by

15 Aplikasi Android Berbahaya versi Pakar Keamanan Sophos

Leantoro.com. 15 Aplikasi Android Berbahaya versi Pakar Keamanan Sophos. Hi, guest pembaca setia Leantoro.com, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang adanya Aplikasi Android berbahaya. Waduh… apa ya kira-kira yang dimaksud berbahaya? 

Setidaknya ada sekitar 15 Aplikasi Android Berbahaya yang diungkap oleh Pakar Keamanan Sophos baru-baru ini. Pakar keamanan Sophos mengungkap bahwa aplikasi android berbahaya tersebut selama ini sudah dipasang (install) oleh pengguna ponsel dan tablet Android.

Sophos sendiri masih menemukan bahwa saat ini aplikasi berbahaya tersebut masih tersedia di Google Play Store untuk diunduh.

Nah, ternyata guest, aplikasi android berbahaya tersebut karena terinfeksi adware. Adware adalah sejenis virus yang menginfeksi sistem android sehingga menyebabkan munculnya iklan secara berulang-ulang bahkan sulit sekali dihapus.

Menurut Sopos, “Setelah terpasang (install), ikon aplikasi yang terinfeksi adware tidak muncul di layar utama (home screen) sehingga pengguna akan sulit menemukan mereka,” ungkap tim peneliti Sophos seperti yang dilaporkan oleh The Express.

Bahkan ada beberapa aplikasi yang kemudian diketahui menyamarkan diri pada sistem sehingga tidak bisa terdeteksi dan dihapus dari ponsel.

Aplikasi Android Berbahaya

Sophos mengimbau pengguna Android untuk menghapus 15 aplikasi tersebut, kelima belas aplikasi itu antara lain:

– Flash On Calls & Messages
– Read QR Code
– Imagine Magic
– Generate Elves
– Savexpense
– QR Artifact
– Find Your Phone: Whistle
– Scavenger — speed guard
– Auto Cut Out Pro
– Background Cut Out
– Photo Background
– ImageProcessing
– Background Cut Out New
– Auto Cut Out
– Auto Cut Out 2019

Flash On Calls & Messages misalnya, alih-alih bisa digunakan pengguna justru diarahkan ke Google Maps di Play Store. Sementara aplikasi Flash On Calls & Messages tersembunyi dan tetap berjalan di background perangkat Anda.

Adware tersebut merupakan modus yang dibuat oleh pengembang aplikasi yang salah satunya dengan menampilkan pesan menyesatkan yang menyebut aplikasi mereka tidak kompatibel dengan perangkat mereka, meski kenyataannya tetap berjalan di background dan kerap memunculkan iklan.

Tujuan Adware di Aplikasi Android Berbahaya itu Apa ya guest?

Kendati demikian, tujuan utama aplikasi-aplikasi ini sama yakni menginfeksi ponsel dengan adware dan memunculkan iklan yang tak diinginkan pengguna.

Sophos merekomendasikan pengguna untuk membaca ulasan sebelum memasang aplikasi dari Google Play Store agar tak terjebak aksi tipu-tipu pengembang aplikasi. Jadi emang bener guest, sebelum instal ya wajib baca review yang sudah di berikan oleh banyak pengguna sebelumnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed