelahkan saja.

Meskipun untuk mendapatkan iklan tidak mudah, karena Anda harus membangun blog itu hingga memiliki ratusan hingga ribuan pengunjung. Jika blog Anda masih memiliki sedikit pengunjung, akan sangat sulit untuk menghasilkan iklan.

Menawarkan Jasa

Mungkin Anda memiliki kemampuan yang bisa dibagikan kepada teman-teman pengunjung. Jika kalian benar-benar bisa memaksimalkan kemampuan Anda untuk dibagikan, Anda bisa menghasilkan uang dari jasa ini dari blog.

Misal Anda menawarkan jasa kursus online atau Webinar tentang satu kemampuan yang masih sedikit orang mampu menerapkannya. Misal, Internet marketing. Tentunya jasa tersebut benar-benar bisa di rasakan oleh para pengunjung. Anda bisa menerapkan pembayaran ketika memberikan ilmu kepada para pengunjung website. Dari sini, website Anda bisa mendapatkan penghasilan.

Affiliate Marketing

Salah satu metode mencari uang yang cukup banyak dilakukan oleh para pemilik blog atau blogger yakni Affiliate marketing.

Karena affiliate marketing merupakan satu hal yang cukup mudah dengan hasil yang besar. Sehingga banyak blogger yang mencoba untuk menerapkan bisnis affiliate marketing di website mereka. Ada banyak produk yang bisa dijual secara affiliate marketing, Anda bisa mencobanya untuk menerapkan pada blog yang Anda punya.

Accurate Digital Partner Cara Termudah Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebagai blogger, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan menjadi Accurate Digital Partner. Apa itu Accurate Digital Partner? Mirip-mirip dengan affiliate marketing, untuk lebih lengkap dan jelasnya langsung aja cek pada video di bawah ini saja yah.

Dengan menjadi Accurate Digital Partner, Anda bisa menyisipkan link pada setiap banner di blog Anda. Jika ada pembelian yang terjadi, Anda bisa langsung mendapatkan komisi Rp 400 ribu setiap pembelian. Besar bukan?

Untuk itu, segera saja Gabung jadi Accurate Digital Partner seperti yang Leantoro.com lakukan loh guest.

Nah itulah keenam sumber penghasilan dari blog yang bisa Anda maksimalkan pada blog Anda. Namun Anda harus selalu konsisten dengan blog tersebut untuk bisa menghasilkan hasil yang cukup banyak dan melimpah.

Tetapi sebelum Anda menghasilkan uang dari blog, Anda harus melakukan beberapa langkah untuk bisa sukses menjadi blogger. Apa saja langkah yang harus Anda lakukan?

Jangan Bikin Blog Dengan Banyak Topik

Kesalahan pertama para blogger yang sering ditemukan pada para blogger pemula, blog yang dibangun berisi berbagai macam topik. Alasan yang sering ditemukan, kenapa para blogger membuat blog berbagai topik, karena lebih mudah dalam menulis topik-topik.

Namun, sebenarnya blog gado-gado akan membuat Anda lebih sulit bersaing dan menghasilkan uang dari blog. Karena Anda akan sulit menemukan pembaca yang loyal dan produk yang cocok. Kecuali, Anda memang memiliki modal yang besar, penulis yang banyak, dan marketing yang aktif.

Sekarang, Anda harus menentukan apa topik blog Anda. Ketika topik sudah ditentukan, Anda akan lebih mudah dalam menawarkan dan menjual produk di blog. Tentunya produk yang dijual harus sesuai dengan topik blog Anda. Disinilah Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan penghasilan dari blog.

Tingkatkan Terus Traffic

Ada cukup banyak cara untuk meningkatkan traffic blog. Baik itu menggunakan iklan di Google Ads, hingga melakukan teknik SEO. Kedua teknik ini mungkin yang cukup umum untuk dilakukan. Tapi, tahukah Anda bahwa ad acara lain untuk bisa meningkatkan traffic?

Caranya adalah dengan masuk ke dalam komunitas itu sendiri. Blog yang memiliki topik tertentu, akan mudah dalam menemukan komunitas yang sesuai di forum-forum online. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam menerapkannya pada bisnis.

Konten Berkualitas

Jangan bikin blog hanya sekedar copy paste. Buatlah isi blog dengan konten-konten berkualitas. Hindari plagiat konten orang lain. Konten yang berkualitas akan membantu memudahkan konten Anda ditemukan di Google dan para pengunjung untuk menyukai bahkan berlangganan konten-konten yang Anda miliki.

Konten yang berkualiatas akan menunjukan bahwa blog Anda merupakan blog berkualitas. Ketika blog sudah memiliki kredibilitas, Anda akan mudah dalam menghasilkan uang. Bukankah itu mengasyikan dan bisa membantu blog Anda menghasilkan. Berikanlah informasi yang benar dan menjadi informasi yang memberikan solusi.

Itulah beberapa teknik yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog yang Anda miliki. Mungkin cara ini bisa sedikit membantu Anda untuk memulai mencari penghasilan dari blog. Dengan begitu, Anda bisa menjadi blogger professional.

Sumber :